Sukses


9 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Dilewatkan

Bola.com, Jakarta - Daun Afrika memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Mungkin sebagian orang masih asing dengan jenis tanaman tersebut.

Daun Afrika memiliki ciri-ciri mirip daun kelor berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong dengan permukaan kasar. Tanaman dengan nama latin Vernonia amygdalina ini merupakan satu di antara sumber protein, serat tidak larut air, dan lemak sehat yang cukup tinggi.

Tanaman herbal ini sudah populer digunakan sebagai pengobatan tradisional di Afrika bagian Barat, khususnya Nigeria. Selain itu, daun ini banyak diracik sebagai obat-obatan herbal di berbagai negara, mulai di China, India, hingga Australia.

Daun Afrika mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang dapat yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Nutrisi lain yang terdapat pada daun Afrika, antara lain asam penolat, antioksidan, asam lemak, asam esensial, dan zat antiinflamasi.

Dengan kandungan yang tinggi nutrisi ini, tak heran daun Afrika dijadikan sebagai obat herbal. Hanya, di Indonesia, baru segelintir orang yang mengetahui manfaat daun Afrika ini bagi kesehatan.

Berikut ini penjelasan manfaat daun Afrika yang harus Anda ketahui, seperti dirangkum dari Honestdocs, Senin (24/8/2020). 

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Baik bagi penderita hipertensi

Manfaat pertama dari daun Afrika adalah baik dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. Sebuah penelitian menyatakan daun Afrika memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Kandungan kalium ini dapat membantu menurunkan tekanan sistolik dan diastolik masing-masing sebesar 4,4 mmHg dan 2,5 mmHg.

2. Mengatasi jerawat

Daun Afrika dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi jerawat. Jerawat menjadi satu di antara masalah kulit yang sering terjadi pada setiap orang.

Jerawat bisa muncul di mana saja, tidak hanya di area wajah. Timbulnya jerawat bisa mengurangi penampilan seseorang.

Daun Afrika memiliki khasiat mencegah munculnya jerawat dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menumbuk daun Afrika, kemudian ditempelkan pada wajah selama 10 menit, atau bisa dengan cara lain, yaitu dengan meminum air rebusan daun Afrika setiap hari hingga jerawat membaik.

3. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Daun Afrika diketahui memiliki kandungan vitamin E.

Vitamin E tersebut bisa menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi harian. Daun Afrika ini juga bisa menjadi solusi untuk keluhan seperti wajah kusam maupun kering dan kasar.

Daun Afrika mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembapkan, serta memutihkan kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Mencegah penyakit kanker

Hasil penelitian dari Experimental Biologu and Medicine menyatakan daun Afrika dapat mencegah kanker. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan yang ada di daun Afrika berperan penting untuk memerangi sel kanker berbahaya. Selain itu, kandungan vitamin A bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat selanjutnya dari daun Afrika ialah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena adanya senyawa antioksidan dan serat penting untuk kesehatan kardiovaskular.

Daun Afrika berperan efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, kerusakan arteri, dan kerusakan saraf akibat radikal bebas. Mengonsumsi daun Afrika juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

Dalam Journal of Vascular Health and Risk Management, menyatakan daun Afrika dapat mengurangi kadar LDL dalam darah hinggi 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan mengonsumsi daun Afrika, Anda dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

6. Mengobati flu

Daun Afrika bisa menjadi alternatif obat anti flu. Daun Afrika memiliki kandungan flavonoid dianggap sangat ampuh untuk membasmi virus flu.

Meski bukan penyakit berat, penyakit flu seringkali merepotkan dan menganggu aktivitas sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan dan Kecantikan

7. Mengobati asam urat

 

Daun Afrika bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit asam urat. Kandungan flavonoid di dalamnya mampu menurunkan kadar purina penyebab asam urat dalam tubuh sehingga kondisi tubuh Anda bisa membaik.

8. Menyuburkan rambut

Daun Afrika memiliki kandungan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Daun Afrika sangat bagus untuk menyuburkan rambut.

Hanya dengan dijadikan masker rambut secara rutin, rambut Anda bisa tumbuh lebih lebat dan lebih subur.

9. Membantu pengobatan diabetes

Daun Afrika memiliki beragam kandungan yang bisa digunakan untuk membantu pengobatan diabetes. Kandungan zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol dalam daun Afrika dapat menurunkan glukosa darah setelah makan.

Daun Afrika juga mengandung ethanol yang mampu mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan.

 

Sumber: Honestdocs

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer