Sukses


25 Kata-Kata Bijak Francesco Totti tentang Kehidupan, Cinta, dan Kesetiaan

Bola.com, Jakarta - Francesco Totti resmi gantung sepatu setelah 25 tahun mengabdi di AS Roma pada 17 Juli 2017. Ia menepati janji yang begitu diingat oleh para fans, yakni pensiun di klub ibu kota tersebut.

Francesco Totti mengakhiri kariernya sebagai pemain profesional di AS Roma, klub satu-satunya yang ia dibela sejak 1989.

Francesco Totti lahir di Roma, Italia, 27 September 1976. Ia merupakan pemain didikan asli akademi sepak bola AS Roma.

Sejak kecil, dia sudah sering bermain dengan pemain yang lebih tua. Ia melakukan debut bersama tim senior ketika berusia 16 tahun, tepatnya saat laga melawan Brescia, pada Maret 1993. Hanya empat tahun setelah itu, ia menjabat sebagai kapten tim.

Pada 1989, AC Milan pernah ingin meminangnya. Begitu pula klub-klub besar Eropa, seperti Real Madrid. Namun, seperti diketahui, tawaran-tawaran itu ditolaknya. Hal itu membawanya jadi icon Il Lupi yang melegenda. Hanya bermain untuk i Gialorossi sepanjang kariernya.

Francesco Totti juga dikenal sebagai Prince of Roma. Hal itu karena kehebatannya di lapangan hijau serta kesetiaan yang ditunjukkannya.

Selama membela AS Roma, memang tidak banyak gelar yang dipersembahkan Francesco Totti. Namun, jangan lupa, ia termasuk aktor kunci keberhasilan Italia memenangi Piala Dunia 2006.

Pria yang kini berusia 43 tahun ini juga banyak mengajar pada kita, terutama apa itu arti loyalitas. 

Bola.com telah merangkum dari Brainy Quotes, Kamis (9/7/2020), kata-kata bijak dari Francesco Totti tentang kehidupan, cinta, dan kesetiaaan.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Francesco Totti

1. "Saya mungkin memiliki kesempatan untuk memenangi banyak trofi bersama tim lainnya, tapi saya bangga atas apa yang telah saya lakukan dengan jersey Roma."

2. "Ini adalah cinta baik untuk Roma maupun sepak bola. Saya telah menikahi keduanya."

3. "Saya beruntung hanya memakai satu jersey dalam karier saya. Itu adalah sesuatu yang mendasar bagi saya. Itu adalah sesuatu yang selalu saya inginkan, menjadi salah satu dari sedikit yang hanya mengenakan satu seragam, menjadi seorang fan, dan pemain dalam tim yang sama."

4. "Saya terlahir seorang Roman dan akan mati sebagai Roman. Saya tidak akan meninggalkan tim atau kota ini."

5. "Selalu tunjukan respek kepada semua orang. Ibu dan ayah saya selalu mengatakan bahwa itu akan membantu saya."

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Francesco Totti

6. "Saya telah mengenakan seragam ini selama 25 tahun dan seragam ini menjadi satu-satunya. Saya juga mengenakan ban kapten. Apa lagi yang saya inginkan di kehidupan ini?"

7. "Bukan saya yang menentukan mengenai bagaimana saya akan dikenang. Respek sudah cukup bagi saya. Itulah hal terpenting dalam karier seorang pesepak bola."

8. "Saya ingin di tim junior, ada seseorang yang melakukan apa yang telah saya perbuat dan bertahan di sini untuk waktu yang lama."

9. "Menjadi pesepak bola selama 25 tahun, Roma sudah menjadi rumah saya. Entah memenangi scudetto atau bermain di Liga Champions, saya berharap bisa mengibarkan warna Roma setinggi mungkin."

10. "Saya harap telah membuat Anda bangga."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Francesco Totti

11. "Sepak bola, bagi saya, adalah hasrat, lebih dari sekadar permainan. Itu adalah segalanya. Tetapi, lebih dari segalanya, itu adalah cinta untuk Roma. Saya selalu menjadi Roma. Tidak pernah ada yang lain."

12. "Bermain lebih jauh di lapangan, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol dan memberikan assist, dan itu adalah sesuatu yang saya sukai sejak awal."

13. "Ketika Anda tumbuh dewasa, Anda mendapatkan pengalaman dan menyadari apa yang mampu Anda lakukan."

14. "Saya akan memberitahu Francesco Totti muda untuk mengulangi semua yang dilakukan Totti tua, jika dia mampu!"

15. "AS Roma menjadi prioritasku.

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Francesco Totti

 

16. "Selama bertahun-tahun, saya telah mencoba untuk mengekspresikan diri melalui kaki saya, yang telah membuat segalanya lebih sederhana bagi saya sejak saya masih kecil."

17. "Sepak bola telah memberi saya begitu banyak dan saya mencoba untuk memberikan begitu banyak kembali kepada orang-orang yang telah menunjukkan saya begitu banyak cinta hari demi hari."

18.  "Bagian pertama dari hidup saya, sebagai pemain, telah berakhir. Tetapi, sekarang saya menuju ke bagian yang sama pentingnya sebagai manajer, berharap untuk melakukan sebaik yang saya lakukan di lapangan."

19. "Saya tidak pernah memikirkan uang, kalau tidak, pada usia 26 tahun saya akan pergi ketika ke Real Madrid dan Barcelona menginginkan saya."

20. "Tidak banyak atlet yang mengikuti kata hati mereka. Mereka memilih pergi ke suatu tempat untuk memenangkan lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak uang. Mereka seperti orang gipsi."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Bijak Francesco Totti

21. "Santiago Bernabeu adalah stadion yang luar biasa."

22. "Memenangkan satu gelar liga di Roma, bagi saya, bernilai menang 10 di Juventus atau Real Madrid."

23. "Akhir dari karier bermain saya adalah 28 Mei 2017. Itu, bagi saya, adalah hari bersejarah. Saya akan membawanya bersamaku selamanya. Akan sulit untuk menjelaskan kepada orang-orang tentang perasaan dan emosi yang saya rasakan hari itu."

24. "Sebelum menjadi pemain, saya adalah penggemar berat Roma, jadi saya tahu apa yang dirasakan para penggemar ketika kami menang".

25. "Ketika saya pensiun, saya akan merindukan perjalanan dengan tim, lelucon dengan rekan tim saya, kebiasaan: sarapan bersama mereka, bermain dengan mereka, semua hal-hal kecil."

 

Sumber: Brainy Quote

Video Populer

Foto Populer