Mengenal Podcast, Mulai dari Sejarah Hingga Jenis-Jenisnya

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 31 Mei 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 31 Mei 2020, 12:40 WIB
Podcast Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Podcast menjadi satu di antara tren baru di dunia digital. Buat yang belum tahu, podcast merupakan rekaman diskusi berupa audio.

Banyak yang menganggap Podcast mirip siaran radio. Karena dalam Podcast biasanya membahas berbagai topik, terutama yang sedang hangat dalam bentuk suara.

Podcast bisa dinikmati di beberapa platform seperti iTunes atau Spotify. Namun, saat ini Podcast tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk audio, melainkan juga video.

Podcast tersebut banyak ditemukan di Youtube. Jadi, dalam Podcast yang ada di Youtube tak sekadar audio saja, namun menampilkan video yang juga dapat di tonton.

Saat ini, untuk membuat podcast jauh lebih mudah dan praktis. Tidak seperti dulu yang membutuhkan dana yang cukup besar. Kondisi tersebut yang membuat podcast bisa dikatakan berkembang dengan pesat.

Di sisi lain, mungkin banyak yang belum mengetahui lebih dalam apa itu Podcast? Berikut ini Bola.com akan merangkumnya, sejarah hingga jenis-jenis Podcast seperti dikutip dari Dream.co.id dan Jagoanhosting, Minggu (31/5/2020).

 

2 dari 5 halaman

Sejarah Podcast

Ilustrasi Podcast
Ilustrasi Podcast. Kredit: Positive Images via Pixabay

Jadi, Podcast berasal dari kata iPod dan Broadcasting. Podcast awalnya hanya dirancang untuk dapat digunakan pada Mac dan Ipod.

Pada 2007 Podcast mulai populer dan bertahan hingga saat sekarang. Sementara, di Indonesia, podcast mulai melambung sejak 2012.

Dulu untuk mendapatkan podcast lebih sulit dibandingkan zaman sekarang, karena terkendala akses internet. Jadi, kebanyakan para pendengar harus mengunduh terlebih dahulu podcast tersebut.

Bahkan, awalnya harus berlangganan podcast terlebih dulu. Podcast juga dulunya hanya dapat digunakan pada Iphone atau Ipad. Namun semakin kesini, podcast sudah dapat diakses dari berbagai jenis sistem operasi, baik android ataupun windows.

 

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Podcast

Ilustrasi podcast
(sumber: Pixabay)

Interview Podcast

Interview Podcast merupakan jenis podcast dimana host mewawancarai bintang tamu atau narasumber yang berbeda pada setiap episodenya.

Solo Podcast

Sesuai dengan namanya, Solo Podcast hanya dilakukan satu dan biasanya bersifat monolog. Jadi, dalam podcast tersebut biasanya hanya menyampaikan opini, tanya jawab atau hanya sekadar berbagai informasi terkini kepada pendengar.

Multi Host Podcast

Dalam podcast jenis ini biasanya terdapat dua host atau lebih. Multi Host Podcast menyuguhkan diskusi yang berisi pendapat dan perspektif yang berbeda.

Dengan begitu, podcast jenis tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri, terutama bagi orang yang suka mendengarkan percakapan atau debat.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Podcast

[Fimela] podcast
ilustrasi podcast | pexels.com/@divinetechygirl

Cara Membuat Podcast

1. Siapkan Tempat

Bagi yang serius membuat Podcast tentunya sangat perlu menyiapkan tempat atau studi khusus. Tempat tersebut paling tidak harus nyaman dan kedap suara agar rekaman Podcast bagus.

2. Siapkan Peralatan Podcast

Beberapa peralatan yang perlu disiapkan saat membuat Podcast antara lain Microphone, audio recording, software editing dll.

3. Tentukan Niche Podcast

Jadi, pastikan bisa memahami dan mengerti tentang Niche Podcast agar mempermudah dalam pembuatan Podcast.

4. Mulai merekam Podcast

Saat semuanya sudah siap, mulailah recording Podcast. Jangan lupa, pastikan rekaman Podcast tersebut dalam keadaan bagus dan siap untuk didengarkan.

5. Edit Hasil Podcast

Setelah merekam Podcast, jangan lupa edit terlebih dahulu. Pastikan volume bisa didengar dengan baik, artinya tidak terlalu pelan dan keras.

5 dari 5 halaman

Cara Mendengarkan Podcast

Memberikan Banyak Informasi Dari Beragam Konten
Ilustrasi Mendengarkan Podcast Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Untuk dapat mengakses dan mendengarkan podcast, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Gunakan smartphone, sistem operasinya pun bebas. Tidak harus IOS.

2. Unduh aplikasi podcast. Kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi podcast baik itu yang diunduh melalui AppStore ataupun PlayStore.

3. Pilih podcast yang kamu ingin dengarkan. Podcast banyak membahas tema-tema yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kamu bebas memilih sesuai yang diinginkan.

Namun jika kamu sudah terbiasa dengan podcast yang sudah banyak dibuat oleh para youtuber, kamu hanya perlu mendengarkan podacst tersebut melalui youtube. Sesuai dengan topik yang kamu inginkan.

 

Sumber/referensi: Dream.co.id (Penulis/reporter: Ulyaeni Maulida. Published: 27/5/2020), Jagoanhosting.com

Lanjutkan Membaca ↓