7 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani yang Perlu Diketahui

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 02 Agu 2020, 13:29 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 13:29 WIB
ilustrasi senam aerobik/unsplash
ilustrasi senam aerobik/unsplash

Bola.com, Jakarta Ada banyak sekali tujuan utama latihan kebugaran jasmani. Bagi yang belum tahu, Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang diterima karena melakukan kegiatan sehari-hari.

Jadi, kebugaran jasmani bisa dibilang suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi seseorang agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Dengan kesehatan jasmani yang bagus seseorang bisa menimbang kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya.

Jadi, makin sering olahraga justru membuat Anda menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh Anda bisa lebih meningkat.

Tak hanya itu, kebugaran jasmani juga berguna untuk merawat kulit. Orang yang terbiasa melakukan olahraga biasanya memiliki kulit yang terlihat lebih kencang dan sehat.

Selain bisa menjaga daya tahan tubuh, masih ada beberapa tujuan dari latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Dengan memahami tujuan latihan kebugaran jasmani, maka setiap orang yang melakukannya mempunyai target tersendiri yang bisa dicapai.

Berikut ini Bola.com merangkum dari Mayo Clinic via Merdeka.com, Minggu (2/8/2020), tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui.

 

 

 

 

 

 

 

2 dari 8 halaman

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang pertama alah untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Jadi, aktivitas olahraga yang dilakukan dengan rutin bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi risiko terserangnya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke.

Tak hanya itu, melakukan latihan kebugaran jasmani juga bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang lain. Mulai dari sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, kecemasan, radang sendi hingga berbagai risiko penyakit kanker.

3 dari 8 halaman

2. Berdampak Baik Bagi Aktivitas Seksual

Tujuan latihan kebugaran jasmani berikutnya ternyata bisa memberikan efek positif bagi aktivitas seksual. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama dalam hal penampilan fisik.

Hal tersebut tentu saja dapat memberikan pengaruh baik pada kehidupan seksual yang dimiliki. Selain itu, aktivitas olahraga juga dapat meningkatkan gairah bagi para wanita.

Sementara bagi laki-laki yang rutin berolahraga secara teratur cenderung memiliki masalah disfungsi ereksi yang lebih sedikit dibanding pria yang tidak berolahraga. Kondisi tersebut menjadi satu di antara tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui dan tidak boleh diabaikan.

4 dari 8 halaman

3. Membangun dan Mempererat Hubungan Sosial yang Baik

Tujuan latihan kebugaran jasmani yang ketiga ialah untuk membangun hubungan sosial yang baik. Dalam hal ini, aktivitas olahraga yang dilakukan bersama keluarga atau teman justru bisa membuat hubungan sosial semakin erat.

Kemudian latihan kebugaran tersebut juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama. Anda bisa mengikuti kelas dansa atau senam, mendaki, sepak bola, atau kegiatan olahraga lainnya yang bisa dilakukan oleh banyak orang.

5 dari 8 halaman

4. Kualitas Tidur Jadi Lebik Baik

Tujuan latihan kebugaran jasmani yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Jadi, aktivitas fisik yang teratur ternyata dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang semakin baik. Kendati demikian, sebaiknya menghindari aktivitas olahraga di jam-jam menjelang waktu tidur.

Jika hal tersebut diabaikan, justru bisa membuat Anda akan terus terjaga dan susah untuk tidur.

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Tujuan latihan kebugaran jasmani berikutnya tidak lain adalah untuk meningkatkan energi tubuh. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa aktivitas berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.

Pada kondisi tersebut, tubuh akan memeroleh lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Tak hanya itu, olahraga kebugaran jasmani juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat, bugar, kuat dan tentunya jauh dari berbagai macam penyakit dan virus.

7 dari 8 halaman

6. Mengontrol Berat Badan

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani ialah untuk mengontrol berat badan. Dalam hal ini, latihan kebugaran jasmani bisa membantu Anda untuk aktif melakukan kegiatan fisik.

Semakin sering melakukan aktivitas fisik, maka semakin banyak pula kalori dalam tubuh yang bisa terbakar. Hal tersebut tentu saja sangat baik dan berguna, terutama bagi Anda yang tidak ingin berat badannya naik.

Kemudian olahraga kesehatan jasmani juga bisa membantu menjaga berat badan yang dimiliki tetap ideal.

Sementara, bagi orang-orang yang sibuk bisa meluangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk berolahraga. Jadi, olahraga setiap hari bukan suatu keharusan untuk dilakukan.

Asal bisa meluangkan waktu beberapa kali secara rutin, maka tujuan latihan kebugaran jasmani pun masih bisa tercapai dan didapatkan dengan baik.

8 dari 8 halaman

Meningkatkan Suasana Hati

Tujuan latihan kebugaran jasmani yang terakhir ialah untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Sekadar informasi, dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dapat merangsang berbagai senyawa kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia.

Selain itu, dengan berolahraga tubuh juga menjadi lebih rileks, dan rasa kecemasan hati dan pikiran dapat berkurang. Hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh baik pada penampilan fisik. Dengan begitu, rasa kepercayaan diri semakin meningkat.

 

Sumber: Mayo Clinik

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti Prabandari. Published: 24/6/2020).

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr