10 Manfaat Menyehatkan di Balik Kesegaran Blewah

Oleh Aning Jati pada 09 Mei 2020, 09:40 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 09:40 WIB
Blewah
Diakui oleh para penjual Blewah bahwa dengan datangnya bulan Ramadan pendapatan mereka juga bertambah, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (1/7/2014) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Bola.com, Jakarta - Blewah menjadi satu di antara buah favorit, yang banyak dicari pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Produk olahan blewah, terutama jenis minuman, sangat disukai sebagai menu buka puasa.

Blewah atau yang biasa disebut garbis ini terasa menyegarkan saat dinikmati dalam bentuk olahan minuman. Rasa blewah manis dan kaya air, yang menjadi pilihan tepat saat berbuka puasa.

Blewah bisa diserut untuk dijadikan minuman segar dan dinikmati dengan menambahkan sirup atau gula. Namun, buah bernama latin cucumis melo var cantalupensis ini juga bisa dipotong dan dinikmati secara langsung.

Tak hanya menyegarkan, buah yang bentuk luarnya mirip labu ini, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan gizi.

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada blewah, di antaranya sebagai sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan menjadi sumber vitamin C.

Lantas apa saja manfaat buah blewah bagi kesehatan tubuh?

Berikut beberapa di antaranya, manfaat blewah seperti disadur Bola.com dari Merdeka, Sabtu (9/5/2020).

2 dari 3 halaman

Penangkal Insomnia

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia. (Ilustrasi/iStockphoto)

1. Rendah gula dan kalori

Blewah merupakan buah dengan kandungan gula dan kalori yang rendah. Itulah mengapa, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh terutama di bulan puasa.

2. Mengandung Kalium

Blewah memiliki kandungan kalium. Kandungan ini membuat blewah sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menangkal batu ginjal

Selain dalam menjaga kesehatan, blewah bisa membantu mencegah munculnya masalah kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos.

4. Kaya Vitamin C

Kandungan Vitamin C sangat berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin ini pada blewah bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

5. Penangkal Insomnia

Blewah memiliki sifat sedatif yang sangat berguna bagi penderita insomnia. Kandungan ini sangat baik untuk membuat Anda bisa tidur pulas setelah mengonsumsi buah manis ini.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Maag

Ilustrasi Maag
Ilustrasi Maag

6. Non-kolesterol

Blewah tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Hal ini menjadikan blewah sangat aman bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi.

7. Mengatasi Maag

Konsumsi blewah secara teratur dapat mengobati masalah maag. Hal ini dapat mengobati masalah nafsu makan serta infeksi saluran kemih.

8. Sumber viitamin A

Selain vitamin C, blewah kaya kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A pada blewah ini menjadikannya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

9. Menyehatkan janin

Blewah merupakan buah dengan kandungan asam folat. Adanya kandungan ini menjadikan blewah sebagai buah yang sangat baik bagi ibu hamil karena mampu menyehatkan janin.

10. Mencegah osteoporosis dan kanker

Kanker leher rahim serta osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang dapat dihindari dengan mengonsumsi blewah. Manfaat ini menjadikan buah ini sangat penting untuk dikonsumsi, tak hanya saat berpuasa namun juga pada banyak kesempatan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rizky Wahyu Permana. Published: 7/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓