8 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Oleh Alfi Yuda pada 24 Jul 2020, 13:20 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 13:20 WIB
Melakukan Senam
Ilustrasi Melakukan. Senam Credit: freepik.com

Bola.com, Jakarta - Kamu pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah senam aerobik. Senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu.

Kegiatan ini merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Rangkaian gerakan dari senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.

Senam aerobik dikenal pula dengan istilah kardio. Kebanyakan, senam aerobik dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Secara umum, senam aerobik adalah olahraga yang menitikberatkan untuk meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh dan pikiran kita.

Olahraga ini dapat dilakukan dalam intensitas ringan hingga sedang. Masih banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan dari rutin melakukan senam aerobik. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Berikut manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari Healthline, Jumat (24/7/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik

Ilustrasi berat badan
Ilustrasi berat badan. (iStock)

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapat dari melakukan senam aerobik adalah untuk menurunkan berat badan. Sebab, olahraga ini bisa membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak.

Senam aerobik membuatmu menggerakkan seluruh tubuh. Lakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, maka jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak.

Olahraga ini efektif dalam menurunkan berat badan, tentu saja diimbangin dengan pola makan sehat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

American Heart Association menyatakan bahwa bagi yang memiliki riwayat penyakut jantung, sangat dianjurkan untuk melakukan senam aerobik. Sebab, senam aerobik mampu menguatkan jantung dengan memacunya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan kerja jantung sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak. Hal ini dapat memperlancar peredaran darah agar tidak menumpuk pada pembuluh darah sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik

Stres
Ilustrasi Stres. (iStockphoto)

3. Mengurangi stres

Selain bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung, melakukan senam aerobik bisa meredakan atau mengatasi stres yang melanda. Senam aerobik bisa membuat kamu lebih bahagia karena tubuh akan menghasilkan hormon endorfin.

Hormon endorfin zat kimia seperti morfin, yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif.

Ketika kamu melakukan olahraga ini, terbukti mampu untuk meningkatkan percaya diri dan juga fungsi otak sehingga menurunkan kemungkinan depresi.

4. Menjaga kesehatan otot

Gerakan aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh. Tentunya olahraga ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan ototmu.

Aliran darah yang lebih lancar dan suplai oksigen ke otot yang lebih lancar juga membantu otot terhindar dari asam laktat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik

Waktu tidur
Ilustrasi waktu tidur. (iStockphoto)

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Science Direct menyatakan bahwa rutin berolahraga senam aerobik bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki gangguan tidur, seperti insomnia.

Lakukan selama 16 minggu, bisa mengurangi tingkat keparahan insomnia kronis melalui aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur. Meski begitu, tetap perhatikan waktu olahraga yang tepat agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Jangan berolahraga dengan jarak yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Pasalnya, hal tersebut justru membuat kamu lebih sulit untuk tertidur.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat selanjutnya dari olahraga senam aerobik adalah mampu membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik. Seperti diketahui, laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori.

Jika kalori tidak digunakan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berolahraga senam aerobik bisa bantu membakar kalori yang ada dalam tubuh.

Kamu bisa menerapkan berbagai gerakan senam aerobik sederhana di rumah, seperti rocket jump, squat jump, squat, hingga burpee yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali.

5 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik

Backfill-Bola-6
Backfill-Bola-6

7. Menguatkan sistem imun tubuh

Rutin berolahraga senam aerobik bisa menguatkan sistem imun tubuh. Menurut penelitian Pennsylvania State University, orang yang rajin melakukan olahraga tersebut memiliki jumlah immunoglobin yang banyak.

Kandungan immunoglobin merupakan satu di antara jenis antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari serang berbagai macam penyakit. Dengan begitu, senam aerobik bisa menjadi satu di antara jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.

8. Menambah stamina

Ketika kamu tidak memiliki stamina yang prima, tubuhmu rentan terjangkit berbagai penyakit. Meski melelahkan, melakukan olahraga ini secara rutin dapat meningkatkan stamina.

Selain itu, dengan melakukan senam aerobik, kamu akan lebih segar dan tidak mudah sakit. Hal ini dapat membuat kamu lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

 

Sumber: Healthline

Lanjutkan Membaca ↓