Sukses


Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar untuk Berbagai Kegiatan

Bola.com, Jakarta - Proposal pengajuan dana dapat kamu jadikan sebagai sarana untuk mencari sumber dana bagi acara atau kegiatan yang akan kamu buat.

Dengan mengajukan atau memberikan proposal pengajuan dana pada calon sponsor, akan membuat mereka lebih yakin untuk memberikan sejumlah dana yang telah kita ajukan.

Selain untuk memberikan dana bagi sebuah kegiatan, proposal ini juga dapat digunakan untuk pengajuan dana bagi modal usaha dan layanan masyarakat.

Di dalam sebuah proposal pengajuan dana yang baik dan benar biasanya terdapat berbagai rincian seperti tujuan pengajuan dana, jumlah dana yang diajukan, dan berbagai daftar lainnya.

Dalam pembuatannya juga harus jelas dan realistis, sehingga orang atau perusahaan yang diberi pengajuan mempercayai proposal yang kamu kirimkan.

Jika kamu ingin membuat proposal pengajuan dana namun tidak begitu mengerti cara pembuatannya, berikut contoh proposal pengajuan dana, seperti dirangkum dari Bukabukumu dan Rumus, Rabu (29/7/2020).

2 dari 5 halaman

Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan

Proposal Pengajuan Dana ke PT Biofarma

I. PENDAHULUAN

Sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung, Teras Cihampelas memiliki daya tarik yang sangat kuat baik bagi pembeli maupun penjual. Satu di antara daya tarik yang ditawarkan oleh Teras Cihampelas adalah banyaknya para pelaku usaha yang menawarkan berbagai macam produk unggulan, seperti kaos souvenir, tas, oleh oleh khas Bandung, dan kuliner.

Banyaknya pelaku usaha yang berlomba-lomba menarik konsumen dengan berbagai macam cara, membuat sebagian pelaku usaha yang lain meredup dan harus mempunyai inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha yang lain. Namun, tak jarang, sebagian dari pelaku usaha tersebut memiliki kendala, satu di antaranya kendala modul usaha yang terbatas. Maka dari itu, melalui proposal ini saya mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha keluarga saya di Teras Cihampelas

II. LATAR BELAKANG

Selain banyaknya pelaku usaha yang menjual produk yang sama di Teras Cihampelas, satu di antara maksud saya mengajukan proposal ini adalah ingin membantu keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Saya adalah seorang laki-laki berusia 24 tahun dan bersama adik saya yang saat ini duduk di bangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas, tinggal bersama keluarga bibi saya di sebuah rumah kontrak di Jl. Cihampelas GG Cimaung RT. 07/07, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, semenjak ayah dan ibu kandung saya meninggal dunia.

Dalam keseharian kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, Alhamdulillah masih bisa tercukupi. Namun, saya merasa perlu berusaha lebih karena kebutuhan hidup makin hari makin tinggi. Maka atas dasar tersebut, saya bermaksud membantu keluarga bibi saya dengan mengajukan sebuah proposal permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk mengembangkan usaha di Teras Cihampelas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggota keluarga.

IV. USAHA

Jenis usaha yang kami ajukan untuk bantuan modalnya adalah usaha mie kocok Bandung, yang memang di sekitar tempat kami berjualan belum banyak sehingga saya merasa ini merupakan sebuah peluang bagi kami dalam menciptakan sebuah inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha lain. Selain itu, usaha mie kocok tersebut dapat ditunjang dengan produk minuman seperti, air mineral, kopi, dan lain-lain.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir

VI. PENUTUP

Besar harapan saya agar permohonan saya dapat dipertimbangkan untuk kemudian direalisasikan. Semoga niat dan usaha baik ini mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa. 

3 dari 5 halaman

Contoh Proposal Pengajuan Dana Ke Perusahaan

Proposal Bantuan Dana Usaha

I. LATAR BELAKANG

Secara geografis Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) terletak di pesisir pantai yang lautnya memiliki beragam biota laut baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Mata pencaharian penduduknya banyak yang lebih terfokus pada pembudidayaan ikan hias skala rumah tangga, selain juga ada yang menekuni pekerjaan lain seperti berkebun, beternak, dan lainnya. 

Khusus bagi masyarakat /penduduk yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias, satu permasalahan kerap terjadi adalah tatkala harga bibit terjun bebas sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional yang dikeluarkan sangat tidak berimbang.

Hal ini terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain karena over produksi, faktor alam, dan faktor-faktor lainnya. Akibat dari permasalahan tersebut banyak para pekerja dan pemilik dari usaha budidaya tersebut beralih profesi bahkan eksodus ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan baru. 

II. TUJUAN

Secara singkat, dapat kami paparkan tujuan dibentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) sebagai berikut :

  1. Meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi, dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat  penangkapan yang memadai.
  2. Mengubah pola pikir setiap anggota, dari menangkap ikan sebagai pekerjaan sambilan menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan.
  3. Sebagai media informasi dan bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok nelayan serta dibangunnya balai kelompok nelayan yang refresentatif, di. mana sebelumnya masing-masing anggota berjalan sendiri-sendiri.
  4. Memupuk rasa kerja sama dan solidaritas sesama nelayan.

III. KENDALA

Dari kegiatan penangkapan ikan konsumsi yang telah maupun akan dilaksanakan, ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga keinginan untuk lebih memaksimalkan hasil tangkapan masih jauh dari harapan.

Kendala-kendala tersebut antara lain :

  1. Tidak tersedianya fasilitas penunjang yang semestinya dimiliki, antara lain: Jaring penangkap ikan, perahu viber, genset, maupun mesin dorong
  2. Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang tersebut di atas, oleh karena seluruh anggota kelompok adalah masyarakat yang penghasilannya pas-pasan

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK NELAYAN

Terlampir

 V. PENUTUP

Sebuah keinginan besar ingin dicapai lewat terbentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Banjar Dinas (Nama Desa/Alamat) serta dengan adanya fasilitas dan alat-alat penunjang penangkapan ikan konsumsi, yakni agar bagaimana kesejahteraan anggota kelompok khususnya serta masyarakat pada umumnya bisa meningkat.

4 dari 5 halaman

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Sekolah

Proposal Kegiatan Sekolah

A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 2 Wonosari dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema "Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif, dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan". Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA N 2 Wonosari menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif, caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.

D. Maksud dan Tujuan

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk pelaksaan kegiatan yang akan dilakukan di SMA N 2 Wonosari.

E. Macam-Macam Kegiatan

  • • Teater
  • • Pagelaran music band
  • • Sendra tari
  • • Drama kolosal
  • • Seni islami
  • • Pertunjukan pencak silat
  • • Stand up comedy

F. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI, dan XII SMA N 2 Wonosari.

G. Waktu dan Tempat

1. Pentas drama kolosal dan teater

Hari/tanggal: Kamis, 28Oktober 2017. Pukul: 17.00-20.00 WIB. Tempat: Lapangan upacara SMA N 2 Wonosari.

2. Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat

Hari/tanggal: Jumat, 29 Oktober 2017. Pukul: 17.00-20.00 WIB. Tempat: Lapangan upacara SMA N Wonosari.

3. Pentas stand up comedy dan music band

Hari/tanggal: Sabtu, 30 Oktober 2017. Pukul: 08.00-15.00 WIB. Tempat: Aula SMA N Wonosari.

H. Susunan Panitia

Terlampir

I. Anggaran Dana

Terlampir

5 dari 5 halaman

Contoh Proposal Pengajuan Dana Transportasi

A. Latar Belakang

Futsal merupakan satu di antara jenis olahraga yang cukup populer di kalangan para pelajar mahasiswa setelah sepak bola, bulu tangkis, dan voli. Karena itu beberapa tahun belakangan ini kami mendirikan Persatuan Mahasiswa Jakarta, yang menampung seluruh mahasiswa dari berbagai universitas untuk ikut berlatih dan mengasah kemampuan di bidang futsal.

Di setiap universitas memang memiliki lapangan futsal khusus yang memiliki jumlah dan ukuran yang terbatas. Sementara itu, kami membutuhkan lapangan di luar kampus yang independen, khusus untuk berlatih dan bisa dipakai untuk bertanding oleh para pelajar mahasiswa agar lebih bebas dan leluasa.

Fasilitas ini sangat penting demi menunjang keberlangsungan latihan dan sebagainya. Terlebih, menjelang Piala Indonesia yang akan dimulai tahun mendatang sehingga tim-tim membutuhkan memerlukan latihan yang maksimal dengan membutuhkan berbagai fasilitas dan perlengkapan.

Latihan saja itu tidak cukup kalau tidak dengan fasilitas, seperti lapangan yang mendukung dan bola. Selain itu, regenerasi juga sangat penting demi melanjutkan bakat-bakat yang sudah ada dan sudah mulai pensiun.

Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut mengingat usai para anggota yang masih sangat muda, yaitu mulai 19 tahun ke atas.

Dengan demikian, prestasi futsal Jakarta tidak akan berhenti pada satu titik saja.

B. Nama Organisasi

Organisasi ini diberi nama "Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta" atau bisa disingkat dengan sebutan (PFMJ).

C. Maksud dan Tujuan

Adanya organisasi ini pastinya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri bagi para mahasiswa, khususnya bagi yang ikut gabung. Adapun tujuan tersebut antara lain:

  1. Sebagai upaya regenerasi pemain futsal profesional di masa mendatang.
  2. Memberikan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki bakat di bidang futsal serta bisa mengembangkannya.
  3. Ikut serta dalam memajukan olahraga futsal di bumi Jakarta.
  4. Membantu memberikan fasilitas yang cukup bagi mereka.

D. Sasaran

PFMJ mewadahi semua mahasiswa Jakarta yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang futsal. Adapun usia minimal, yaitu 19 tahun.

E. Perincian Kegiatan

Pada kegiatan ini terdiri dari beberapa bagian seperti jangka tahunan yang diadakan setahun sekali dan merupakan satu di antrara program jangka panjang, di antaranya adalah:

  1. Pelatihan diadakan empat kali pertemuan dalam seminggu.
  2. Seleksi mahasiswa untuk mendapatkan anggota dan tim baru.
  3. Pembinaan selama satu bulan.
  4. Pertandingan percobaan
  5. Evaluasi hasil laga percobaan
  6. Pemusatan pelatihan menjelangnya diadakan pertandingan khusus.

F. AD/ART dan GBHK Organisasi

Terlampir

G. Anggaran Dana

Terlampir

H. Penutup

Demikian proposal sejarah ini kami ajukan. Besar harapan kami, organisasi dapat berkembang dan berkontribusi dengan maksimal untuk dunia olahraga Jakarta dan bermanfaat bagi para mahasiswa yang berbakat.

Akhir kata, kami selaku organisasi Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut berpartisipasi. Semoga selalu diberikan bimbingan oleh Tuhan dan kekuatan serta perlindungan bagi kita semua.

 

                                                                                                                                            Jakarta, 21 Agustus 2020

 

Ketua Organisasi                                                    Sekertaris Jendral

 

(TTD)                                                                        (TTD)

Abi Maya                                                                  Iqbal Maulana

 

 

 

Sumber: Bukabukumu,  Rumus

Video Populer

Foto Populer