Sukses


35 Kata-kata Park Ji-sung, Pemilik 3 Paru-paru yang Rendah Hati

Bola.com, Jakarta - Park Ji-sung boleh dibilang pesepak bola asal Korea Selatan yang paling dikenal. Park Ji-sung lahir pada 25 Februari 1981 di Seoul. Dia sudah gantung sepatu pada 14 Mei 2014.

Setelah pensiun sebagai pemain profesional, Park Ji-sung masih terlibat dengan sepak bola. Dia mengelola yayasan yang didirikannya pada 2011, JS Foundation.

Mantan gelandang ini juga menjadi Duta Besar Manchester United, mengambil kursus FIFA Master, serta menjadi kepala di badan pengembangan usia muda Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Semasa bermain, Park Ji-sung memiliki karier yang boleh dianggap mengilap. Dia sukses menembus skuat Manchester United. Pelatih legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson, menyukai setiap aksi Park Ji-sung di lapangan.

Pemain berjuluk Three-lung Park (Park yang memiliki tiga paru-paru) ini punya catatan mentereng, yang sejauh ini tak dimiliki pemain Korea Selatan lain, yang berkiprah di luar negara asal.

Park Ji-sung meraih gelar juara Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. Belum lagi torehan lain, seperti juara Eredivisie, Piala FA, Piala KNVB, dan masih banyak lainnya lagi.

Dia juga masuk Timnas Korea Selatan saat jadi semifinalis Piala Dunia 2002 dan finis di peringkat ketiga Piala Asia edisi 2000 dan 2011. 

Bagi banyak orang, khususnya pesepak bola muda, Park Ji-sung adalah pemain anutan. Sebagai orang Asia, dia masih memegang teguh tradisi Asia, meski telah melanglang buana, berkarier di negara-negara Eropa.

Dia sosok rendah hati, tak nek-neko, sedikit bicara, namun memberi bukti di lapangan.

Berikut ini kumpulan kata-kata yang pernah diucapkan Park Ji-sung, Si Tiga Paru-paru, yang bisa menginspirasimu untuk menjadi yang terbaik di bidang apa pun yang kamu tekuni, dikutip dari Brainyquote, Jumat (14/8/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Park Ji-sung

1. "Saat yang paling membahagiakan adalah ketika saya bermain dengan bola saat anak-anak. Tanpa beban, tanpa khawatir tentang apa pun."

2. "Korea Utara dan Korea Selatan berbicara dalam bahasa yang sama, dan sebenarnya, kami adalah negara yang sama."

3. "Banyak pemain Asia telah melihat, bahwa mereka bisa bermain di Eropa dengan level tinggi."

4. "Saya sangat senang bahwa saya membuktikan para pemain Asia dapat menghadapi level tinggi sepak bola Eropa."

5. "Banyak pemain Korea Selatan yang sangat tertarik dengan Premier League. Mereka mengajukan pertanyaan tentang seperti apa kehidupan di sana, jadi saya mencoba memberi mereka jawaban."

6. "Tidak diragukan lagi bahwa pesepak bola Korea memiliki kemampuan bermain di Eropa. Tantangan sebenarnya adalah apakah mereka mampu beradaptasi dengan budaya barat."

7. "Sepak bola dapat membuat segalanya berbeda, dan sepak bola dapat membuat perubahan di seluruh dunia. Saya berharap sepak bola bisa melakukan sesuatu untuk Korea."

8. "Di Korea, jika seorang pemain tidak bermain bagus, Anda tidak akan pernah mengkritiknya, tetapi di negara-negara Eropa fans mengkritik tim mereka sendiri; terkadang mereka mencemooh mereka di luar lapangan."

9. "Sulit dipercaya. Saya tidak pernah berpikir saya bisa bermain untuk United 200 kali."

10. "Di Korea, jika seorang pemain membuat kesalahan, pemain lain tidak suka menunjukkannya. Sebaliknya, mereka mencoba menerimanya; mereka mengambil sikap, 'Ayo lakukan lebih baik lain kali.' Tetapi di Barat, jika Anda melakukan sesuatu yang salah, pemain lain akan langsung mengatakannya dan Anda harus segera memperbaikinya."

3 dari 5 halaman

Kata-kata Park Ji-sung

11. "Jika Anda beruntung dan kuat secara mental, Anda bisa sukses di Eropa."

12. "Secara mental, Anda harus kuat, terutama dalam pertandingan tandang, di tempat-tempat di mana para penggemar sangat bersemangat."

13. "Saya mencoba membantu tim untuk menang, dan peran saya adalah banyak berlari dan membawa energi. Itu tugas saya, jadi saya harus melakukannya."

14. "Saya hanya ingin menjadi orang normal."

15. "Saya menikmati setiap menit waktu saya di United."

16. "Saya mempelajari pemain lain dalam latihan, terutama para penyerang, dan saya melihat bagaimana mereka mencetak gol. Apa yang mereka lakukan setelah menyelesaikan peluang?"

17. "Penggemar Asia mengejar saya dan berteriak; berbeda dengan di Inggris."

18. "Saya tidak suka menjadi terkenal."

19. "Kami memiliki sejarah panjang dengan Jepang. Ketika Korea Selatan bermain melawan Jepang, para penggemar memberi tahu kami bahwa jika kami kalah, mereka akan membuang kami ke laut."

20. "Saya tidak menganggap diri saya sebagai pembawa standar pemain Asia. Saya hanya mencoba bekerja keras untuk diri saya sendiri."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Park Ji-sung

21. "Saya ingin menunjukkan bahwa pemain Asia bisa berhasil di Eropa. Tapi jauh lebih penting bagi saya untuk menjadi pemain yang lebih baik. Itulah mengapa saya datang ke Eropa dari Asia."

22. "Sangat lucu karena pada hari saya bergabung dengan klub, surat kabar yang memberitakan adalah satu di antara yang tidak selalu dipercaya orang. Kemudian, ketika saya meneken kontrak dan ada foto saya bersama Sir Alex Ferguson, orang-orang memercayainya."

23. "Begitu saya menjadi lebih terkenal, saya bangga bahwa orang-orang di Asia mulai memandang saya."

24. "Semua orang Asia menghormati saya dan memperhatikan saya. Tapi, saya tidak ingin orang menganggap saya sebagai pemain Asia. Saya hanya seorang pemain sepak bola."

25. "Saya tidak ingin ketenaran atau menghasilkan uang dengan tampil di TV, tetapi saya tidak keberatan tampil di TV jika itu terkait dengan apa yang saya lakukan untuk sepak bola."

26. "Eropa memimpin dunia sepak bola. Saya ingin memanfaatkan pengalaman saya dari Eropa untuk mendukung perkembangan sepak bola di negara-negara Asia."

27. "Mungkin salah satu kekuatan saya adalah membawa energi ke tim, dan kemudian secara defensif, saya berkontribusi banyak dibandingkan dengan pemain lain, yang sangat penting untuk pertandingan besar; Anda tahu, melawan klub besar, Anda harus sangat berhati-hati dengan lawan yang menyerang."

28. "Dengan berlatih bersama beberapa pesepak bola dan manajer terbaik dunia, saya merasa saya telah dewasa di semua bidang - secara mental, fisik, dan teknis."

29. "Masih ada kesenjangan besar antara Amerika Selatan dan Eropa dan Asia, dan jika kami memiliki lebih banyak pemain yang bermain di Eropa, jarak tersebut akan makin kecil."

30. "Kadang-kadang saya rindu bermain sepak bola, tapi itu sudah berlalu."

 

5 dari 5 halaman

Kata-kata Park Ji-sung

31. "Kami membutuhkan lebih banyak pemain untuk mengikuti tren dan pindah ke Eropa, yang merupakan panggung terbesar dalam sepak bola dunia, tetapi kami tidak melakukan itu, dan itu membuat kami sulit bersaing dengan negara lain."

32. "Ayah saya pergi menangkap katak liar. Saya kurus dan lemah, dan ayah saya mendengar jus katak itu akan membuat saya besar dan kuat. Rasanya sangat, sangat tak enak... tetapi, saya harus meminumnya karena saya ingin menjadi pesepak bola, dan semua orang mengatakan saya perlu menjadi lebih besar dan lebih kuat."

33. "Dalam karier saya, saya memiliki banyak kenangan indah, tapi mungkin itu - musim 2010/11, di mana United memecahkan rekor jumlah gelar juara - adalah yang terbaik. Saya sangat puas dengan penampilan saya tahun itu."

34. "Saya hanya ingin menjadi pesepak bola bagus dan memiliki kehidupan yang normal; Agak ironis bahwa Anda tidak dapat memiliki keduanya."

35. "Saya ingin menunjukkan kepada dunia betapa bagusnya pemain Korea dengan bermain bagus di liga teratas."

 

Sumber: Brainyquote

Video Populer

Foto Populer