VIDEO: Flashback Bulutangkis, Kekalahan Alan Budikusuma Melawan Foo Kok Keong Pada Final Thomas Cup 1992

VIDEO: Flashback Bulutangkis, Kekalahan Alan Budikusuma Melawan Foo Kok Keong Pada Final Thomas Cup 1992

Flasback Bulutangkis pada tahun 1992 dimana terjadi big match antara Indonesia melawan Malaysia dalam Thomas Cup yang diselenggarakan di Malaysia. Terdapat sebuah pertandingan menarik antara tunggal putra terbaik Indonesia Alan Budikusuma, saat itu berhadapan melawan Foo Kok Keong (Malaysia).

Alan Budikusuma yang saat itu menjadi sorotan dunia karena merupakan salah satu tunggal putra terbaik bulutangkis pada era tersebut. Alan, menjadi unggulan ketika berhadapan dengan tunggal Malaysia, Foo Kok Keong. Laga partai final tersebut menjadi salah satu sorotan, lantaran Alan Budi Putra Kusuma berhasil dikalahkan oleh tunggal Malaysia.

Partai ketiga tersebut menjadi penentu rivalitas dua Negara tersebut antara Indonesia melawan Malaysia dalam kejuaran Thomas Cup. Foo Kok Keong rupanya berhasil mengubah pandangan masyarakat jika dirinya mampu memenangkan pertandingan atas peraih gelar medali emas dalam Olimpiade Barcelona, Alan Budikusuma.

Alan Budikusuma berhasil dikalahkan dalam dua game langsung, dengan skor 15-6 dibabak pertama dan 15-12 di babak kedua. Kemenangannya tersebut menjadikan Malaysia mendapatkan gelar trofi Thomas Cup yang kelima dan juga merupakan kekalah yang telak bagi Indonesia.

Flashback Bulutangkis antara rivalitas Indonesia dan Malaysia memang sudah berlangsung sejak lama, tak terkecuali di dunia Bulutangkis. Kekalahan Alan Budikusuma oleh Foo Kok Keong menjadikan pelajaran berharga bagi Bulutangkis Indonesia. Sejauh ini Indonesia masih menjadi peraih gelar terbanyak Thomas Cup yakni mengoleksi 13 gelar juara, disusul China di posisi kedua dengan torehan 10 gelar juara, dan Malaysia di posisi ketiga dengan torehan 5 gelar juara.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 17 May 2020, 22:10 WIB

Video Terkait

Spotlights