Sukses


6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Membantu Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Buah naga merupakan satu di antara buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Biasanya buah satu ini dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan sup buah dan dijadikan olahan lain.

Buah naga memiliki bentuk unik. Kulitnya berwarna merah dan sedikit bersisik. Warna buahnya terdapat dua jenis, warna merah keunguan dan putih.

Jenis buah ini pertama kali dibudidayakan di Amerika Tengah. Namun, seiring berjalannya waktu, buah ini mulai dibudidayakan di negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Ada beberapa kandungan nutrisi dalam buah naga yang memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh, beberapa di antaranya serat, vitamin C, protein, dan kalsium.

Mengonsumsi buah naga secara rutin setiap hari dapat membantu Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan berlebih.

Lantas, apa saja manfaat dari buah naga? Berikut enam manfaat buah naga bagi kesehatan, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (7/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan, satu di antaranya akibat terlalu banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak.

Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mengonsumsi buah naga yang kaya akan serat sehingga membuat kenyang bertahan lama dan membantu Anda mengurangi asupan makanan berlebih.

Selain itu serat yang ada pada buah naga dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga tidak banyak makanan yang menumpuk di perut.

2. Membantu proses detoksifikasi

Melakukan detoksifikasi berati menghilangkan berbagai zat racun yang ada di dalam tubuh, yang disebabkan karena radikal bebas.

Dengan mengonsumsi buah naga yang kaya akan antioksidan, Anda dapat melakukan detoksifikasi dengan mudah karena sifat antioksidan secara ampuh melawan radikal bebas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

3. Mencegah Kanker

Seperti berbagai jenis buah yang berwarna merah lainnya, buah naga mengandung lycopene, zat yang membuat warna buah menjadi merah.

Zat ini berperan penting untuk membantu mencegah sel kanker di dalam tubuh manusia, yang biasanya diakibatkan oleh kerusakan sel karena radikal bebas.

4. Mencegah diabetes

Sifat antioksidan yang terdapat dalam buah naga dapat membantu mencegah munculnya penyakit diabetes militus yang biasanya disebabkan oleh sel jahat karena pola hidup yang tidak sehat.

Mengonsumsi buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kandungan gula alami dalam buah naga tidak terlalu tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

5. Membantu masalah pencernaan

Masalah pencernaan dapat muncul karena berbagai hal, satu di antaranya karena makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung zat berbahaya.

Untuk mengatasainya, Anda bisa mencoba secara rutin mengonsumsi buah naga. Hal tersebut karena serat yang terkandung dalam buah naga dapat membantu melarutkan zat berbahaya yang ada dalam tubuh.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti halnya buah-buah lainnya, buah naga kaya akan nutrisi dan vitamin, beberapa di antaranya vitamin A dan vitamin C.

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah naga, dapat membantu seseorang yang mengonsumsinya untuk memelihara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Bethari Taya. Published: 26/10/2017)

Video Populer

Foto Populer