VIDEO: Cerdas, Tim Liga Baseball Jepang Gunakan Robot Untuk Gantikan Suporter di Masa New Normal

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 10 Jul 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 09:00 WIB

Bola.com, Jepang Tim Baseball professional di Jepang, Fukuoka SoftBank Hawks memiliki ide yang luar biasa untuk menggantikan penonton di masa New Normal ini. Mereka menggantikan sosok penonton yang berada di Stadion dengan Robot.

Hawks bekerja sama dengan SoftBank Robotics untuk menjalankan ide yang luar biasa. Mereka memiliki keinginan agar tim nya tetap bisa mendapat dukungan secara langsung di Stadion.

Beberapa robot pun ada yang berbeda, Dua robot termasuk robot humaniod SoftBank 'Pepper' dan lainnya dengan empat kaki seperti anjing, dicap dan dihipiskan dalam tarian koreografi yang biasanya dilakukan oleh penggemar Hawk sebelum pertandingan di Fukuoka Dome berkapasitas 40.000 kapasitas.

Menurut tim, ini adalah pertama kalinya bagi Spot untuk melakukan tarian di sebuah acara olahraga. 39 robot ini akan menunjukkan kinerja mereka di 16 pertandingan kandang dari 7 Juli hingga 31 Juli.

Beberapa reaksi para pecinta Liga Baseball di Jepang ini memiliki reaksi yang beragam, mereka merasa kagum dan heran untuk terobosan terbaru dari Tim Baseball Jepang ini untuk mengubah penonton dengan robot.

Setelah tiga bulan penundaan liga yang disebabkan oleh pandemi coronavirus, Liga Baseball Profesional Jepang membuka satu musim pada 19 Juni.

Hingga 5000 penonton akan di izinkan menghadiri pertandingan Liga Baseball Jepang ini. Namun tidak hanya Liga Baseball saja yang boleh dihadiri penonton, termasuk Liga Sepak Bola di Jepang juga sudah membolehkan penonton datang ke stadion, dengan catatan masih mengikuti protokol di masa New Normal ini.