10 Manfaat Ciplukan bagi Kesehatan, Buah Kecil yang Tak Boleh Diremehkan

Oleh Alfi Yuda pada 19 Agu 2020, 18:20 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 18:20 WIB
Ilustrasi buah ciplukan
Ilustrasi buah ciplukan.` (Photo by Alexas Fotos on Pixabay)

Bola.com, Jakarta - Belum banyak yang tahu, jika buah ciplukan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ciplukan merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan tropis Amerika Latin, yang kemudian tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Buah ciplukan memiliki rasa kecut-manis, berwarna hijau-kuning, dan dibungkus kulit tipis. Buah ciplukan sempat dipandang sebelah mata dan dikenal sebagai tanaman liar, tak punya nilai jual, dan bahkan dianggap gulma.

Buah ciplukan memiliki nama latin Physalis angulata L, yang banyak tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan.

Buah ini juga dikenal sebagai morel berry atau golden berry. Buah ciplukan memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah.

Orang Sunda menyebutnya cecendet, di Madura diberi nama yor-yoran.

Buah cimplukan, yang dulu sama sekali tidak dilirik, kini berubah menjadi komoditi yang mempunyai nilai jual selangit. Satu kilogram ciplukan dibanderol dengan harga mencapai Rp200 ribu sampai Rp500 ribu. 

Meski berukuran kecil, buah satu ini memiliki beberapa senyawa penting bagi kesehatan, seperti saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, asam sitrun, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin A, dan vitamin C.

Dari kandungan di dalamnya, buah cimplukan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dikonsumsi langsung, buah ciplukan dapat dihaluskan dan dijadikan obat luar untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Agar tidak makin penasaran, berikut ini penjelasan perihal manfaat buah ciplukan yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari Dokter Sehat dan Honestdocs, Rabu (19/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Ilustrasi serangan radikal bebas
Ilustrasi serangan radikal bebas. (Photo by Bru-nO on Pixabay)

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Menurut Journal of Food Science Technology, manfaat paling penting dari buah ciplukan berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah ini dipercaya sebagai sumber suplemen dan nutrisi yang ideal untuk berbagai jenis penyakit.

Kandungan karoten dan polifenol yang ada dalam buah ciplukan mampu menetralkan radikan bebas yang ada dalam tubuh. Mengonsumsi buah ciplukan dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit kanker, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, dan penyakit jantung koroner.

2. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Mengonsumsi buah yang satu ini dapat mengurangi jaringan parut di hati maupun kerusakan hati lainnya. Buah ciplukan juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan ginjal dengan membantu menyingkirkan racun di tubuh yang dikeluarkan bersama urine.

3. Berpotensi cegah kanker

Kandungan withanolides dan fenolik yang ada dalam buah ciplukan dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker. Sebuah penelitian menyatakan kandungan antioksidan pada buah ciplukan cukup tinggi.

Kandungan antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas, yang menjadi pemicu kerusakan sel dalam tubuh. Mengonsumsi buah ciplukan diyakini mampu melawan kanker kolon serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker paru dan kanker mulut.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Ilustrasi kolesterol
Ilustrasi kolesterol, (Photo on Freepik)

4. Mengatasi rasa nyeri

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi buah ciplukan adalah dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot, atau bahkan wasir. Hal ini dikarenakan buah ciplukan memiliki senyawa antiinflamasi,

Sebuah penelitian menyatakan ekstrak ciplukan bisa mengatasi nyeri yang dirasakan oleh pengidap penyakit lupus.

5. Menurunkan berat badan

Buah ciplukan memiliki kadar kalori yang rendah. Dalam 100 gram buah ciplukan hanya terdapat 53 kalori.

Buah ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Mengonsumsi buah ciplukan mampu memberi asupan nutrisi harian yang besar untuk tubuh tanpa menyumbang lemak atau kalori negatif.

Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa khawatir banyak kalori yang masuk ke tubuh.

6. Mengurangi kadar kolesterol

Buah ciplukan mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL). Kandungan asam oleat dan linoleat yang terkandung dalam buah ini mampu membentuk keseimbangan kolesterol untuk memastikan jantung Anda sehat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Ilustrasi serangan epilepsi
Ilustrasi serangan epilepsi. (Photo on Pixabay)

7. Mengatasi gejala penyakit Parkinson

Satu di antara gejala penyakit Parkinson adalah tremor pada satu di antara bagian tangan. Penyakit parkinson merupakan penyakit yang disebabkan  adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang memberikan pengaruh pada gerak tubuh.

Dengan mengonsumsi buah ciplukan yang diolah menjadi jus secara rutin, dipercaya dapat menurunkan gejala tersebut.

8. Mengatasi epilepsi

Penyakit epilepsi disebabkan oleh terganggunya aktivitas sel saraf di otak sehingga menyebabkan penderita mengalami kejang. Penyebab penyakit ini bermacam-macam, bisa akibat faktor genetik atau cedera otak akibat trauma.

Gejala epilepsi akibat genetik bisa terlihat sejak usia dini. Buah ciplukan bisa menjadi alternatif untuk menurunkan gejala epilepsi.

Cukup mengonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah per hari sebagai pendamping terapi untuk epilepsi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

ilustrasi mata sehat
ilustrasi mata sehat. (Photo on Pexels)

9. Sebagai obat penambah darah

Buah ciplukan dipercaya mampu menjadi obat penambah darah. Jika Anda mengalami gejala seperti lelah, pusing, limbung, sesak nafas, dan detak jantung cepat, kemungkinan Anda terserang Anemia.

Buah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala tersebut dapat teratasi.

10. Menjaga kesehatan mata

Buah ciplukan memiliki kandungan karotenoid yang tinggi. Kandungan karotenoid yang ada dalam buah ini mampu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, mengonsumsi buah ciplukan dapat mengurangi stres oksidatif dalam sistem okular, mencegah timbulnya katarak juga degenerasi makula terkait usia.

 

Sumber: Dokter Sehat, Honestdocs

 

Yuk, baca kumpulan manfaat buah lainnya dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Bola Beli: Mengulas Kualitas Jersey Sepeda Consina Ultra Series