Sukses


8 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Melancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

Bola.com, Jakarta Daun seledri dikenal sebagai sayuran yang kerap digunakan untuk bahan masakan. Siapa bilang manfaat daun seledri hanya untuk penyedap rasa saja?

Belakangan, banyak orang mengonsumsi seledri dalam bentuk jus. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui beragam khasiat daun seledri yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun seledri merupakan sayuran dari keluarga Apiaceae dan memiliki rendah kalori dan karbohidrat. Daun seledri juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K, zat besi, asam folat, dan lain sebagainya.

Selain itu, daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan suatu zat yang berfungsi mengurangi kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dan radikal bebas.

Tanaman bernama latin Apium graveolens L. ini memiliki aroma segar yang khas dan memiliki khasiat bagi kesehatan. Manfaat daun seledri tentunya harus dilakukan dengan cara pengolahan yang tepat.

Selain itu, Anda perlu membatasi konsumsinya agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun seledri.

Berikut beberapa potensi manfaat daun seledri untuk kesehatan, dirangkum dari Sehatq dan Alo Dokter, Kamis (20/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat pertama daun seledri bisa membantu melancarkan pencernaan. Hal ini didukung karena daun seledri memiliki kandungan polisakarida berbasis pektin di dalamnya.

Selain berguna bisa membantu melancarkan pencernaan, mengonsumsi daun seledri juga mampu mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

2. Menurunkan kadar kolestrol

Mengonsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh rutin mengonsumsi daun seledri untuk mendapatkan khasiatnya.

Daun seledri mengandung sebuah elemen unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang berguna sebagai penurun kadar lemak dan pengontrol kesehatan jantung. Mengonsumsi suplemen dari bahan seledri juga dapat menurunkan kolestrol lipoprotein, jumlah kolestrol dan konsentrat triglyceride dalam tubuh.

3. Cegah hipertensi

Bagi Anda yang ingin mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi, konsumsilah seledri secara rutin. Tekanan darah tinggi adalah satu di antara penyebab penyakit jantung koroner.

Daun seledri memiliki manfaat antihipertensi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, daun seledri juga dapat menurunkan tekanan darah dan mampu mengontrol tekanan darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Mencegah kanker

Daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Daun seledri sering dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Daun seledri bekerja dengan baik menjaga organ dan mencegah kerusakan sel tubuh yang menjadi pemicu kanker.

Diketahui kedua kandungan ini mampu membasmi racun dan mencegah pembentukan sel kanker terutama kanker usus, kanker payudara dan leukimia.

5. Antibakteri

Daun seledri telah lama diketahui digunakan sebagai sebagai obat herbal yang memiliki efek antibakteri. Sebuah penelitian dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology menyatakan bahwa, ekstrak daun seledri mampu menetralisir bakteri-bakteri yang bisa mengganggu kesehatan di dalam tubuh.

Selain itu, daun seledri bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh secara alami.

6. Cegah penyakit ginjal

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh University of Alabama 2011 menyatakan bahwa, daun seledri baik untuk kesehatan ginjal. Daun seledri dapat digunakan sebagai zat yang efektif untuk melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas, antioksidan dapat mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan pada ginjal.

Antioksidan yang ada di dalam daun seledri berhasil meningkatkan fungsi ginjal sebanyak 30 persen pada pasien dengan penyakit ginjal kronis. Anda dapat menerapkan manfaat daun seledri dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

7. Mengurangi peradangan

Manfaat selanjutnya dari daun seledri untuk kesehatan adalah mengurangi peradangan. Ada sekitar 25 senyawa antiradang pada daun seledri yang bisa melindungi tubuh dari peradangan.

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. Rutin mengonsumsi daun seledri dapat mengurangi risiko peradangan ini.

Selain itu, daun seledri dipercaya juga dapat mengatasi asam urat.

8. Menetralkan makanan asam

Daun seledri berkhasiat menetralkan makanan asam yang Anda konsumsi sehingga baik untuk penderita maag. Hal ini didukung dengan adanya berbagai kandungan mineral, seperti magnesium, zat besi, dan natrium yang ada di dalamnya.

Selain itu, mineral ini juga diperlukan bagi berbagai fungsi tubuh yang penting.

 

Sumber: Sehatq, Alo Dokter

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer