Viktor Axelsen Yakin Tak Ada Turnamen Bulutangkis pada 2020, Usulkan Piala Thomas dan Uber Diundur Tahun Depan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 13 Mei 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 18:45 WIB
Viktor Axelsen
Pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Kopenhagen - Bintang Denmark, Viktor Axelsen, meyakini tak akan ada lagi turnamen bulutangkis pada 2020. Axelsen juga mengusulkan pelaksanaan Piala Thomas dan Uber 2020 diundur ke tahun depan. 

Viktor Axelsen mengatakan kemeriahan turnamen bulutangkis pada tahun ini telah berakhir setelah All England dua bulan lalu. Ia ragu turnamen bulutangkis bisa bergulir lagi karena pandemi virus corona masih melanda hampir semua penjuru dunia. 

Virus yang berasal dari Wuhan, China, tersebut telah menginfeksi lebih dari 4,3 juta orang dan lebih dari 280 ribu orang meninggal. 

"Saya sejujurnya berpikir mungkin kami tak akan bermain lagi tahun ini," kata Viktor Axelsen pada sesi wawancara dengan harian Denmark, Politiken, seperti dilansir The Star, Rabu (13/5/2020). 

"Saya jelas tak akan kaget jika hal itu terjadi," imbuh juara dunia 2017 tersebut. 

Sejauh ini, satu di antara turnamen yang sudah ditetapkan pelaksanaannya adalah Piala Thomas dan Uber 2020, pada 2-11 Oktober. Jadwal Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark, sudah direvisi dua kali. Semula pada Mei, kemudian diundur Agustus, dan ditunda lagi menjadi Oktober. 

Axelsen menilai turnamen bergengsi tersebut sebaiknya ditunda tahun depan jika beberapa negara tidak bisa ikut berpartisipasi.  

"Pertanyaan saya apakah seluruh dunia siap bermain? Jika ada empat atau lima negara top tak bisa mengirim pemain ke Denmark, maka itu menjadi tak adil dan menjadi kompetisi yang tidak adil. Sebaiknya diundur tahun depan, dan tunda juga Piala Sudirman (yang seharusnya digelar di Suzhou, pada Mei 2021)," ujar Viktor Axelsen

 

2 dari 3 halaman

Belum Ada Revisi Kalender Turnamen

Logo BWF
Logo BWF. (BWF)

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) belum mengumumkan revisi kalender turnamen. Sebelumnya, BWF telah menunda semua turnamen bulutangkis hingga akhir Agustus 2020. Turnamen terakhir yang digelar adalah All England, yang selesai pada 15 Maret. 

Ada harapan turnamen-turnamen bulutangkis bisa bergulir lagi mulai 1 September. Ada wacana menggelar delapan turnamen beruntun selama sembilan pekan. 

Satu di antara turnamen yang rencananya digelar pada periode tersebut adalah Piala Thomas dan Uber. Namun, pelaksanaan turnamen tampaknya harus menunggu perkembangan kasus virus corona di dunia.

Sumber: The Sun

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Bola Beli: Seberapa Nyaman Sepatu Lari Wanita Asics Gel-Contend 6? Ini Ulasannya