30 Kata-kata Bijak Lin Dan, Menginspirasi dan Penuh Respek

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 14 Jul 2020, 17:40 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 19:26 WIB
Lin Dan
Pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan, memutuskan pensiun. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Lin Dan bisa menjadi inspirasi dan motivasi banyak orang. Lin Dan merupakan satu di antara pebulu tangkis terbaik di dunia sepanjang sejarah.

Lin Dan menjadi bagian generasi emas tunggal putra dunia bersama Taufik Hidayat, Peter Gade, dan Lee Chong Wei. Namun, ketiga mantan kompetitornya tersebut telah lebih dulu gantung raket.

Baru-baru ini, Lin Dan memutuskan untuk undur diri dari dunia bulu tangkis profesional setelah 20 tahun menekuni olahraga yang dicintainya bersama tim nasional China tersebut.

Legenda bulu tangkis dunia asal China tersebut resmi mengumumkan pensiun sebagai pemain profesional pada Sabtu (4/7/2020). Lin Dan gantung raket pada usia 36 tahun.

Sepanjang menjadi pebulu tangkis profesional, Lin Dan banyak menorehkan gelar bergengsi. Lin Dan berhasil meraih dua medali emas Olimpiade (2008 dan 2012), lima gelar Kejuaraan Dunia, dan enam titel All England.

Sederet prestasi yang ditorehkan Lin Dan tersebut pastinya membuat banyak orang terinspirasi dengan kesuksesannya. Selain itu, Lin Dan juga kerap melontarkan kata-kata bijak yang inspiratif.

Banyak kata-kata bijak dari Lin Dan yang penuh makna dan bisa menjadi inspirasi banyak orang yang ingin sukses, khususnya di dunia bulu tangkis.

Berikut ini Bola.com menyajikan, kata-kata bijak Lin Dan, seperti dilansir dari Brainy Quote, Selasa (14/7/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Lin Dan

FOTO: Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Gantung Raket
Lin Dan bereaksi saat bertanding melawan Chen Long dalam turnamen bulu tangkis Fuzhou China Open di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, 6 November 2019. Karier bulu tangkis pria yang kini berusia 36 tahun tersebut benar-benar bergelimang gelar. (STR/OSPORTS/AFP)

1. "Bulu tangkis bukan hanya soal menang. Yang penting bagi saya adalah bekerja keras, melakukan yang terbaik dan menampilkan permainan yang bagus untuk penonton."

2. "Saya suka bulu tangkis, dan mewakili China adalah suatu kehormatan bagi saya."

3. "Kamu tidak hanya membutuhkan keterampilan dan bakat, kamu juga membutuhkan keberuntungan."

4. "Saya bukan jenius; Saya hanya bekerja keras seperti rekan tim saya yang lain, dan saya percaya semua rekan tim saya bisa memenangkan gelar karena mereka juga bekerja keras."

5. "Sukses tidak dinilai hanya dengan keberhasilan dalam kejuaraan tertentu."

6. "Tentu saja sudah ada banyak orang yang menyukai bulu tangkis di China. Saya berharap lebih banyak orang asing, Amerika, dan negara-negara lain dapat masuk ke olahraga ini."

7. "Tidak ada rahasia. Ini semua tentang melakukan hal yang sama berulang kali. Ini semua tentang melakukan yang terbaik setiap hari."

8. "Saya telah bekerja sangat keras untuk mencapai ini semua. Jika orang lain juga bekerja keras, mereka juga bisa meraih sebanyak mungkin."

9. "Sulit untuk memilih satu pemain, karena saya bertujuan untuk memberikan yang terbaik melawan setiap pemain yang saya mainkan sejauh ini."

10. "Setiap kali saya tidak bermain, saya berlatih lebih keras agar tetap bugar."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Lin Dan

FOTO: Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Gantung Raket
Lin Dan bereaksi setelah mengalahkan Sameer Verma dalam dalam kejuaraan bulu tangkis World Championships di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, 1 Agustus 2018. Lin Dan mengumumkan pensiun sebagai pebulu tangkis. (Johannes EISELE/AFP)

11. "Saya berharap dengan sepenuh hati bahwa bulu tangkis akan menjadi populer dan dihormati seperti tenis suatu hari nanti."

12. "Pada setiap kejuaraan Olimpiade, apa pun bisa terjadi dan tidak dapat diprediksi siapa pun. Jadi, saya melakukan yang terbaik untuk menang."

13. "Saya perlu berlatih setiap hari untuk menjadi yang terbaik untuk memenangkan emas."

14. "Saat bertanding, Anda harus memberikan semuanya untuk mengalahkan lawan. Tak peduli bermain melawan pemain hebat atau tidak hebat. Saya memperlakukan mereka semua sebagai lawan dan bertujuan untuk mengalahkan mereka."

15. "Saya tidak pernah menganggap pemain sebagai pesaing saya; masing-masing dari mereka baik dan berbakat, dan tugas saya adalah mengalahkan mereka. "

16. "Saya berlatih 8-9 jam sehari dan akan memberikan pukulan terbaik saya."

17. "Setiap atlet profesional semuanya ingin memenangkan gelar."

18. "Tentu saja setiap pemain ingin beralih dari yang baik ke yang lebih baik, tetapi orang tidak boleh terobsesi dengan itu."

19. "Ketika kamu sepenuhnya fokus dalam pertandingan, kamu tidak terlalu memikirkan atmosfer dan iklim. Bahkan jika suhunya naik, kami berdua akan berkeringat sama."

20. "Aku hanya ingin memainkan permainanku."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak Lin Dan

FOTO: Legenda Bulu Tangkis China Lin Dan Gantung Raket
Lin Dan mengembalikan kok saat bertanding melawan Chen Long dalam turnamen bulu tangkis Fuzhou China Open di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, 6 November 2019. Tim bulu tangkis nasional China menyetujui keputusan Lin Dan untuk pensiun. (STR/OSPORTS/AFP)

21. "Saya berharap untuk bermain dengan baik dan menjadi lebih baik dan lebih baik."

22. "Saya akan menganggap setiap pertandingan dengan serius dan menghormati setiap lawan."

23. "Ketika saya memutuskan untuk kembali, saya ingin membuktikan kepada seluruh dunia bahwa saya masih yang terbaik."

24. "Saya senang dengan kebugaran yang saya miliki."

25. "Saya berharap dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya."

26. "Medali emas dari kejuaraan dunia dan pertandingan nasional membuktikan efisiensi latihan harian saya."

27. "Aku tidak lagi muda, tapi aku masih menikmati kompetisi dan perasaan itu."

28. "Sulit untuk bersaing dengan olahraga lain. Badminton adalah olahraga yang, jika dibandingkan dengan sepak bola dan tenis, masih membutuhkan promosi."

29. "Kompetisi beregu merupakan prioritas saya."

30. "Saya telah bermain melawan banyak pemain, tetapi saya akan selalu menganggap Lee Chong Wei sebagai pesaing terberat saya."

 

Sumber: Brainy Quote

Lanjutkan Membaca ↓