10 Kata-kata Penuh Respek Insan Bulutangkis Dunia tentang Lin Dan: Anutan bagi Semua

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 07 Jul 2020, 10:20 WIB
Diperbarui 07 Jul 2020, 10:20 WIB
Lin Dan
Pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan, memutuskan pensiun. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Legenda bulu tangkis dunia asal China, Lin Dan, resmi mengumumkan undur diri sebagai pebulu tangkis profesional, Sabtu (4/7/2020). Ia mengumumkan keputusannya itu melalui media sosial miliknya, Weibo, sekaligus menyudahi karier gemilangnya selama 20 tahun di tim nasional China.

"Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit mengucapkan ini," tulis Lin Dan.

Lin Dan gantung raket di usia 36 tahun. Selama menjadi pebulu tangkis profesional Lin Dan banyak menorehkan gelar bergengsi.

Selama kurun waktu 20 tahun, Lin Dan berhasil mengoleksi dua medali emas Olimpiade (2008 dan 2012), lima gelar Kejuaraan Dunia, dan enam titel All England. Sederet prestasi tersebut menjadikan Lin Dan sebagai satu di antara pebulu tangkis terbaik dunia.

Lin Dan menjadi bagian generasi emas tunggal putra dunia bersama Taufik Hidayat, Peter Gade, dan Lee Chong Wei. Ketiga rivalnya tersebut sudah lebih dulu gantung raket, namun Lin Dan masih bertahan.

Lin Dan akhirnya memutuskan untuk gantung raket juga setelah 20 tahun menekuni olahraga yang dicintainya bersama tim nasional China.

Pensiunnya Lin Dan dari dunia bulu tangkis prefesional langsung menuai reaksi dari banyak pihak, terutama dari sesama pebulu tangkis. Beragam komentar dilontarkan insan bulu tangkis dunia mengenai Lin Dan.

Berikut ini Bola.com merangkum, kutipan kata-kata tentang Lin Dan, seperti dilansir dari laman BWF Fansite, Selasa (7/7/2020).

2 dari 3 halaman

Kutipan Kata-kata tentang Lin Dan

FOTO: Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Gantung Raket
Lin Dan bereaksi setelah mengalahkan Sameer Verma dalam dalam kejuaraan bulu tangkis World Championships di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, 1 Agustus 2018. Lin Dan mengumumkan pensiun sebagai pebulu tangkis. (Johannes EISELE/AFP)

1. "Lin Dan had an aura when he came to the court, which was totally different. No one else had that. He believed he was the best, and one could make that out from his face. I've been a big fan of him for that." - Prannoy H. S., India

(Lin Dan memiliki aura ketika dia datang ke lapangan, yang sama sekali berbeda. Tidak ada orang lain yang memilikinya. Dia percaya dia adalah yang terbaik, dan orang bisa melihat itu dari wajahnya. Saya sudah menjadi penggemar beratnya karena itu) 

2. "Respect to big brother Dan. He encouraged me to keep moving forward. Wish all the best for him." - Shi Yu Qi, China

(Hormat pada kakak laki-laki Dan. Dia mendorong saya untuk terus bergerak maju. Semoga semua yang terbaik untuknya)

3. "Please believe that all the laughter, tears and promises are an unforgettable diary. My greatest opponent. Proud of you." - Lee Chong Wei, Malaysia

(Tolong percaya bahwa semua tawa, air mata, dan janji adalah buku harian yang tak terlupakan. Lawan terbesarku. Aku bangga padamu)

4. "Lin's performance in training and competition, and his achievements, have proved he's an excellent athlete. I hope Lin's new life after retirement will go well, and i hope he will not stay away from badminton and continue to work hard to promote badminton in a new way." - Zhang Jun, Presiden Asosiasi Badminton Cina

(Kinerja Lin dalam latihan dan kompetisi, dan prestasinya, telah membuktikan bahwa dia adalah atlet yang hebat. Saya berharap kehidupan baru Lin setelah pensiun akan berjalan dengan baik, dan saya berharap dia tidak akan menjauh dari bulu tangkis dan terus bekerja keras untuk mempromosikan bulu tangkis dengan cara yang baru)

5. "He's a role model to all badminton players. His attitude, his passion for the game is second to none. Even as a top-class player, he still came to matches an hour before to start warming up. A fully committed player." - Tse Ying Suet, Hong Kong

(Dia adalah anutan bagi semua pemain bulu tangkis. Sikapnya, hasratnya terhadap permainan tidak ada duanya. Bahkan sebagai pemain kelas atas, ia masih datang ke pertandingan satu jam sebelumnya untuk mulai melakukan pemanasan. Pemain yang berkomitmen penuh)

3 dari 3 halaman

Kutipan Kata-kata tentang Lin Dan

FOTO: Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Gantung Raket
Lin Dan bereaksi saat bertanding melawan Chen Long dalam turnamen bulu tangkis Fuzhou China Open di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, 6 November 2019. Karier bulu tangkis pria yang kini berusia 36 tahun tersebut benar-benar bergelimang gelar. (STR/OSPORTS/AFP)

6. "To hold your own place when some of your contemporaries are equally great players like Taufik (Hidayat), Lee Chong Wei, and Peter Gade is something that speaks of his mastery." - Pullela Gopichand, pelatih India

(Untuk mempertahankan tempatmu sendiri ketika beberapa teman sebayamu sama-sama pemain hebat seperti Taufik (Hidayat), Lee Chong Wei, dan Peter Gade adalah sesuatu yang berbicara tentang penguasaannya)

7. "The toughest opponent i had ever faced in my career. A true inspiration to badminton fans all over the world. An amazing athlete and possibly the greatest of all time in our game. Be proud and enjoy your life with family, friends and new adventures in the years to come." - Peter Gade, Denmark

(Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karier saya. Inspirasi sejati untuk penggemar bulu tangkis di seluruh dunia. Atlet yang luar biasa dan mungkin yang terhebat sepanjang masa dalam permainan kami. Banggalah dan nikmati hidup Anda bersama keluarga, teman, dan petualangan baru di tahun-tahun mendatang)

8. "Watching you play was a pleasure. But i know it's never easy to keep up." - Goh Liu Ying, Malaysia

(Melihatmu bermain itu menyenangkan. Tapi, saya tahu tidak pernah mudah untuk mengikuti jejak itu)

9. "I remember playing my first-ever super series final against him. Playing him in China itself was special and he has been one of my favourite players to play against. Have a happy retired life my friend, Lin Dan!" - Kidambi Srikanth

(Saya ingat bermain final seri super pertama saya melawannya. Bermain dengannya di China adalah hal yang istimewa dan dia menjadi salah satu pemain favorit saya untuk kembali bermain melawannya. Selamat pensiun, temanku, Lin Dan!)

10. "Goodbye. Thank you for everything, Mr Lin Dan." - Operator All England

(Sampai jumpa.. Terima kasih untuk semuanya, Tuan Lin Dan)

 

Sumber: BWF Fansite

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr