Sukses


Tontowi Ahmad Resmi Pensiun dari Kancah Bulutangkis

Bola.com, Jakarta - Pebulutangkis Indonesia spesialis ganda campuran, Tontowi Ahmad, resmi gantung raket. Pria yang akrab disapa Owi itu mengumumkan keputusannya melalui akun Instagramnya, Senin (18/5/2020) pagi. 

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna, kadang susah kadang senang," tulis Tontowi Ahmad sembari mengunggah fotonya yang melambaikan tangan. 

"Tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan. Memang saya mengharapkan bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini," imbuh Tontowi. 

Tontowi Ahmad telah mengoleksi berbagai gelar bergengsi di kancah bulutangkis dunia. Prestasi tertingginya adalah menyabet medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, bersama Liliyana Natsir. 

Liliyana lebih dulu gantung raket pada tahun lalu, tepatnya setelah Indonesia Masters 2019. Setelah ditinggal Lilyanana, Tontowi Ahmad sempat beberapa kali berganti partner.

Tontowi pernah dipasangkan dengan Gloria Emanuelle Widjaja, Winny Oktavina Kandow, dan terakhir dengan Apriyani Rahayu. Namun, dia tak pernah lagi naik podium tertinggi setelah berpisah dengan Liliyana. 

"Apa pun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. Saya juga mau berterima kasih untuk semua yang sudah mendukung karier saya di bulutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain," imbuh Tontowi Ahmad

2 dari 2 halaman

Beri Sinyal Sejak Februari

Sinyal Tontowi Ahmad akan pensiun dari bulutangkis sudah muncul sejak Februari lalu. Kabar itu kali pertama diungkapkan pelatih ganda putra pelatnas, Richard Mainaky. 

Saat itu, Richard mengatakan Tontowi Ahmad memberitahukan rencananya untuk mundur dari Pelatnas PBSI. Richard mengatakan Tontowi Ahmad menyampaikan rencananya tersebut melalui pesan WhatsApp pada 11 Februari 2020. Tontowi mengatakan akan membahas rencananya tersebut dengan Richard saat bertemu di Pelatnas Cipayung. 

"Jadi Owi (panggilan Tontowi) menghubungi saya melalui WA sekitar seminggu lalu. Dia bilang akan mundur setelah kontraknya (dengan Li Ning) habis pada awal Maret nanti. Katanya dia ingin pensiun," kata Richard pada 24 Februari.  

"Tapi, saya belum tahu alasannya secara terperinci, karena belum bertemu langsung. Rencananya Owi mau mengajak bertemu, tapi waktunya masih dicari yang tepat," imbuh Richard. 

Tontowi Ahmad saat itu belum ikut berlatih bersama rekan-rekannya karena masih menjalani pemulihan setelah sakit tifus. Faktor itulah yang membuatnya batal turun di kancah Barcelona Masters 2020. 

Semula, Tontowi Ahmad yang akan berpasangan dengan Apriyani Rahayu untuk bertanding di turnamen level Super 300 tersebut. Apalagi, di saat bersamaan Apriyani juga turun di nomor ganda putri bersama Greysia Polii. Ganda putri terbaik Indonesia tersebut akhirnya merebut gelar juara. 

Ternyata, rencana itu menjadi sinyal dari Tontowi Ahmad untuk menyudahi karier gemilangnya di kancah bulutangkis. 

 

Video Populer

Foto Populer