20 Kata-kata Inspiratif Johan Cruyff, Sang Penyempurna Total Football

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 14 Jul 2020, 19:20 WIB
Diperbarui 16 Jul 2020, 11:04 WIB
Johan Cruyff
Johan Cruyff - Cruyff merupakan perokok aktif sejak masih aktif bermain dan melatih. Legend Belanda ini dikabarkan dapat menghabiskan 20 batang rokok dalam sehari sebelum berhenti karena sempat operasi jantung. (AFP/Valery Hache)

Bola.com, Jakarta - Hendrik Johannes Cruijff atau publik mengenalnya sebagai Johan Cruyff adalah mantan pelatih dan pemain sepak bola asal Belanda.

Johan Cruyff lahir di Amsterdam pada 25 April 1947, dan meninggal di kota Barcelona pada 2016 di usia ke-68 tahun.

Johan Cruyff merupakan satu di antara legenda sepak bola dunia. Namanya harum di jagat sepak bola dunia sebagai satu di antara yang terhebat, baik semasa jadi pemain maupun pelatih.

Sebagai pemain, dia mendapat tiga Ballon d'Or (1971, 1973, 1974). Karier cemerlangnya dimulai saat bermain untuk Ajax.

Sembilan tahun bersama de Amsterdammers, Johan Cruyff mempersembahkan banyak gelar baik bersama tim maupun personal, termasuk juara Eredivisie, Piala Eropa (sekarang Liga Champions), dan Piala Interkontinental.

Pada musim panas tahun 1973, ia hijrah ke Spanyol dengan membela Barcelona. Ketika itu ia memecahkan rekor transfer dunia. Kiprahnya bersama El Barca tak kalah cemerlang.

Johan Cruyff juga moncer saat membela Timnas Belanda dengan membawa tim Oranje menjadi finalis Piala Dunia 1974.

Pria yang juga perokok berat semasa hidupnya ini ternama karena sukses memainkan gaya total football yang kala itu diterapkan di Ajax dan Timnas Belanda.

Setelah gantung sepatu dari dunia pemain profesional, Johan Cruyff memutuskan menjadi pelatih. Keputusan itu sangat tepat karena namanya kembali jadi perbincangan hangat.

Secara khusus, saat membesut Barcelona, dia memodifikasi total football, yang membuat Blaugrana menjadi tim yang disegani kawan maupun lawan.

Sebagai salah seorang pemain dan pelatih terhebat yang pernah ada yang mendapat respek dari semua kalangan, Johan Cruyff pantas menjadi inspirasi.

Kamu bisa makin mengenali sosok Johan Cruyff melalui kata-kata inspiratif yang pernah diucapkannya semasa hidupnya, yang bisa mendorongmu untuk menciptakan banyak prestasi dalam hidup.

Berikut ini hasil rangkuman Bola.com dari Brainy Quotes dan Jagokata, Selasa, (14/07/2020), kata-kata inspiratif Johan Cruyff

2 dari 4 halaman

Kata-kata Inspiratif Johan Cruyff

Ballon d'Or
1.Johan Cruyff (Belanda), legenda sepak bola dunia ini meraih Ballon d'Or pada tahun 1971, 1973 dan 1974. Prestasi terbaiknya adalah Piala Dunia 1974, dengan membawa Belanda ke final sebelum akhirnya takluk dari Jerman Barat. (AFP/Staff)

1. "Aku selalu melemparkan bola ke dalam, karena jika aku mendapatkan bolanya kembali, aku adalah satu-satunya pemain yang tidak terjaga."

2. "Jika Anda melihat pemain berlari cepat, dia pasti berangkat terlambat."

3. "Aku adalah bekas pemain, bekas direktur teknis, bekas pelatih, bekas manajer, bekas presiden kehormatan. Sebuah daftar manis, yang sekali lagi mengingatkan bahwa semuanya mempunyai akhir."

4. "Anda juga bisa bermain baik tanpa memukul bola."

5. "Hasil tanpa kualitas adalah membosankan, kualitas tanpa hasil adalah omong kosong."

6. "Teknik itu bukan mampu mengakrobatikkan bola seribu kali. Kau bisa melakukan itu dengan latihan, lalu kau bisa bekerja di sirkus. Teknik adalah mengoper bola dengan satu sentuhan, dengan kecepatan tepat, ke kaki rekanmu yang tepat."

7. "Hanya ada sedikit pemain yang tahu apa yang harus dilakukan ketika ia tidak dijaga. Maka sesekali beritahulah pemainmu: penyerang yang itu sangat bagus, tapi tak perlu ditempel."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Inspiratif Johan Cruyff

Johan Cruyff
1. Johan Cruyff - Legenda sepak bola dunia ini memulai karier di Ajax Amsterdam pada periode 1964 hingga 1973 sebelum akhirnya pindah ke Barcelona. Menorehkan catatan fantastis 190 gol dalam 240 penampilan bersama de Amsterdammers. (AFP/Cor Mulder)

8. "Kita harus memastikan bahwa pemain terburuk lawanlah yang paling sering mendapatkan bola. Jadi, tak perlu waktu lama untuk merebut bola itu kembali."

9. " Mengapa Anda tidak bisa mengalahkan tim kaya? Saya tidak pernah melihat segepok uang bisa mencetak gol."

10. "Di tim saya, kiper adalah penyerang pertama, dan penyerang adalah bek pertama."

11. "Pemain yang bukan seorang pemimpin sejati adalah pemain yang selalu menyalahkan pemain lain ketika membuat kesalahan. Pemimpin sejati adalah pemain yang sudah tahu bahwa orang lain atau rekannya akan membuat kesalahan."

12. "Jika Anda memegang kendali bola, Anda harus membuat lapangan selebar mungkin. Dan ketika Anda tidak memegang kendali bola, maka Anda harus membuat lapangan sekecil mungkin."

13. "Bermain sepak bola itu sangat simpel, tapi memainkan sepak bola sederhana itu adalah hal yang sangat sulit."

14. "Anda harus menembak, jika tidak, Anda tidak bisa mencetak gol."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Inspiratif Johan Cruyff

Grafiti Johan Cruyff
Johan Cruyff. (Sumber: Pixabay)

15. "Bagian terpenting adalah para penggemar, bahwa orang-orang yang pulang ke rumah akan merasa senang. Ini waktu istirahat mereka, dan Anda harus memberi mereka sesuatu untuk dinikmati."

16. "Kecepatan sering dikacaukan dengan wawasan. Ketika saya mulai berlari lebih awal dari yang lain, saya tampil lebih cepat."

17. "Sepak bola adalah tentang memiliki permainan ofensif terbaik. Saya selalu suka bermain sepak bola ofensif, dan tidak ada yang akan meyakinkan saya sebaliknya."

18. "Satu trofi itu bagus, tetapi dua trofi lebih baik. Dengan begitu, ketika seorang pahlawan memakai medali di dadanya, setidaknya langkahnya sama saat ia berjalan."

19. "Seperti segalanya dalam sepak bola - dan kehidupan. Anda perlu melihat, Anda perlu berpikir, Anda perlu bergerak, Anda perlu menemukan ruang, Anda perlu membantu orang lain. Ini sangat sederhana pada akhirnya."

20. "Sepak bola sekarang semua tentang uang. Ada masalah dengan nilai-nilai dalam permainan. Ini menyedihkan karena sepak bola adalah permainan yang paling indah. Kita bisa memainkannya di jalan. Kita bisa memainkannya di mana saja."

 

Sumber: Brainy Quotes dan Jagokata

Lanjutkan Membaca ↓