Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam, Menenangkan Hati dan Memberi Dorongan Positif

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara kehidupan bisa menjadi satu di antara cara untuk keluar dari kesesakan hidup, meski hanya sekejap. Seperti kita tahu, kehidupan tidak selalu berjalan dengan mulus. Terkadang ada cobaan atau masalah menghampiri dan membuat seseorang merasa memiliki beban.

Untuk menyeleaikannya, terkadang mereka perlu mencurahkan isi hati kepada orang terdekat dengan harapan mendapatkan solusi.

Selain itu, mereka juga mencari kata-kata mutiara yang bisa membantu menenangkan hati atau masukan untuk menyelesaikan masalah.

Satu di antara kata-kata mutiara itu adalah kata-kata mutiara Islam.

Bagi kamu, khususnya yang beragama Islam, membaca kata-kata mutiara yang biasanya juga bersumber dari Al-Qur'an, hadis, dan juga dari tokoh Islam terkemuka, dapat memberikan dorongan positif.

Membaca kata-kata mutiara Islam juga membantu mengingatkan terhadap Allah SWT, sebagai Zat Penolong di saat kita sedang dalam masalah.

Bagi mereka yang beriman, meyakini sebuah masalah datang bukan tanpa sebab, karena di balik segala masalah yang diberikan oleh Tuhan, pasti ada alasan baik di baliknya.

Namun, sebagai manusia biasa yang tidak jauh dari kesempurnaan, wajar kita bersedih atau bahkan terpuruk saat sebuah masalah menghampiri.

Tetapi, tidak perlu dirasakan begitu berlarut-larut merasakan kesedihan karena masalah tidak akan selesai dengan sendirinya jika tidak segera diselesaikan.

Untuk menambah dorongan positif dan semangat bagi kamu yang bersedih, berikut 30 kata-kata mutiara Islam, seperti disadur dari Brilio, Jumat (5/6/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam

1. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik". (Ali bin Abi Thalib)

2. ""Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang". (Ali bin Abi Thalib)

3. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita". (QS At Taubah 40)

4. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati". (Ali bin Husein)

5. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan". (Salim A. Fillah)

6. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain". (Jalaludin Rumi)

7. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetap,i cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan". (Buya Hamka)

8. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan". (HR. Ibnu Majah)

9. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan". (QS Al Insyirah 5)

10. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih". (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam

11. "Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu". (Imam An Nawawi)

12. "Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu". (Imam Asy Syafi’i)

13. ""Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu". (Ali bin Abi Thalib)

14. "Kita tidak akan pernah tahu bagimana menyembahNya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintaiNya".

15. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya".

16. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu". (Ali bin Abi Thalib)

17. "Apakah engkau meremehkan suatu doa kepada Allah, apakah engkau tahu keajaiban dan kemukjizatan doa? Ibarat panah di malam hari, ia tidak akan meleset, namun ia punya batas dan setiap batas ada saatnya untuk selesai".

18. "Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula". (QS An Nuur 26)

19. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya".

20. "Jangan berjalan di muka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk ke dalam bumi juga".

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam

21. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam". (Abu Hamid Al Ghazali)

22. "Ilmu pengetahuan di waktu kecil itu bagaikan ukiran di atas batu".

23. "Barang siapa yang bersungguh-sungguh berjalan pada jalannya, maka pasti ia akan sampai pada tujuannya".

24. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu". (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

25. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan 'bersabarlah karena Aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba'.

26. "Allah menjadikanmu seorang muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu".

27. "Bukanlah anak yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, tetapi sesungguhnya yatim itu adalah yatim ilmu dan akhlak".

28. "Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka, jangan mau menerima apa pun yang lebih rendah dari itu".

29. "Kita tidak akan pernah kalah sampai kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan".

30. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui". (QS Al-Baqarah 216)

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis:Dwiyana Pangesthi. Published:01/10/2019)

Video Populer

Foto Populer