Sukses


6 Manfaat Keju Bagi Kesehatan: Dapat Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Bola.com, Jakarta - Keju sering jadi tambahan makanan lainnya, seperti pizza, roti, pasta, keripik, dan berbagai camilan jenis lainnya.

Jenis makanan ini merupakan satu di antara sekian banyak produk olahan susu. Keju dibuat dengan cara memfermentasi susu dengan jangka waktu tertentu.

Dengan rasa yang lezat jika dicampurkan dengan berbagai makanan, tidak heran jika keju merpakan satu di antara makanan favorit berbagai kalangan di seluruh dunia.

Keju memiliki berbagai macam jenis seperti mozzarella, cheddar, dan beberapa jenis lainnya. Biasanya mereka dibedakan dari cara pembuatan dan juga rasanya.

Namun keju sering kali dihindari oleh orang yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan. Karena keju dianggap memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Tetapi pada kenyataanya jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat secara rutin, keju juga dapat memiliki manfaat baik bagi kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Keju mengandung banyak nutrisi seperti protein, kaslium, vitamin B, zinc, dan mineral lainnya. Meski demikian tetap harus dijaga asupannya karena keju juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Ada beberapa manfaat dari keju yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin dan sesuai porsi. Beberapa di antaranya adalah dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah kanker.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat keju bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Otak

1. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung. Karena otak merupakan satu di antara organ vital di dalam tubuh yang paling penting.

Mengonsumsi keju dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak. Itu karena di dalam keju terdapat antioksidan yang bernama glutathione.

Antioksidan tersebut dapat menjaga kesehatan otak, mencegah gangguan otak yang berkaitan dengan usia, dan mencegah kehilangan memori. Selain itu keju juga mengandung omega-3 yang dapat membantu menyehatkan otak.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Mengonsumsi keju dapat membantu Anda dalam meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Karena pada keju terdapat lemak baik yang muncul saat proses fermentasi.

Sensitivitas insulin yang terjaga dapat menghindarkannya dari resistensi, yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi, dan menimbulkan diabetes.

Konsumislah keju sebagai campuran saat membuat roti lapis atau berbagai macam masakan lainnya yang sedang Anda buat.

 

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Tulang dan Gigi

3. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Keju mengandung berbagai macam nutrisi yang di perlukan tulang dan gigi agar tetap terjaga kesehatannya. Beberapa di antaranya adalah kalsium, vitamin D, magnesium dan zinc.

Dengan itu keju dapat berperan baik dalam pembentukan tulang pada anak-anak. Untuk orang dewasa mengonsumsi keju dapat memperkuat tulang dan menghindari tulang keropos.

Selain itu kandungan kalsium yang cukup tinggi pada keju juga dapat meningkatkan kesehatan gigi, yang dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan terhindar dari bakteri yang dapat merusak gigi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi keju tidak hanya dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Namun mengonsumsi keju juga dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

Itu karena keju dapat memiliki lemak tak jenuh alami yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang pada akhirnya dapat membantu dalam menyehatkan kondisi jantung.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

5. Menurunkan Tekanan Darah

Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi keju secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kalsium pada keju. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsmsilah keju yang rendah lemak dan garam.

Selain itu, jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi saat pembuaatan keju dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat, sehingga tekanan darah dapat dengan mudah dikontrol.

6. Mencegah Kanker

Manfaat keju yang satu ini mungkin tidak terlalu di ketahui oleh banyak orang. Namun mengonsumsi keju secara rutin dapat dengan efektif mencegah munculnya kanker.

Itu karena di dalam keju terkandung asam linoleat yang bertugas untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Selain itu keju juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer