Sukses


Gabut dan 29 Singkatan Gaul yang Sering Dipakai Anak Zaman Now beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Akhir-akhir ini kamu mungkin sering mendengar ucapan seperti 'baper', 'gabut', hingga 'bucin'. Belakangan ini, kata-kata itu telah menjadi bahasa gaul yang kian tren di kalangan anak muda.

Ketika sedang nongkrong atau kumpul dengan teman-teman, pasti kamu juga sering mendengar atau mendapatkan singkatan bahasa gaul tersebut.

Dengan berkembangnya teknologi dan peran dari media sosial, singkatan gaul menjadi makin menjamur di kalangan para anak muda dan pengguna sosial media.

Sebagian besar dari mereka tentu tidak ingin merasa ketinggalan zaman. Dengan begitu, kata-kata ini sering kali digunakan oleh kalangan anak muda dan pengguna media sosial.

Penggunaan bahasa gaul sering dipakai oleh anak-anak zaman now, terutama dari generasi milenial dan generasi Z. Singkatan gaul ini juga bisa memudahkan kaum muda untuk menyampaikan sesuatu. 

Bahasa-bahasa gaul yang muncul itu tidak baku dan tidak terdapat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun, menjadi ngetren dan kerap digunakan oleh para anak muda lantaran lebih santai dan luwes untuk dipakai berkomunikasi maupun menyampaikan suatu maksud tertentu.

Lalu, seperti apa bahasa gaul yang dipakai anak zaman now yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk penggunaan di media sosial.

Berikut ini beberapa kata singkatan gaul yang dipakai sehari-hari oleh anak muda zaman now beserta artinya, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (21/7/2020).

2 dari 6 halaman

Singkatan Gaul

1. Baper adalah singkatan gaul istilah dari bawa perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

2. Bucin adalah singkatan gaul dari istilah budak cinta. Istilah ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta.

3. Gabut adalah istilah yang menggambarkan pada perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa.

4. Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. Gercep adalah singkatan gaul istilah dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

6. Halu adalah singkatan gaul istilah dari halusinasi. Istilah yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

3 dari 6 halaman

Singkatan Gaul

7. Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi.

8. Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka.

9. Mager adalah singkatan gaul istilah dari malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

10. Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

11. Pansos adalah singkatan gaul istilah dari panjat sosial. Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

12. AFK adalah singkatan gaul istilah dari Away From Keyboard. Istilah digunakan bagi para pemain mobile gaming.

4 dari 6 halaman

Singkatan Gaul

13. ASAP adalah singkatan gaul istilah dari As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

14. AKA adalah singkatan gaul istilah dari As Known As atau dikenal juga alias.

15. BTW adalah singkatan gaul istilah dari By The Way. Istilah ini juga dikenal dengan istilah ngomong-ngomong.

16. CMIIW adalah singkatan gaul istilah dari Correct Me If I’m Wrong. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia CMIIW dapat berarti koreksi jika saya salah.

17. COD adalah singkatan gaul istilah dari Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah bayar di tempat.

18. DM adalah singkatan gaul istilah dari Direct Message. DM adalah fitur pesan yang dikirim langsung di aplikasi Instagram dan Twitter.

5 dari 6 halaman

Singkatan Gaul

19. DIY adalah singkatan gaul istilah dari Do It Yourself, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

20. FYI adalah singkatan gaul istilah dari For Your Information, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah informasi atau asal kamu tahu.

21. GGWP adalah singkatan gaul istilah dari Good Game Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

22. GWS adalah singkatan gaul istilah dari Get Well Soon, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah semoga cepat sembuh.

23. Kepo adalah singkatan gaul istilah dari Knowing Every Particular Object. Istilah ini ditunjukkan bagi orang yang serba-ingin tahu.

24. LOL adalah singkatan gaul istilah dari Laugh Out Loud, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah tertawa terbahak-bahak.

6 dari 6 halaman

Singkatan Gaul

25. LMAO adalah singkatan gaul istilah dari Laughing My Ass Off, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah tertawa ngakak.

26. OOTD adalah singkatan gaul istilah dari Outfit of The Day. Kata ini menjelaskan apa paduan pakaian satu badan yang digunakan hari ini di unggahan media sosial.

27. OTW adalah singkatan gaul istilah dari On The Way, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah sedang di jalan atau perjalanan.

28. OMG adalah singkatan gaul istilah dari Oh My God atau artinya Ya Tuhan.

29. PAP adalah singkatan gaul istilah dari Post a Picture.

30. XOXO adalah singkatan gaul istilah dari Hugs and Kisses atau artinya peluk dan cium.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 25/5/2020)

Video Populer

Foto Populer