30 Kata-kata Bijak tentang Musibah, Bisa Menenangkan Pikiran

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 02 Agu 2020, 14:44 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 15:07 WIB
depresi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/aslysun

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang musibah bisa membuatmu tenang saat masalah datang. Setiap orang pasti pernah merasakan berbagai cobaan dan musibah dalam menjalani proses kehidupan.

Kata sabar terkadang menjadi ungkapan yang sering terucap saat seseorang terkena cobaan hidup. Mudah memang mengatakan sabar saat mendapat musibah.

Namun, sabar bisa dibilang susah untuk dipraktikkan. Terlebih buat orang-orang yang gampang atau mudah tersulut emosinya.

Sebagian orang mengatakan jika sabar ada batasnya, namun ada pula yang mengatakan jika sabar tak ada batasnya. Tentu hanya orang-orang berjiwa besar dan lapang yang mampu menerapkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari.

Saat musibah datang, sebisa mungkin menenangkan hati dan pikiran. Tak hanya itu, kamu juga bisa membaca kata-kata bijak tentang musibah yang mungkin bisa menenangkan pikiran.

Kemudian dengan membaca kata-kata bijak tentang musibah, bisa memberikan energi positif dan mengembalikan mood untuk kembali menjalani aktivitas.

Berikut ini kata-kata bijak tentang musibah seperti dilansir dari Sepositif, MutiaraIslam, Juproni, Kosngosan, Minggu (2/8/2020).

 

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Musibah

Depresi (iStock)
Ilustrasi depresi. (iStockphoto)

1. "Hadapilah nikmat dengan syukur dan terimalah musibah dengan rasa sabar."

2. "Jadikan cobaan sebuah pelajaran, jangan pernah mengeluh karena kesusahan, karena disitu kita diajarkan untuk menjadi orang yang sabar."

3. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang yang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

4. "Jika kebahagiaan membuat kamu tersenyum. Maka musibah membuat kamu menangis agar bisa tersenyum dengan lebih lebar dikemudian hari."

5. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat mendapatkan musibah. Tapi sabar adalah tingkah laku untuk menjaga kebaikan saat musibah datang."

6. "Dalam musibah itu terdapat empat seni, yaitu mencari pahala dari Allah, berkawan dengan kesabaran, berdzikir dengan baik, dan menunggu kelembutan dari Allah SWT."

7. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian."

8. "Musibah tercipta bersamaan dengan jalan keluar. Jangan fokus pada cobaannya tapi fokuslah pada jalan keluarnya."

9. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah.

10. "Ujian atau cobaan akan membawamu semakin dekat kepada Allah atau justru menjauhkan kamu dari Allah, pilihan ada di tangan kamu." – Boona Mohammed

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Musibah

Rentan Mengalami Gangguan Kecemasan dan Depresi
Ilustrasi Gangguan Kecemasan saat Rebahan Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

11. "Tidak semua musibah adalah azab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya."

12. "Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Dan ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya." – Hadis

13. "Jangan biarkan musibah yang menimpa menghancurkan hidupmu. Dengan sabar dan iman, kamu harus bisa melewatinya dan menjadi orang yang lebih baik." – Mufti Ismail Menk

14. "Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu semakin dekat kepada Allah itu lebih baik dari pada nikmat yang membuatmu semakin menjauh dari Allah." – Dr. Bilal Philips

15. "Musibah dalam harta lebih ringan daripada musibah dalam kehormatan."

16. "Orang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap musibah, sedangkan orang pesimis melihat musibah dalam setiap kesempatan."

17. "Jadikan musibah semakin membuat kita mendewasakan diri, semakin meninggikan derajat di sisi Tuhan dan semakin menguji iman kita."

18. Jangan memohon pada Tuhan untuk meringankan musibah yang ada, tapu berdoalah pada Tuhan untuk memberikanmu kekuatan untuk dapat melaluinya."

19. "Apapun itu, musibah, kekalahan, kegagalan, tidak akan menjadi sesuatu yang buruk. Tapi, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

20. "Musibah itu mengecil jika dirahasiakan, membesar jika dikeluhkesahkan, terurai jika diadukan pada Allah, merumit jika diumbar pada manusia."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Musibah

[Fimela] Depresi
Ilustrasi Depresi | unsplash.com/@anthonytran

21. "Ketika musibah datang, selesaikan dengan cepat sebelum menjadi lebih buruk atau kekhawatiranmu justru membuatnya makin rumit."

22. "Musibah hanya datang pada orang-orang yang memang mampu memikulnya."

23. "Ketidaksabaran atas suatu musibah adalah musibah yang sebenarnya dan kesyukuran atas suatu karunia adalah karunia yang sebenarnya."

24. "Musibah terbesar yang dialami manusia bukanlah tsunami atau longsor, akan tetapi hilangnya rasa berjuang dan munculnya rasa ingin menyerah."

25. "Musibah adalah satu di antara momen dimana manusia bisa naik level ke tahap yang lebih baik apabila menghadapinya dengan sabar dan tabah."

26. "Ketika kamu bisa berjuang dan menghadapi musibah yang menghampirimu, maka sejatinya kamu adalah seseorang yang telah berhasil untuk membuktikan bahwa kamu adalah sosok yang kuat."

27. "Semua orang bisa menangis dan bersedih ketika menghadapi musibah dalam hidupnya, akan tetapi hanya orang-orang yang sukses saja yang bisa mengubah itu menjadi pelajaran dalam hidupnya."

28. "Hidup tidak selamanya flat atau datar, akan ada tebing dan terjal yang Menghadang. Musibah akan senantiasa menghampiri tergantung dari sebagaimana kita menghadapinya."

29. "Kekuatan terbesar dari seorang manusia bukanlah dari otot atau energinya, akan tetapi sebagaimana dia mengelola masalah dan musibah yang menimpanya."

30. "Jangan pernah menyerah, jangan bersedih dan berputus asa. Musibah dan bencana hanyalah bagian kecil dari perjalanan hidup kita yang panjang ini. Jadikan bencana ini sebagai pembelajaran penting yang bisa menjadikan kita manusia yang positif."

 

Sumber: Sepositif, MutiaraIslam, Juproni, Kosngosan

Lanjutkan Membaca ↓
Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr