50 Kata-Kata Bijak Chairul Tanjung, Jadi Motivasi Sukses Berkarier

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 27 Jun 2020, 16:40 WIB
Diperbarui 27 Jun 2020, 16:40 WIB
Dirut Pertamina Mundur, Chairul Tanjung Angkat Bicara
Konferensi pers ini guna mengklarifikasi sejumlah pemberitaan mengenai pengunduran diri Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Chairul Tanjung bisa menjadi motivasi untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier. Chairul Tanjung merupakan satu di antara orang sukses dan kaya di Indonesia.

Kemudian Chairul Tanjung dikenal sebagai pemilik CT Corp. Bisnisnya terbentang di berbagai sektor menjadikan Chairul Tanjung sebagai satu di antara pengusaha papan atas di Indonesia.

Namun, kesuksesan Chairul Tanjung tersebut tak didapat dengan mudah. Chairul Tanjung harus jatuh bangun dalam menjalani usaha sebelum sukses seperti sekarang.

Hal tersebut menjadikan kisah hidup Chairul Tanjung sebagai inspirasi banyak orang. Chairul Tanjung tak pernah sungkan memberikan wejangan dan semangat bagi para anak muda untuk berkarya dan membangun usahanya supaya maju dan terus berkembang.

Tentunya banyak cerita kesuksesan yang bisa diambil dari kisah hidup Chairul Tanjung. Tak sedikit kata-kata bijak yang terlontar dari mulut Chairul Tanjung.

Banyak kata-kata bijak Chairul Tanjung yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier.

Berikut ini redaksi Bola.com menyajikan, kata-kata bijak Chairul Tanjung, seperti dilansir dari Dianisa.com, Sabtu (27/6/2020).

2 dari 2 halaman

Kumpulan Kata-Kata Bijak Chairul Tanjung

Pemerintah Sudah Terima Surat Pertamina, Kapan Harga Elpiji Naik?
Menko Perekonomian, Chairul Tanjung menuturkan, pihaknya masih harus merapatkan soal kenaikan harga elpiji 12 kilo gram.

1. "Anda semua akan dapat berdiri di sini menggantikan saya apabila bekerja keras. Dan dibutuhkan kemampuan entrepreneur dan manajerial yang baik. Tidak lagi semata-mata modal."

2. "Jika kamu ingin menang di abad ke-21 ini, kamu harus memberi wewenang kepada orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan sukses."

3. "Memutuskan jadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis."

4. "Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri."

5. "Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari seorang pengusaha."

6. "Kehormatan kita adalah kepribadian kita. Saat kepribadian saja tidak punya, tak akan mungkin punya kehormatan."

7. "Keberhasilan manusia ditentukan oleh dirinya sendiri. Dengan pilihan yang benar, ia akan bersinar."

8. "Memperjuangkan ideologi harus realistis, bukan harga mati."

9. "Tanpa kerja keras ini semua omong kosong."

10. "Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah."

Serah Terima Jabatan Menko Perekonomian
Mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung berpidato terakhir usai serah terima masa jabatan di Jakarta, Senin (27/10/2014). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

11. "Untuk sukses, kamu perlu mempercayai dirimu sendiri, terutama di saat tidak ada seorangpun yang percaya kepadamu."

12. "Ibuku adalah kunci sukses saya."

13. "Zaman dulu: Banyak anak, banyak rejeki. Zaman sekarang: Banyak koneksi, banyak rezeki."

14. "Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi!"

15. "Bekerjalah 2/3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil."

16. "Lama memang, tapi itu caranya. Semua harus dilewati seperti anak tangga. Satu-persatu, jangan lompat-lompat karena kalau melompat kemungkinan terpelesetnya tinggi."

17. "Berpikir positif adalah cara terbaik ketika tidak punya pilihan."

18. "Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, namun giving atau sedekah dapat memudahkannya."

19. "Kebijaksanaan sejak dari hati dan pikiran, tidak hanya dari ucapan."

20. "Menjadi pejabat, pohonnya memang tinggi, tapi buahnya tidak ada. Enak jadi pengusaha."

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung (Liputan6.com/Johan Tallo )

21. "Kesuksesan bukanlah suatu tujuan, melainkan sebuah perjalanan untuk masa depan."

22. "Selain kerja keras, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras kepada Tuhan."

23. "Setinggi-tingginya jabatan apapun dalam pekerjaan tetap saja kita adalah pegawai. Tapi, sekecil-kecilnya usaha kita, tetap saja itu bos."

24. "Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, keuletan, kegigihan, dan kedisiplinan. Hal itu juga harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan tidak cepat putus asa. Semua cita-cita dan ambisi hanya bisa direngkuh apabila kita mau terus belajar berbagai hal, dimanapun dan kepada siapapun."

25. "Jangan takut dengan kompetitor, karena kompetitor juga takut kepadamu. Fokus dengan memberikan service lebih kepada customer-mu saja. Kompetisi itu bagus."

26. "Anda harus belajar dari pesaing Anda. tapi jangan pernah menirunya. Anda meniru, Anda akan kalah."

27. "Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita."

29. "Buatlah perubahaan yang nyata. jika mengalami kegagalan, Coba lagi, jika masih gagal. Anda hanya melanjutkan pekerjaan sebelumnya. mudah bukan."

30. "Saya mendengar banyak anak muda yang memikirkan hal yang luar biasa setiap malam. Tapi sayang, pagi harinya dia masih pergi ke kantornya. Buatlah Perubahan. Buatlah tindakan."

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung ialah seorang pengusaha asal Indonesia

31. "Gunakanlah otak Anda agar bisa membantu orang banyak. jika Anda bisa berguna bagi banyak orang, Anda akan sukses."

32. "Alamilah banyak penolakan. Namun, yakinlah juga bahwa ada sesuatu yang menanti Anda."

33. "Berubahlah selagi kamu dalam kondisi terbaikmu, sebelum muncul hal-hal buruk. Akan terlalu lambat untuk membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang. Pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar."

34. "Kalau kamu memang ingin melakukannya, coba saja. Kalau memang nanti semua tidak berjalan seperti yang kamu inginkan, kamu tinggal kembali ke hal yang kamu lakukan sebelumnya."

35. Ambisi membuat kamu punya kekuatan untuk mengalahkan semua rintangan dan membuat keajaiban."

36. "Kalau kamu dikalahkan oleh pesaingmu, tidak akan ada yang kasihan kepadamu."

37. "Saat orang-orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu."

38. Kamu tidak harus berada di peringkat tiga besar di kelas, menjadi siswa berkemampuan menengah tidak masalah, selama nilai-nilaimu tidak terlalu buruk. Hanya orang-orang di kategori ini (di peringkat menengah) yang memiliki waktu untuk mempelajari bakat lainnya."

39. "Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus kepada satu saja."

40. "Hidupku simpel saja, apapun yg membuatku tersenyum, aku pertahankan. Apapun yg membuatku bersedih, aku tinggalkan!"

20151206-Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015
Anda pasti tak asing dengan kedua stasiun TV ini, Trans TV dan Trans 7 mereka dibawah naungan Trans Corp yang pemiliknya adalah orang terkaya di Indonesia ke-3, Bapak Chairul Tanjung. Kekayaannya mencapai 53,75 triliun rupiah. (Liputan6.com/Johan Tallo )

41. "Bekerja sampai idola Anda menjadi rival Anda."

42. "Hari ini kejam, Besok lebih kejam lagi. Tapi, esok lusa, hari akan indah. Kebanyakan orang mati sebelum perang dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit."

43. "Saat usia muda, buatlah kesalahan. Jangan khawatir! Anda jatuh, Anda bangkit, Anda jatuh lagi… Nikmatilah! Anda masih muda, nikmati pertunjukannya!"

44. "Jadi, sebelum usia 30, bukan perusahaan mana yang Anda tuju, tapi bos mana yang Anda ikuti."

45. "Kalau umur 30 tahun Anda masih miskin. itu salah Anda."

46. "Saat keberanianku muncul untuk menjadi kuat dalam menghadapi segala persoalan, maka tidak penting lagi bagiku untuk memikirkan rasa takut."

47. "Apa sesungguhnya kegagalan? Kegagalan adalah ketika Anda berhenti berjuang untuk apa yang Anda inginkan."

48. "Apa yang harus Anda lakukan? Anda wajib bekerja sekeras yang Anda bisa, dan lebih ambisius daripada yang lain."

49. "Sukses seringkali datang kepada mereka yg berani bertindak dan jarang menghampiri penakut yang tidak berani mengambil konsekuensi."

50. "Jika pesaing Anda lebih lemah dari Anda, Anda tetap harus memandangnya sama dengan Anda. Ini tentang cara pandang yang lain, bahkan jika lawan lebih kuat dari Anda, jangan takut kepadanya."

 Sumber: Dianisa.

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr