Sukses


30 Kata-Kata Mutiara Imam Hambali, Penuh Makna dan Bisa Menjadi Pedoman Hidup

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Imam Hambali bisa menjadi anutan umat muslim di era modern saat ini. Imam Hambali merupakan satu di antara ulama besar di bidang fikih dan hadis.

Sosok bernama lengkap Ahmad bin Muhammad bin Hanbal itu sudah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa sejak usia dini. Bahkan, saat usianya masih muda, Imam Hambali sudah hafal Al-Qur'an.

Imam Hambali kali pertama menerima pendidikan di Baghdad, Irak. Kala itu, Baghdad merupakan pusat peradaban dunia Islam yang penuh dengan beragam ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Selain itu, di Baghdad juga menjadi tempat tinggal para tokoh ternama dari kalangan qari' (ahli qira'ah), ahli hadis, ahli bahasa, para sufi, para filosof, dan masih banyak lagi.

Sebagai Imam Besar pendiri Mazhab Hambali, Imam Ahmad bin Hanbal telah melalui perjalanan hidup yang begitu luar biasa. Wajar tentunya jika banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok Imam Hambali.

Proses dan pengalaman hidup yang luar biasa serta memiliki karakter yang tekun, menjadikan Imam Hambali sebagai anutan. Banyak kata-kata mutiara dari Imam Hambali yang bisa dijadikan suri tauladan.

Berikut ini deretanĀ kata-kata mutiara Imam Hambali, seperti disadur dari Dream, Jumat (26/6/2020).

2 dari 2 halaman

Kumpulan Kata-kata Mutiara Imam Hambali

1. "Aku tinggalkan rida manusia hingga aku mampu untuk berbicara menyampaikan kebenaran".

2. "Jika kamu mengklaim bahwa dirimu termasuk orang-orang yang berlindung dari neraka dan menginginkan surga, maka perjuangkanlah apa yang kamu cari dan jangan sampai disesatkan oleh keinginan duniawi".

3. "Siapa pun menolak hadis Nabi, ia berada di ambang kehancuran".

4. "Janganlah kalian mengikuti pendapatku dan jangan pula mengikuti pendapat Malik, Syafi'i, Auza'i dan Tsauri, tapi ambillah dari mana mereka mengambil".

5. "Bid'ah telah menyebar, siapa yang tidak memiliki dasar sunnah ataupun riwayat, maka dia akan jatuh ke dalam bid'ah".

6. "Wanita suka dengan perhatian dan mereka suka diberi tahu dengan jelas bahwa mereka dicintai. Maka jangan pelit dalam mengekspresikan cinta kepada istrimu. Jika kamu membatasi diri dalam mengekspresikan cintamu, maka kamu akan menciptakan penghalang yang keras antara kamu dan dia, dan itu akan mengurangi kasih sayang".

7. "Salah satu fondasi ahlus sunnah adalah meninggalkan perdebatan, adu argumentasi dan pertikaian dalam urusan agama".

8. "Segala sesuatu ada berkahnya. Berkahnya hati adalah merasa puas dengan pemberian Allah, Yang Maha Kuasa".

9. "Manusia lebih membutuhkan ilmu dibanding makan dan minum, karena dalam sehari seseorang hanya membutuhkan makan minum satu atau dua kali saja. Sementara ia membutuhkan ilmu dalam setiap helaan napasnya".

10. "Segala sesuatu pasti ada berkahnya. Adapun berkahnya hati adalah merasa puas dengan pemberian Allah, Yang Maha Kuasa".

11. "Niatkan baik, karena Anda akan selalu dalam keadaan baik selama Anda berniat baik".

12. "Jika engkau ingin agar Allah tetap memberikan hal yang engkau sukai, maka gigihlah dalam mengerjakan apa pun yang Allah sukai".

13. "Aku mencoba untuk membuat orang lain senang, dan sejak saat itulah aku mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk mengungkapkan kebenaran".

14. "Manusia membutuhkan sikap sopan dan lemah lembut dalam amar makruf nahi mungkar tanpa kekerasan, kecuali kepada orang yang secara terang-terangan melakukan kemaksiatan maka ia tidak memiliki kehormatan".

15. "Rizki itu telah dibagi, tidak akan bertambah atau berkurang. Rizki itu disebut bertambah jika pemiliknya memperoleh kemudahan dari Allah untuk menginfakkannya dalam ketaatan".

16. "Barangsiapa yang mati dalam Islam dan mengikuti Sunnah Rasulullah, maka mati dalam kebaikan".

17. "Kebaikan terletak pada orang yang tidak melihat kebaikan dalam dirinya sendiri".

18. "Jika seseorang benar-benar menyadari nilai dirinya, lalu apa untungnya ia mengharapkan pujian dari manusia?"

19. "Jika takdir sudah ditentukan kepada seseorang, maka dia akan memilih seseorang yang sudah Allah pilihkan untuknya".

20. "Hati akan menjadi lembut dengan memakan makanan yang halal".

21. "Hari terbaikku adalah ketika aku terbangun dan mendapati isi lemariku telah kosong. Karena pada saat itu berarti aku telah sepenuhnya tawakkal kepada Allah."

Ā 

22. "Aku ingin sekali hidup di lembah-lembah negeri Mekkah agar tidak dikenali. Sungguh aku telah diuji dengan ketenaran. Sesungguhnya pagi dan petang aku selalu berharap kematian".

23. "Semua orang harus bertawakkal kepada Allah, tapi mereka juga harus berusaha mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan mereka".

24. "Sibukkan dirimu dengan setiap amal kebaikan dan bersegeralah untuk melakukannya sebelum datang sesuatu yang menghalangimu untuk melakukan kebaikan tersebut".

Ā 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Reni Novita Sari. Published: 16/6/2020)

Video Populer

Foto Populer