Digadang-gadang Jadi Penerus Lee Chong Wei, Lee Zii Jia Tak Lagi Tertekan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 10 Jun 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 10 Jun 2020, 19:15 WIB
Jonatan Christie
Jonatan Christie harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia 15-21, 13-21 pada babak 32 besar All England 2020. (Dok PBSI)

Bola.com, Kuala Lumpur - Publik Malaysia kian berharap Lee Zii Jia bisa benar-benar menjadi penerus legenda bulutangkis Negeri Jiran tersebut, Lee Chong Wei. Lee mengaku awalnya tertekan, tapi kini perlahan bisa menerima dan malah termotivasi untuk mengikuti jejak Lee Chong Wei. 

Harapan publik Malaysia terhadap Lee Zii Jia melambung setelah sang pemain melejit masuk peringkat 10 besar dunia. Ia tampil mengesankan pada awal tahun sebelum seluruh turnamen dihentikan karena pandemi virus corona. 

Pemain berusia 22 tahun tersebut berhasil mengalahkan bintang bulutangkis China, Chen Long, saat mencapai semifinal All England 2020. Dia juga menundukkan bintang China lainnya, Shi Yuqi, pada Malaysia Masters 2020. 

Penampilan apiknya membuat publik Malaysia yakin telah menemukan pengganti Lee Chong Wei. Bahkan Zii Jia digandang-gadang bisa menjadi pemain pertama asal Malaysia yang merengkuh medali emas di Olimpiade. 

Zii Jia memahami harapan tinggi yang tersampir di pundaknya. Namun, kini ia mengaku makin matang menghadapi tekanan besar seperti itu. 

"Sejak awal setiap orang mengatakan saya adalah The Next Lee Chong Wei, bahwa saya akan menggantikannya. Itu membuat saya tertekan," kata Zii Jia, seperti dilansir Free Malaysia Today, Rabu (10/5.2020). 

"Namun, sekarang perlahan saya menjadi lebih matang. Saya mulai menerima tekanan tersebut dan mengubahnya jadi motivasi," imbuh Lee Zii Jia

 

2 dari 3 halaman

Emas Olimpiade

Kehebatan F4 di Bulutangkis Tinggal Kenangan
(AFP/Emmanuel Dunand)

Meskipun publik menaruh harapan tinggi terhadapnya, Zii Jia emoh berpikir muluk-muluk. Dia menepis peluang meraih medali emas pad Olimpiade Tokyo yang ditunda hingga tahun depan. 

Jika berhasil merengkuh medali emas, Zii Jia akan melampaui raihan Lee Chong Wei. Legenda bulutangkis Malaysia itu belum pernah mencicipi medali emas, karena dua kali kalah di final Olimpiade dari Lin Dan, yaitu pada 2008 dan 2016. 

"Saya tak memikirkan tentang itu. Saya hanya akan pergi ke sana dan berusaha yang terbaik untuk menambah pengalaman saya," kata Zii Jia.

"Bagi saya tak ada tekanan. Hanya bermain dab bertarung, dan melakukan yang terbaik," imbuh dia. 

Sumber: Free Malaysia Today

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Liontin Evangelina Setiawan Soal Tren dan Tips Aman Bersepeda