Sukses


6 Manfaat Buah Tin, Buah Surga yang Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Buah tin merupakan satu di antara buah yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Buah tin sangat istimewa, karenanya dijuluki sebagai buah surga.

Buah ini mengandung beragam nutrisi, yakni gula alami, mineral, vitamin, dan serat. Vitamin yang terkandung dalam buah tin antara lain Vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks.

Selain itu, buah tin juga bersifat antioksidan dan mengandung kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium yang punya manfaat besar bagi kesehatan.

Buah tin juga disebut sebagai buah ara atau fig dalam bahasa Inggris. Buah tin termasuk kategori buah yang memiliki kadar kalori rendah dan tidak memilki kandungan lemak.

Satu buah tin yang besar memiliki kandungan 47 kalori. Buah ini termasuk buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan dipercaya sudah ditemukan pada 5000 SM.

Buah tin baik dimakan dalam bentuk kering maupun mentah. Anda bisa mengolahnya sebagai jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad.

Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat memicu gangguan pencernaan. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, segudang manfaat bagi kesehatan buah tin, Sabtu (16/5/2020).

2 dari 4 halaman

Cegah Diabetes

1. Cegah Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah tin terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin untuk penderita penyakit diabetes.

Selain itu, buah tin juga dapat menormalkan kadar asam lemak dalam darah, serta menstabilkan level vitamin E di dalam tubuh. Buah tin terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan zat antidiabetes lain di dalam tubuh.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah tin direkomendasikan untuk orang gemuk. Khasiat mengonsumsi buah ini mampu melancarkan BAB dan menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan.

Serat yang ada dalam buah tin membuat Anda terhindar dari masalah pencernaan, seperti konstipasi maupun diare. Serat bekerja dengan cara menambah massa pada feses sehingga memudahkannya untuk bergerak di dalam usus.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Anemia

3. Mengatasi Anemia

Manfaat selanjutnya adalah membantu mengatasi gejala anemia. Anemia adala kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Selain dikenal kaya antioksidan, buah tin juga mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

Buah tin juga mampu meningkatkan kadar hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

4. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat kesehatan dari buah tin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan nutrisi yang beragam dan sifat antioksidan yang tinggi membuat buah tin dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Sifat antioksidan khususnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing dapat ditangkal.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah tin yang tidak boleh dilewatkan adalah menjaga kesehatan mata. Ini bisa didapatkan dari buah tin yang mengandung vitamin A dan karotenoid.

Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos. Buah tin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi yang mampu mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer