Sukses


6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Saat Anda berpuasa di bulan Ramadhan, asupan nutrisi untuk tubuh dipastikan berkurang. Efeknya badan menjadi agak lemas. 

Anda dapat mengembalikan asupan nutrisi saat berbuka puasa. Caranya, dengan mengonsumsi berbagai macam makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

Waktu berbuka puasa tentunya menjadi saat yang paling ditunggu bagi mereka yang melakukan ibadah puasa, setelah seharian menahan untuk tidak mengonsumi makanan apa pun.

Namun bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, Anda perlu mewaspadai berbagai macam jenis makanan yang dianjurkan untuk dihindari saat berbuka puasa.

Kebanyakan orang cenderung mengonsumsi berbagai macam makanan saat berbuka puasa karena perut merasa sangat lapar. Tetapi, Anda tetap harus mewaspadai berbagai makanan yang akan dikonsumsi.

Ada berbagai jenis makanan yang dianjurkan untuk dihindari saat melakukan buka puasa, beberapa di antaranya adalah makanan pedas dan juga gorengan.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat buka puasa.

2 dari 4 halaman

Makanan Berkadar Gula Tinggi

1. Makanan Berkadar Gula Tinggi

Berbuka puasa memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis untuk mengembalikan energi setelah seharian melakukan ibadan puasa. Namun Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, karena dapat membuat kadar gula dalam darah melonjak dengan cukup drastis yang kemudian menimbulkan masalah di dalam tubuh.

Hindarilah mengonsumsi minuman bersoda, kue, cokelat, dan permen. Anda dapat menggantinya dengan makanan yang memiliki pemanis alami seperti buah-buahan.

2. Makanan Pedas

Saat melakukan puasa seharian, perut cenderung kosong karena tidak ada asupan makanan apa pun. Ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa,

Mengonsumsi makanan pedas saat perut dalam keadaan kosong dapat mengiritasi dinding lambung yang pada akhirnya membuat perut keram dan terasa sakit.

Selain itu mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa dapat membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan, karena makanan pedas juga dapat mengiritasi usus dan menganggu sistem pencernaan.

3 dari 4 halaman

Gorengan atau Makanan Berminyak

3. Gorengan atau Makanan Berminyak

Gorengan atau makanan berminyak lainnya mungkin menjadi makanan favorit saat berbuka puasa, namun sebaiknya Anda menghindari jenis makanan ini.

Makanan yang melalui proses digoreng dalam memasaknya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi dan dapat menghambat sistem pencernaan.

Selain itu lemak yang terkandung di dalam gorengan juga dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih ekstra, yang pada akhirnya dapat membuat Anda mudah mengantuk setelah buka puasa.

4. Makanan Dingin

Selain makanan pedas, makanan dingin seperti es krim dan es kelapa muda, juga perlu dihindari konsumsinya saat perut dalam keadaan kosong setelah seharian berpuasa.

Makanan dingin yang dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong dapat merusak selaput lendir di dalam organ pencernaan yang dapat membuat perut terasa sakit, perut kembung, dan sembelit.

Anda perlu menghindari jenis makanan yang satu ini saat berbuka puasa. Anda dapat menggantikannya dengan minuman hangat yang dapat membuat perut menjadi lebih rileks.

4 dari 4 halaman

Susu Tinggi Lemak

5. Susu Tinggi Lemak

Susu merupakan satu di antara minuman yang dapat dicampurkan dengan berbagai macam jenis buah, untuk membuat minuman yang lezat dan menyegarkan seperti smoothie.

Namun mengonsumsi susu yang memiliki kandungan tinggi lemak perlu dihindari saat berbuka puasa, karena dapat menaikan asam lambung di dalam perut.

Ssam lambung di dalam perut yang meningkat dapat menyebabkan perut terasa sakit, begah, dan juga mulas. Anda dapat mengganti minuman jenis ini dengan teh hangat atau air putih saat berbuka.

6. Makanan Berkadar Garam Tinggi

Makanan yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi seperti keripik dan berbagai macam makanan ringan lainnya, dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat buka puasa.

Kandungan garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyerap asupan air dan memicu dehidrasi, padahal di sisi lain, saat berbuka kita memerlukan asupan air yang cukup banyak untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer