Sukses


5 Manfaat Kemiri, Ampuh Mencegah dan Mengobati Beragam Penyakit

Bola.com, Jakarta - Kemiri sudah sangat umum digunakan sebagai tambahan bumbu masakan. Namun, tak hanya itu. Kemiri juga memiliki khasiat baik untuk tubuh.

Kemiri memiliki nama Aleurites moluccanus yang hanya bisa tumbuh di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Kemiri masih satu kerabat dengan singkong dan termasuk suku Euphorbiaceae.

Kemiri banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sejak dulu, masyarakat percaya kemiri bisa dibuat minyak untuk membuat rambut lebih hitam dan berkilau.

Dilansir dari Health Benefit Times, kandungan minyak kemiri bisa berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. 

Selain sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan, rempah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengatasi nyeri sendi hingga menaikkan sistem imunitas tubuh.

Hanya perlu diketahui, jika tidak diolah dengan benar, kemiri dapat menjadi racun sehingga menimbulkan gangguan pada lambung. Apa lagi jika kemiri dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa kemiri kaya kandungan gliserida, asam linoleate, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral.

Lantas apa saja manfaat kemiri untuk kesehatan? Berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat kemiri untuk mencegah dan mengobati ragam penyakit, Jumat (15/5/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kemiri yang pertama adalah dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kandungan potasium yang ada dalam kemiri terkenal dengan kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, minyak kemiri kaya vitamin E yang berperan penting menurunkan risiko terjadinya stroke, dengan cara menangkal radikal bebas dan mencegah perkembangan kolesterol jahat (LDL).

Dengan kemampuan sebagai penjaga kesehatan jantung secara alami, kemiri efektif membantu menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti penyakit serangan jantung dan stroke.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Khasiat kemiri untuk mengatasi rambut rontok sudah tidak diragukan lagi. Masalah rambut ini kerap dialami oleh banyak orang.

Kemiri juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan omega, thiamin serta vitamin B1 dalam kemiri akan menutrisi rambut.

Aplikasikan minyak kemiri pada rambut setelah keramas, membuat rambut Anda bisa tumbuh lebih lebat dan lebih kuat.

3 dari 3 halaman

Atasi Sembelit

3. Atasi Sembelit

Tak hanya mengatasi rambut rontok, kemiri dapat pula digunakan untuk mengatasi sembelit. Sembelit atau konstipasi terjadi ketika seseorang biasanya kurang makan makanan berserat.

Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik. Itulah mengapa kemiri memiliki manfaat bagi saluran pencernaan. Mengonsumsi kemiri secara teratur dapat membantu melancarkan proses pencernaan dengan proses buang air besar secara teratur.

Pasalnya, kemiri memiliki kandungan gizi yang ampuh untuk mengatasi sembelit beserta bakteri penyebabnya. Kandungan kemiri juga berfungsi sebagai pencahar ringan alami.

Pengobatan tradisional merekomendasikan kemiri kepada orang yang menderita sembelit karena kandungan seratnya dapat membantu mengubah tekstur pada tinja, sehingga dapat menghentikan sembelit.

4. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat selanjutnya dari kemiri adalah dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Kemiri kaya kandungan vitamin E dan vitamin C.

Kandungan tersebut berpotensi meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, sifat antioksidan yang ada di dalamnya berperan penting menangkal radikal bebas sehingga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat virus.

5. Mengatasi Infeksi Jamur

Rutin dan teratur mengoleskan minyak kemiri dapat membantu mengatasi infeksi jamur secara optimal. Masalah kulit bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua.

Memiliki masalah kulit, seperti jamur, kurap, dan panu memang dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri.

Namun tak perlu khawatir karena minyak kemiri adalah satu di antara bahan alami yang efektif untuk meredakan ruam atau masalah kulit lainnya.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer