Sukses


5 Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi, Cocok Untuk Diet

Bola.com, Jakarta - Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat perlu dikonsumsi secara rutin untuk menambah energi bagi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sumber makanan yang mengandung karbohidrat dan sering dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah nasi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi nasi dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlalu banyak mengonsumsi nasi putih dapat menyebabkan diabetes dan berat badan yang berlebih. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda sebaiknya mencari makanan lain yang bisa menggantikan fungsi nasi. 

Banyak sumber karbohidrat lain yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, yang memiliki kandungan lebih sehat daripada nasi putih.

Khususnya bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan atau diet, mengurangi konsumsi nasi putih dapat menurunkan asupan gula ke dalam tubuh.

Anda dapat mengganti nasi dengan berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Bagiamana pun tubuh tetap perlu menerima asupan karbohidrat sebagai bahan bakar energi.

Ada beberapa jenis makanan sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi secara rutin tanpa takut memiliki efek samping yang berlebih.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, lima jenis makanan sumber karbohidrat pengganti nasi.

2 dari 6 halaman

Kentang

Kentang merupakan satu di antara makanan sumber karbohidrat yang cukup tinggi dan dapat dijadikan sebagai bahan pokok pengganti nasi. Makanan ini cukup populer dan sering dikonsumsi banyak orang.

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, kentang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi. Di dalam kentang juga terkandung pati resisten, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaatnya usahakan untuk mengonsumsi kentang yang dimasak dengan direbus atau dikukus. Hindarilah kentang yang digoreng karena dapat menambah asupan lemak ke dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Jagung

Banyak kalangan mengonsumsi jagung sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Di berbagai wilayah di Indonesia banyak yang mengolah jagung menjadi nasi jagung yang dapat mengenyangkan perut.

Mengonsumsi jagung juga bermanfaat karena mengandung berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin A, dan antioksidan.

Usahakan untuk selalu mengonsumsi jagung yang masih dalam keadaan segar, atau tidak mengonsumsi jagung yang berada di dalam kemasan kaleng atau beku.

4 dari 6 halaman

Ubi

Ubi merupakan satu di antara banyak makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Ubi sering dijadikan makanan pengganti nasi yang lebih menyehatkan dan dapat dikonsumsi secara rutin.

Makanan jenis ini biasanya disajikan dalam bentuk kukus, panggang, atau rebus. Selain itu di beberapa daerah di Indonesia, ubi juga dicampurkan ke dalam masakan lain.

Ubi merupakan sumber makanan yang mengandung beta keroten yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu kandungan kalium di dalam ubi dapat dijadikan nutrisi penguat tulang.

5 dari 6 halaman

Beras Merah

Beras merah dapat dijadikan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi putih yang cukup baik. Rasanya tidak jauh beda dengan nasi, sehingga membuat banyak orang mengganti nasi putih dengan beras merah.

Beras merah memiliki kandungan gula yang lebih sedikit daripada nasi putih biasa. Beras merah dapat dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Selain itu beras merah juga mengandung vitamin B6 dan zat besi yang daoat membantu memperlancar produksi sel darah merah. Makanan ini juga mengandung sifat antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas.

6 dari 6 halaman

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum utuh dan menjadi makanan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi putih.

Oatmeal sering disajikan saat sarapan atau makan pagi. Selain menjadi sumber karbohidrat yang baik, oatmeal juga mengandung banyak serat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Untuk mengonsumsi oatmeal Anda dapat mecampurkannya dengan yoghurt dan berbagai jenis buah-buahan seperti stroberi dan pisang, selain menambah citarasa, hal tersebut juga dapat menambah asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Sumber: Berbagai SUmber

Video Populer

Foto Populer