Sukses


5 Cara Alami Detoksifikasi, Mudah Keluarkan Racun dari Tubuh

Bola.com, Jakarta - Tanpa kita sadari terkadang banyak racun yang masuk ke tubuh, terutama melalui makanan yang sering kita konsumsi. Racun itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Selain dari makanan yang kita konsumsi, racun di dalam tubuh muncul dari sisa-sisa metabolisme dan berbagai fungsi yang dilakukan oleh tubuh.

Itulah mengapa, perlu dilakukan detoksifikasi untuk menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh agar tidak dapat memunculkan berbagai penyakit.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang pada akhirnya bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh, dapat menyebabkan kerusakan sistem metabolisme tubuh.

Hal tersebut ditandai dengan badan yang kurang berenergi atau lemas saat melakukan aktivitas, kerap sakit kepala, sulit untuk tidur, dan rasa mual.

Di dalam tubuh sebenarnya ada organ khusus yang dapat menghilangkan atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, jika terjadi penumpukan racun, organ tersebut akan mengalami kesulitan untuk menanganinya.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun dari dalam tubuh, satu di antaranya dengan rajin meminum air putih.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/5/2020), lima cara alami detoksifikasi yang dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

Minum Air Putih Secara Rutin

Sebagian besar kandungan yang berada dalam tubuh kita adalah cairan sehingga kita perlu asupan cairan secara rutin agar organ di dalam tubuh berfungsi dengan normal.

Saat Anda meminum air putih, itu tidak hanya dapat menghilangkan dehidrasi atau rasa haus, namun juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Untuk membantu dalam menghilangkan racun di dalam tubuh, Anda perlu meminum air putih lebih banyak daripada biasanya.

Anda direkomendasikan untuk meminum air sebanyak 8-10 gelas dalam sehari untuk membantu mengurangi racun di dalam tubuh. Asupan cairan yang terjaga membuat buang air kecil menjadi lebih lancar dan racun ikut larut bersama urin.

3 dari 6 halaman

Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini karena saat melakukan aktivitas fisik kita akan berkeringat, dan biasanya racun dalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat.

Anda dapat melakukan berbagai macam olaharga atau aktivitas fisik, seperti berjalan mengelilingi taman, bersepeda, menaiki dan menuruni tangga, dan lainnya.

4 dari 6 halaman

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Berbagai macam sayuran dan buah-buahan memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi kerja organ.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada sayuran dan buah-buahan dapat membantu menghilangkan atau mengeluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi aneka buah dan sayuran secara langsung, mengolahnya menjadi salad, atau jus hijau yang segar dan menyehatkan.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Makanan Mengandung Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula terlalu tinggi dan pemanis buatan dapat menyebabkan berbagai masalah di dalam tubuh, satu di antaranya adalah penumpukan racun.

Makanan yang mengandung gula atau pemanis buatan dapat menghambat kerja pankreas, yang memiliki tugas menghasilkan insulin.

Mengganti makanan yang memiliki kadar pemanis buatan yang cukup tinggi dengan makanan bernutrisi, seperti buah dan sayuran, adalah cara yang tepat mengurangi penumpukan racun dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Minum Air Lemon di Pagi Hari

Mengonsumsi air lemon setiap pagi sebelum melakukan sarapan dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh dan membantu tubuh melakukan detoksifikasi.

Air perasan jeruk lemon, terbukti efektif membantu fungsi organ tubuh, memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi air lemon secara rutin setiap hari setelah bangun pagi atau sebelum melakukan sarapan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer