Sukses


9 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Obat Herbal yang Kaya Antioksidan

Bola.com, Jakarta - Anda pernah mendengar peribahasa dunia tak selebar daun kelor? Hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil.

Daun kelor ternyata sangat berguna untuk kesehatan. Daun kelor merupakan tanaman yang berasal dari suku Moringaceae dan memiliki nama latin Moringa Oleifera.

Menurut laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta antiinflamasi. Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia.

Secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata juga sudah banyak diteliti. WHO juga menobatkan tanaman ini sebagai miracle tree karena manfaat kelor dan kemampuannya dalam penyembuhan penyakit, dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit, dan masalah kekurangan gizi.

Daun kelor memang sudah sering digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor dipercaya dapat membuat kadar gula darah menjadi stabil hingga meringankan gejala menopause.

Daun kelor cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan biasa diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Daun kelor diketahui mengandung kandungan vitamin C, kalsium, kalium, protein, hingga zat besi yang berguna bagi tubuh.

Apa sajakah manfaat daun kelor untuk kesehatan? Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari Dokter Sehat, Minggu (23/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Turunkan gula darah

Manfaat pertama dari daun kelor bisa membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Perlu diketahui jika kadar gula darah yang tinggi merupakan satu di antara penyebab penyakit diabetes.

Mengonsumsi daun kelor berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah karena terdapat kandungan senyawa berupa isothiocyanate. Mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor, menurut sebuah penelitian, dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21 persen dalam tubuh seseorang.

2. Turunkan stres

Mengonsumsi daun kelor mampu membantu menurunkan kadar stres yang diderita seseorang. Dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics menyatakan daun kelor mеruраkаn sаtu di antara аdарtоgеn аlаmi.

Аrtinyа, tаnаmаn ini mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu оlеh strеs.

3. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor dapat membantu tubuh mencegah penyakit kronis berbahaya. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Jika kadar radikal bebas yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

4. Mengobati rematik

Daun kelor bisa menjadi obat herbal untuk mengobati rematik. Mengonsumsi daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

Hal tersebut sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat ini bisa digunakan untuk rematik, pegal linu, dan nyeri.

5. Antikanker

Manfaat selanjutnya dari daun kelor adalah mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami untuk kanker.

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan potasium yang ada di dalam daun kelor dipercaya memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

6. Baik untuk mata

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai mengurangi risiko mata plus, minus, silinder, dan katarak.

Mengonsumsi daun kelor juga baik oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

7. Memelihara kecantikan kulit wajah

Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alami. Caranya, pertama buatlah pasta daun kelor lalu haluskan dengan ditambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian jadikan ramuan tersebut sebagai masker.

Pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama tiga hari di dalam lemari es.

8. Menguatkan tulang

Daun kelor diketahui mengandung kalsium, vitamin K, dan kaya protein. Kandungan tersebut berguna dalam menjaga kesehatan tulangmu dan mencegah pengeroposan.

Rutin mengonsumsi ekstrak daun kelor juga membuat tulang jadi lebih kuat. Jika Anda ada masalah pada tulang, bahan ini bisa menjadi alternatif terbaik.

9. Dipercaya baik untuk wanita menopause

Mengonsumsi daun kelor dalam bentuk bubuk dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan untuk wanita yang telah mengalami menopause. Ketika seorang wanita mengalami menopause, kadar antioksidan di tubuh memang akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor tersebut.

 

Sumber: Dokter Sehat

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer