5 Cara Membuat Gorengan Lebih Menyehatkan untuk Disantap

Oleh Aning Jati pada 07 Mei 2020, 20:20 WIB
Diperbarui 07 Mei 2020, 20:20 WIB
Ilustrasi menggoreng
Ilustrasi menggoreng (sumber: iStockphoto)

Bola.com, Jakarta - Camilan atau jajanan yang prosesnya dengan cara digoreng yang lebih akrab dikenal dengan sebutan "gorengan" merupakan satu di antara jenis makanan favorit di Indonesia.

Hampir semua kalangan menyukai jenis makanan satu ini. Tua muda, anak-anak, usia lanjut, pria maupun wanita banyak yang menyantap gorengan dalam keseharian.

Penjual gorengan pun mudah dijumpai. Mulai di pinggir jalanan hingga pusat perbelanjaan.

Di masa puasa di bulan Ramadhan seperti sekarang, gorengan harus diakui, menjadi satu di antara menu buka puasa favorit. Sangat mudah dijumpai penjual gorengan laris diserbu calon pembeli.

Atau, kita juga kerap membuat gorengan sendiri di rumah sebagai menu buka puasa.

Padahal, seperti diketahui, gorengan tidak direkomendasikan untuk kesehatan karena dampak buruk yang dimilikinya. Gorengan telah diketahui sebagai pemicu dari sejumlah masalah kesehatan.

Meski tidak bisa menghilangkan seluruh dampak buruk yang menyertai gorengan, jenis makanan ini setidaknya bisa dibuat lebih sehat.

Nah, jika Anda merasa sulit "lepas" dari gorengan, cara-cara di bawah ini mungkin bisa membantu mengurangi dampak buruk dari jenis makanan favorit Anda tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat gorengan lebih sehat untuk dikonsumsi, seperti dirangkum Bola.com dari Merdeka, Kamis (7/5/2010).

2 dari 3 halaman

Minyak Goreng Baru

Backfill-Bola-5
Backfill-Bola-5

1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan satu di antara minyak yang lebih menyehatkan ketika digunakan untuk menggoreng. Minyak ini lebih stabil pada temperatur tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng sambil menjaga nutrisi dan kualitas di dalamnya.

Jenis minyak zaitun terbaik untuk digunakan adalah virgin atau extra virgin. Label ini menunjukkan bahwa terdapat lebih sedikit zat kimia dalam ekstraksinya.

2. Gunakan Minyak Goreng Baru

Menggunakan minyak yang baru dan masih bersih bisa membuat makanan tetap lezat sambil menjaga nutrisi di dalamnya. Menggunakan minyak bekas bisa menghilangkan nilai nutrisi di dalamnya.

Selain menggunakan minyak baru, Anda juga harus sering-sering membersihkan kotoran dari minyak. Cara ini bisa membuat nutrisi tetap terjaga dengan baik di dalam minyak.

3. Menggunakan Adonan yang Tepat

Pada beberapa gorengan, adonan dibutuhkan untuk makanan bisa lebih lezat. Dalam membuat adonan, Anda bisa membuatnya lebih sehat dengan memilih tepung bebas gluten.

3 dari 3 halaman

Memperhatikan Suhu Minyak

Backfill-Bola-1
Backfill-Bola-1

4. Menggunakan Baking Soda

Menambahkan baking soda bisa menjadi cara lain meningkatkan kualitas adonan makanan. Cara ini juga bisa lebih menyehatkan karena menurunkan penyerapan minyak pada makanan.

5. Mempertahankan Suhu Minyak

Mempertahankan suhu minyak dan tidak mengubahnya merupakan cara tepat untuk membuat makanan lebih sehat. Jika minyak tidak cukup panas, makanan bakal menyerap lebih banyak minyak.

Namun, jika minyak terlalu panas, hal in bisa menyebabkan makanan jadi gosong. Hal ini juga bisa membuat makanan jadi tak sehat dan tak lezat.

  • Selain melakukan cara tersebut, pastikan agar makanan yang Anda goreng ditaruh di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Hal ini bisa menghilangkan kandungan minyak berlebih di dalamnya.

 

Sumber asli: Lifehacks

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rizky Wahyu Permana. Published: 30/4/2020)

Lanjutkan Membaca ↓