20 Kata-kata Bijak Nikola Tesla, Memberikan Pandangan Berbeda tentang Hidup

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 24 Jun 2020, 13:40 WIB
Diperbarui 24 Jun 2020, 13:40 WIB
Nikola Tesla
Nikola Tesla. (Liputan6/Wikimedia Commons)

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak yang sering kamu baca di berbagai media sosial dan media daring, biasanya akan memberikan motivasi tersendiri. Ada banyak tokoh terkenal yang sering mengeluarkan kata bijak, satu di antaranya adalah Nikola Tesla.

Nikola Tesla merupakan fisikawan, penemu, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika Serikat yang lahir pada 10 Juli 1856.

Tesla lahir di negara Austria, di mana saat itu sebagian besar negara Eropa sedang dilanda gejolak politik. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga yang beretnis Serbia.

Ibu tesla pandai membuat kerajinan tangan dan memiliki kemampuan untuk menghafal berbagai macam teks, satu di antaranya adalah puisi lama Serbia.

Kemampuan mengingat yang cukup kuat dan kecerdasan dari sang ibu, menurun langsung kepada Tesla. Akhirnya ia memutuskan untuk kuliah mengambil jurusan teknik dan fisika di Austria.

Setelah lulus, Tesla bekerja di sebuah kantor telegraf di Budapest, dan setahun kemudian ia pindah ke Prancis untuk bekerja di kantor Thomas Alva Edison.

Kecintaannya pada bidang fisika dan teknik, membuatnya pindah ke Amerika Serikat. Dengan bantuan beberapa temannya, ia berhasil membuat sebuah laboratorium di New York.

Ada banyak penemuan yang dibuat oleh Tesla, seperti generator listrik tanpa kabel dan arus listrik bolak-balik yang lebih efisien daripada arus listrik satu arah.

Tesla meninggal pada 7 Januari 1943 dalam usia 86 tahun akibat penyakit peradangan sistem saraf yang sudah dideritanya sejak muda.

Selama hidupnya, Tesla sering mengeluarkan kata-kata bijak yang membuat banyak orang terinspirasi dan merasa kagum dengan kehebatannya.

Berikut 20 kata-kata bijak Nikola Tesla, yang dapat kamu jadikan bahan bacaan untuk menambah motivasi, seperti dirangkum dari laman Aku Paham dan Senipedia, Rabu (24/6/2020).

2 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Nikola Tesla

Nikola Tesla
Nikola Tesla. (Wikipedia/Public Domain)

1. "If you want to find the secrets of the universe, think in terms of energy, frequency and vibration".

(Jika kau ingin menemukan rahasia di balik semesta, berpikirlah dalam terminologi energi, frekuensi, dan getaran)

2. "I don't care that they stole my idea, i care that they don't have any of their own".

(Saya tidak peduli mereka mencuri ide saya, tapi saya peduli bahwa mereka tidak memiliki ide mereka sendiri)

3. "The scientists of today think deeply instead of clearly. One must be sane to think clearly, but one can think deeply and be quite insane".

 (Saat ini, saintis lebih berpikir dalam daripada berpikir jelas. Untuk menjadi waras, maka manusia harus berpikir jelas. Tapi bila ingin sedikit agak gila, berpikirlah lebih dalam)

4. "Of all things, i liked books best".

(Dari semua hal, saya paling menyukai buku)

5. "Let the future tell the truth, and evaluate each one according to his work and accomplishments. The present is theirs; the future, for which i have really worked, is mine".

(Biarkanlah masa depan mengatakan kebenaran dan mengevaluasi berdasarkan pekerjaannya dan pencapaian. Saat ini adalah milik mereka, dan masa depan, untuk apa yang sudah saya kerjakan dengan sungguh-sungguh, adalah milik saya)

6. "Our virtues and our failings are inseparable, like force and matter. When they separate, man is no more".

(Kebajikan kita dan kegagalan kita tidak bisa dipisahkan, layaknya paksaan dan masalah. Ketika mereka dipisahkan, manusia tidak ada lagi)

3 dari 3 halaman

Kata-kata Bijak Nikola Tesla

Nikola Tesla
Nikola Tesla.

7. "Bahkan sejak masa kanak-kanak, aku sudah dipersiapkan untuk menjadi para rohanian. Namun, prospek ini tergantung seperti awan gelap di benakku". 

8. "Ada sebuah perasaan yang menerpa saya, yakni keyakinan bahwa saya adalah orang pertama yang mendengar sapaan dari satu planet ke planet lainnya".

9. "Pada abad ke-21, robot akan menggantikan peran manusia, di mana budak bekerja di peradaban kuno".

10. "Jika seluruh kebencian di hatimu bisa diubah menjadi aliran listrik, maka dia akan menerangi seluruh dunia".

11. "Otakku hanya berfungsi sebagai penerima saja. Di semesta ini, terdapat sebuah inti di mana kita bisa mendapatkan pengetahuan, kekuatan, dan inspirasi yang luar biasa".

12. "Setiap orang, hendaknya menganggap kalau diri mereka adalah pemberian/hadiah tak ternilai dari seseorang, yang mereka cintai lebih dari apa pun, sebagai suatu seni yang begitu indah, keindahan yang tak dapat dideskripsikan dan misteri di balik konsep manusia". 

13. "Semua yang ditertawakan, disalahkan, diserang dan disepelekan di masa lalu adalah hal-hal yang luar biasa. Semua itu dilakukan untuk menghadirkan berbagai hal yang lebih kuat dan lebih berjaya dari sebuah perjuangan".

14. "Manusia selalu menginginkan suatu sensasi yang baru acara terus-menerus, tetapi segera acuh padanya. Keajaiban hari kemarin merupakan suatu hal yang biasa terjadi hari ini".

15. "Penemuan merupakan output terpenting dari otak kreatif setiap manusia. Tujuan utamanya, yakni menguasai misteri pikiran atas material dunia secara utuh dan pemanfaatan sifat manusia untuk kebutuhan manusia".

16. "Insting merupakan suatu hal yang melampaui pengetahuan. Kita memilikinya, tapi masih diragukan. Serat halus tertentu yang memungkinkan kita melihat kebenaran ketika deduksi logis, atau usaha lain dari otak yang disengaja, adalah sia-sia".

17. "Sangat mencengangkan jika membayangkan fakta dalam hubungan ini. Sepertinya, Tuhan telah menciptakan planet-planet ini secara elektrik".

18. "Mayoritas orang telah terserap kontemplasi dari dunia luar, namun mereka tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi dalam diri mereka sama sekali".

19. "Memang tidak semua planet punya penghuni. Namun, ada beberapa dari mereka yang memiliki kehidupan di bawah semua kondisi dan dalam tahap pembangunan".

20. "Kedamaian hanya datang sebagai bentuk konsekuensi natural dari pencerahan alam semesta serta penggabungan dari pertarungan. Sejatinya, kita masih sangat jauh dari kesadaran akan kebahagiaan yang lebih baik".

 

Sumber: Aku Paham, Senipedia

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr