5 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Oleh Aning Jati pada 16 Mei 2020, 09:40 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 09:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi.

Bola.com, Jakarta - Nyamuk boleh dibilang menjadi musuh bersama. Selain suara dengungnya yang mengganggu, apalagi jika kita sedang mencoba tidur, hingga gigitannya yang menyebalkan.

Nyamuk banyak bermunculan saat temperatur memanas serta kondisi lembab seperti sekarang.

Nyamuk, terkadang hanya sekadar mengganggu saja. Namun, ada pula jenis nyamuk yang berbahaya karena menjadi medium penyakit, seperti nyamuk demam berdarah dan malaria. Jenis nyamuk seperti itu yang wajib kita hindari.

Nyamuk menyasar darah manusia. Karbon dioksida yang dikeluarkan menarik perhatian nyamuk dan lebih rentan mendekati seseorang dengan panas tubuh tinggi.

Di sisi lain, ada kalangan yang juga terganggu dengan bekas gigitan nyamuk-nyamuk nakal ini. Bekas gigitan nyamuk ini menyebabkan rasa gatal dan benjolan pada kulit. Terkadang, gigitan itu akan membekas.

Namun, jangan khawatir karena ada cara gampang yang bisa diterapkan dengan mudah di rumah untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mengganggu seperti dirangkum Bola.com dari Merdeka, Sabtu (16/5/2020).

2 dari 3 halaman

Aloe Vera

Backfill-Bola-1
Backfill-Bola-1

1. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya berguna untuk melembapkan kulit, namun juga menghilangkan rasa mengganggu dari gigitan nyamuk. Lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan yang bisa menyembuhkan bekas gigitan nyamuk.

2. Basil

Daun basil memiliki kandungan yang bisa meringankan gigitan nyamuk. Anda bisa merebus daun basil dan merebusnya selama beberapa menit. Selanjutnya, dinginkan dengan air dan oleskan cairan ini ke bagian bekas gigitan nyamuk menggunakan kapas.

3. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan yang bisa bermanfaat bagi kulit. Mengoles madu ke bagian kulit yang digigit nyamuk bisa membantu menghilangkan peradangan dengan seketika.

3 dari 3 halaman

Es Batu

Ilustrasi Es Batu
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

4. Es Batu

Efek mendinginkan dari es batu bisa membuat mati rasa serta menghilangkan iritasi dan peradangan. Bungkus es batu di kain sebelum menempelkannya pada area yang digigt nyamuk. Meski begitu, hindari melakukannya terlalu lama untuk mencegah masalah pada kulit.

5. Bawang Bombay

Bawang bombay bisa membantu mengatasi gigitan nyamuk. Ambil sepotong bawang bombay dan tempelkan pada kulit. Setelah beberapa menit, bersihkan bagian itu dengan menggunakan air.

 

Sumber Asli: The Health Site

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rizky Wahyu Permana. Published: 8/5/2020)

Lanjutkan Membaca ↓