Sukses


6 Manfaat Wedang Jahe Selain Menghangatkan Tubuh dan Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Manfaat wedang jahe bagi kesehatan memang belum banyak diketahui. Padahal, di balik rasa nikmat tegukannya, wedang jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Wedang jahe memberikan kehangatan bagi tubuh. Wedang ini paling nikmat ketika dikonsumsi dalam kondisi cuaca dingin atau saat musim hujan.

Selain menghangatkan tubuh, wedang jahe juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Wedang ini tidak memiliki efek samping dan aman dikonsumsi untuk semua kalangan.

Wedang jahe juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Berikut ini manfaat jahe selain menghangatkan tubuh dan cara membuatnya, seperti dirangkum dari Hellosehat, Rabu (12/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Wedang Jahe

1. Meredakan nyeri dan sakit

Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan keram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan, air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibanding hanya minum obat pereda nyeri saja.

2. Menghilangkan mual

Pamor jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness).

3. Melawan peradangan rematik dan osteoarthritis

Rutin minum air jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Satu penelitian menemukan jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wedang Jahe

4. Kaya antioksidan untuk perangi risiko penyakit kronis

Jahe kering adalah sumber antioksidan tinggi, yang berpotensi melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas. Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Radikal bebas ditengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington).

Satu penelitian menemukan bahwa minum air jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal. Radikal bebas juga menyebabkan penuaan dini.

5. Mengendalikan kadar gula darah diabetes

Sudah banyak penelitian yang melaporkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respons insulin pada penderita diabetes.

Sebuah penelitian menambahkan, di Iran ditemukan bahwa jahe mampu menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2, yang minum suplemen jahe, mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis.

6. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan, rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Studi lain juga menemukan jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe dalam penurunan berat badan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Wedang Jahe

  • Parut 1,5 sendok teh jahe segar.
  • Rebus 4 gelas air.
  • Tambahkan jahe ke dalam air.
  • Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit.
  • Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe.
  • Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin.

 

Sumber: Hellosehat

Video Populer

Foto Populer