Sukses


Eks Bos F1 Berkomentar Rasis, Lewis Hamilton: Dasar Tidak Berpendidikan

Bola.com, London - Kasus rasis terus jadi pusat perhatian di seluruh dunia. Terbaru dilakukan eks bos Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone.

Ecclestone yang menjabat sebagai pemegang hak komersial F1 selama 40 tahun menyebut dalam beberapa kasus, pria kulit hitam lebih rasis ketimbang pria kulit putih.

Sontak komentar Ecclestone memantik kontroversi. Di antaranya satu-satunya pembalap berkulit hitam pada ajang balap jet darat, Lewis Hamilton.

Hamilton mengaku sangat sedih dan kecewa dengan komentar Ecclestone. Dia bahkan tak segan menyebut pria yang cabut dari F1 pada tahun 2017 itu orang bodoh dan tidak berpendidikan.

"Komentar bodoh dan tidak berpendidikan yang menunjukkan kita sebagai masyarakat perlu melangkah sebelum kesetaraan nyata dapat terjadi," tulis Hamilton di Instagram.

"Jika seseorang yang menjalankan olahraga ini dalam kurun waktu lama tapi memiliki pemahaman dangkal terkait isu ini, bagaimana kita bisa berharap orang yang bekerja di bawahnya mengerti. Semua dimulai dari atas," lanjut pembalap Mercedes itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Komentar F1

Pihak F1 sendiri telah memberikan keterangan resmi terkait kontroversi ucapan dari Eccclestone. Mereka menegaskan pihak F1 tidak setuju dengan komentar pria asal Inggris tersebut.

"Sepenuhnya tidak setuju dengan komentar Bernie Ecclestone yang tidak punya tempat di Formula 1 atau masyarakat," tulis keterangan tersebut.

Pihak F1 juga mengumumkan jabatan Chairman Emeritus yang diemban Ecclestone pada event balap jet darat sudah berakhir di awal tahun 2020.

Sumber: CNN

 

Video Populer

Foto Populer