Sukses


Sebastian Vettel Anggap Sirkuit Mugello Layak Gelar Balapan F1

Jakarta - Juara dunia empat kali Formula 1, Sebastian Vettel, menjajal Sirkuit Mugello, Tuscany, Italia. Pembalap Ferrari itu pun menyebut Sirkuit Mugello layak menggelar balapan F1. 

 

Vettel bersama rekan satu timnya Charles Leclerc, Selasa (23/6/2020), menyambangi sirkuit di pegunungan Tuscany itu untuk menjalani sesi tes privat bersama Ferrari sebagai ajang pemanasan jelang restart F1 yang kurang dari dua pekan lagi.

"Saya senang bisa kembali ke kokpit setelah jeda yang bahkan lebih panjang dari libur musim dingin biasanya. Saya juga sangat lega melihat kalian semua di tim pada akhirnya," kata Vettel dilansir laman resmi Ferrari.

"Luar biasa bisa sekali lagi merasakan mobil ini dan menjalaninya di trek spektakuler seperti ini. Saya rasa Mugello layak untuk menggelar Grand Prix F1," lanjut Sebastian Vettel.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Belum Pernah Gelar F1

Mugello rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang continental GT racing, namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya.

Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai venue tes tengah musim pada 2012, di mana sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu. Sebastian Vettel salah satunya.

"Saya belum pernah lagi melibas (trek) ini dalam delapan tahun, jadi butuh beberapa lap bagi saya untuk membiasakan diri dengan trek dan kemudian menikmatinya."

Vettel mendapat jatah latihan pada sesi pagi, 116 hari setelah terakhir kali berada di balik kemudi "jet darat" pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Karena adanya pembatasan jumlah tes terhadap mesin mobil tahun ini, maka Ferrari membawa SF71H, mobil musim 2018 mereka, yang dilengkapi ban non-balapan dari Pirelli.

Sementara hari itu merupakan kesempatan pertama bagi Leclerc menjajal sirkuit langganan tuan rumah Grand Prix MotoGP Italia itu.

Pekan lalu sang pebalap Monako itu membawa mobil musim 2020, SF1000, dari markas tim di Maranello menuju sirkuit tes Ferrari, Fiorano, yang secara simbolik menunjukkan bahwa tim berlogo kuda jingkrak itu siap menyambut musim balapan yang akan dimulai di Austria, 5 Juli nanti, setelah hampir empat bulan vakum karena pandemi virus corona.

 

3 dari 3 halaman

Gladi Resik

Tes privat di Mugello itu juga menjadi ajang gladi resik tim untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sirkuit.

F1 telah merilis delapan seri awal di revisi kalender tahun ini dimulai dengan dua Grand Prix di Austria pada 5 dan 12 Juli hingga Grand Prix Italia di Monza pada 6 September. Mereka juga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk menggelar balapan di luar delapan seri di kalender revisi yang telah dirilis.

Ada pula pembicaraan dari pihak penyelenggara untuk menggelar balapan kedua di Italia di Sirkuit Mugello, atau Imola setelah Grand Prix Italia di Monza pada 6 September mendatang.

Sumber: Ferrari

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Jonathan Pandapotan Purba/Published: 24/06/2020)

Video Populer

Foto Populer