Sukses


Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Bola.com, Jakarta - Surat penawaran atau quotation merupakan hal lumrah dalam memperkenalkan prodok-produk terbaru kepada pelanggan lama. Hal ini merupakan satu di antara trik dalam mempromosikan produk baru agar terjual dengan lebih mudah.

Dalam bisnis, surat penawaran dikenal sebagai dokumen tertulis yang diberikan kepada pelanggan untuk memberikan informasi mengenai produk-produk unggulan sebuah perusaahaan.

Tujuan awal dari quotation memang menjelaskan produk baru, namun tidak dimungkiri juga untuk penjualan. Quotation bisa diberikan untuk berbagai bidang bisnis, mulai penawaran produk maupun jasa.

Namun, seperti apa bentuk surat penawaran yang baik dan benar? Hal ini menjadi penting bagi perusahaan yang baru pertama berdiri dan mencoba merambah pasar.

BerikutĀ ini contoh surat penawaran beserta ciri-cirinya dikutip dari Paper, Jumat (31/7/2020).

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Surat Penawaran

Sebelum membuat surat penawaran, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Surat penawaran harus menggunakan bahasa formal dan mengandung beberapa hal berikut:

  1. Quotation berbentuk surat yang digunakan dengan bahasa formal serta menggunakan kop surat. Hal itu penting untuk menjaga profesionalitas di antara kedua pihak.
  2. Surat yang dikirimkan murni berisi penawaran dengan menjelaskan detail produk dan harga yang diberikan (potongan harga menjadi opsi lanjutan).
  3. Struktur pembuatan quotation rapi sehingga tidak membingungkan bagi pihak kedua untuk menerima informasi penawaran barang atau jasa.
3 dari 3 halaman

Contoh Surat Penawaran

PT. Maju Jaya Cemerlang

Perlengkapan Furniture dan Alat Kerja Perkantoran

Jl. Hidup Raya no.50, Sumatra Barat

Ā 

Nomor: 001/032/xx9

Lampiran: 1 Halaman

Perihal: Surat Penawaran Barang

Ā 

Kepada Yth.

Bapak/ibu Direktur PT. Aman Sejahtera

Di Tempat

Ā 

Bersama surat ini, kami dari PT. Maju Jaya Cemerlang bermaksud untuk berterima kasih terhadap kesetiaan Anda dalam menggunakan produk furniture dari perusahaan kami. Selain itu, kami bermaksud untuk menawarkan produk terbaru kami.

Produk terbaru yang kami tawarkan adalah meja panjang untuk kegiatan bekerja para pegawai. Menggunakan kayu dari pohon jati, meja terbaru ini bisa tahan lama lebih dari 10 tahun. Spesifikasinya bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Merk: Meja NXL
  • Jenis Barang: Meja Kerja
  • Harga: Rp 8 juta
  • Cara Pembayaran: Kredit/Debit

Kami berharap bapak atau ibu berminat dan tertarik untuk menggunakan produk terbaru kami. Sebagai bentuk loyalitas perusahaan Anda, kami akan memberikan potongan harga 15% apabila ingin membelinya saat ini.

Informasi lebih lanjut mengenai produk terbaru bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi kami.

Atas perhatiannya, kami ingin mengucapkan terima kasih atas waktunya.

Ā 

Hormat Saya,

Ā 

PT. Maju Jaya Cemerlang

Ā 

Ā 

Sumber: Paper

Video Populer

Foto Populer