Sukses


25 Kata-kata Bijak Nelson Mandela, Dorongan Menegakkan Keadilan

Bola.com, Jakarta - Nelson Mandela adalah Presiden Afrika Selatan pada 1994-1999, yang dikenal sering mengeluarkan kata-kata bijak. Nelson Mandela merupakan presiden kulit hitam pertama di negara tersebut.

Mandela lahir di kota Mvezo, Afrika Selatan, pada 18 Juli 1918. Mandela muda dikenal sebagai aktivis antiapartheid atau pemisahan ras antara kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan.

Selama perjuangannya untuk membebaskan politik rasial di Afrika Selatan, ia pernah dipenjara selama kurang lebih 27 tahun.

Hal itu karena Mandela dan sejumlah aktivis lainnya dianggap oleh pemerintah telah menghasut banyak orang yang berakibat pada aksi mogok besar-besaran.

Meski kerap mendapat ketidakadilan hampir di sepanjang hidupnya, kebesaran hati Mandela untuk memaafkan musuh-musuhnya membuat banyak orang di seluruh dunia menjadikannya sebagai teladan.

Ketika pada akhirnya ia menjabat sebagai presiden setelah keluar dari penjara, meski menduduki jabatan tertinggi, tak lantas membuatnya balas dendam dengan musuhnya.

Mandela justru terus berusaha menyatukan kulit putih dan kulit hitam, yang sebelumnya terpecah karena peraturan apartheid.

Nelson Mandela dianugerahi Nobel Perdamaiaan pada 1993 atas perjuangannya dalam upaya menegakkan keadilan dan perdamaian di Afrika Selatan pada khususnya serta dunia pada umumnya.

Nelson Mandela meninggal pada 5 Desember 2013. Kita bisa terus mengenang jasa-jasa Mandela, satu di antaranya dengan meresapi dan menjadikan kata-kata bijak yang pernah ia ucapkan sebagai inspirasi untuk berbuat kebaikan dan keadilan.

Untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi kalian yang sedang berjuang, berikut 25 kata-kata bijak Nelson Mandela, seperti dirangkum dari Jagokata, Kamis (25/6/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Nelson Mandela

1. "Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi, untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain".

2. "Kebencian adalah seperti meminum racun dan berharap musuhmu yang terbunuh".

3. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia".

4. "Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi, mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu".

5. "Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka karana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang".

6. "Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya mereka ada di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan ketika hal-hal baik terjadi. Anda mengambil garis depan ketika ada bahaya. Kemudian orang-orang akan menghargai kepemimpinan Anda".

7. "Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid".

8. "Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti".

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Nelson Mandela

9. "Kita harus menggunakan waktu dengan bijaksana dan selamanya menyadari bahwa waktu selalu siap untuk berbuat benar".

10. "Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang, dan sampai akhir hayat saya".

11. "Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu".

12. "Kunci untuk bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang mengawasi dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan".

13. "Jangan menilai saya dari kesuksesan, tetapi nilai saya dari seberapa sering saya jatuh dan berhasil bangkit kembali".

14. "Tak ada orang yang terlahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, latar belakangnya, atau agamanya. Orang harus belajar untuk membenci. Jika bisa belajar untuk membenci, maka mereka bisa diajar untuk mengasihi karena kasih lebih alamiah bagi hati manusia ketimbang sebaliknya".

15. "Pemimpin yang baik harus siap berkorban untuk memperjuangkan kebebasan rakyatnya".

16. "Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama, harus lahir sebuah masyarakat yang membuat semua umat manusia bangga".

17. "Mengatasi kemiskinan bukan sebuah sikap amal. Itu merupakan tindakan keadilan. Itu merupakan perlindungan terhadap hak asasi manusia yang fundamental, hak atas martabat dan kehidupan yang layak. Selagi kemiskinan berlanjut, tidak ada kemerdekaan sejati".

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Nelson Mandela

18. "Sebuah hati yang baik dan sebuah kepala yang baik akan selalu menjadi sebuah kombinasi yang dahsyat".

19. "Bila saya mempunyai waktu tambahan, saya akan melakukan hal yang sama. Jadi, apakah semua laki-laki berani menyebut dirinya laki-laki".

20. "Saya mengakui bahwa saya tidak punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan kebiasaan saya itu".

21. "Sampai saya dipenjara, saya tidak pernah sepenuhnya menghargai kapasitas ingatan, sebuah dawai tak berujung dari informasi yang bisa disimpan kepala".

22. "Semua orang bisa berdiri di atas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan".

23. "Orang harus belajar untuk membenci dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai".

24. "Sebuah perhatian dasar dari berbagai komunitas atau individual yang ingin melakukan perjalanan jauh untuk membuat dunia lebih baik adalah dengan bersemangat akan mimpinya".

25. "Perjuangan kita untuk kemerdekaan dan keadilan merupakan usaha kolektif. Ada di tangan kalian untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi semua orang yang hidup di dalamnya".

 

Sumber: Jagokata

Video Populer

Foto Populer