Sukses


22 Kata-kata Jaap Stam, Mantan Bek Manchester United yang Berseteru dengan Sir Alex Ferguson

Bola.com, Jakarta - Jaap Stam menikmati kesuksesan luar biasa selama tiga tahun berkiprah di Manchester United. Ia memenangkan treble dan hattrick gelar Premier League.

Namun, kiprah Jaap Stam di Manchester United terhenti karena dikabarkan bermasalah dengan Sir Alex Ferguson. Manajer legendaris tersebut dikabarkan marah dengan isi autobiografinya.

Dalam buku berjudul "Head to Head" tersebut, ada bagian yang menceritakan pendekatan ilegal Ferguson terhadap Stam. Tindakan itu ilegal karena seharusnya Manchester United berbicara terlebih dahulu kepada klub Stam saat itu, PSV.

Ferguson tidak pernah membaca buku tersebut, hanya melihat cuplikannya di koran. Tetapi, tetap saja dia marah besar. Beberapa pekan setelah Ferguson marah, Stam dijual ke Lazio.

Di balik perdebatan dengan Ferguson, Jaap Stam tetap sosok yang menginspirasi. Selama bermain, dia dikenal sebagai bek yang memiliki kombinasi langka dari kecepatan, kekuatan, kemampuan bermain bola, serta intuisi bagus perihal posisi.

Selepas gantung sepatu, Jaap Stam beralih menjadi pelatih. Klub terkini yang dibesutnya adalah FC Cincinnati yang bermain di Major League Soccer (MLS).

Berikut Bola.com merangkum kata-kata inspiratif dari mantan pemain Manchester United tersebut, dikutip dari Brainyquote, Selasa (25/8/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Jaap Stam

1. "Saya memiliki masa muda saya sendiri. Saya bersenang-senang bermain sebagai amatir, pergi keluar dengan teman-teman saya di akhir pekan, minum bir, hal semacam itu."

2. "Baru pada usia 16 tahun, saya mulai tumbuh dan berkembang sebagai pemain."

3. "Tidak selalu pemain yang berbicara di ruang ganti menjadi manajer yang baik. Perasaan yang perlu Anda kembangkan adalah yang tumbuh dalam diri."

4. "Bagi saya, terlambat memulai adalah hal yang baik. Banyak anak yang memulai terlalu dini, merasa bosan. Saya telah melakukan semua hal yang ingin saya lakukan, saya menikmati diri saya sendiri, bersenang-senang dan bermain sebagai amatir itu penting."

5. "Saya selalu menonton sepak bola profesional dan ayah saya bermain di level amatir, tetapi saya tidak berpikir saya ingin menjadi seorang profesional."

6. "Ketika Anda bersekolah di Belanda, Anda belajar berbicara bahasa Inggris dan menulis dalam bahasa Inggris, tetapi bahasa Inggris berbeda dari bahasa Skotlandia."

7. "Jika saya tidak berhasil menjadi pesepak bola, saya akan menjadi tukang listrik. Saya belajar menjadi tukang listrik, meski saya maju di sepak bola."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Jaap Stam

8. "Saya sebenarnya cukup kecil ketika masih muda. Tidak ada yang percaya pada saya sekarang, tapi saya punya foto di rumah."

9. "Tentu saja, ketika Anda bermain sepak bola sendiri, Anda bisa berpikir Anda ingin menjadi seorang manajer, tetapi itu tidak menjadikan Anda seorang manajer yang baik."

10. "Saya selalu menjadi pendukung Manchester United sejak saya masih kecil, jadi itu tidak akan berubah."

11. "Saya frustrasi dengan tingginya tingkat diving di Liga Champions."

12. "Saya pernah bersama klub yang memenangkan kejuaraan liga di Belanda dan Inggris, yang sangat brilian, dan memenangkan Liga Champions bersama Manchester United adalah pengalaman yang luar biasa."

13. "Saya memiliki reputasi dan nama saya sendiri, semua orang tahu itu. Tapi, saya juga percaya pada diri saya sendiri."

14. "Saya tidak menyesal menulis buku. Saya menulisnya untuk suporter United agar mereka mendapat pemahaman yang tepat tentang seperti apa di dalam klub dan merasakan menjadi pemain Manchester United."

15. "Ini sepak bola, Anda bekerja dengan manusia dan manusia membuat kesalahan. Kami akan melakukan segala daya kami untuk mempersiapkan para pemain sehingga mereka tahu untuk membuat keputusan yang tepat di waktu yang tepat."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Jaap Stam

16. "Saya berharap suatu saat bisa bekerja untuk klub top. Tidak heran jika Manchester United adalah klub impian saya."

17. "Saya ingin mencapai sesuatu dengan tim dan pergi ke level tertinggi."

18. "Pemain Belanda dan Skandinavia bukan tukang diving, tetapi pemain Spanyol dan Italia jatuh terlalu mudah."

19. "Di Serie A, pemain harus tinggal di hotel sebelum laga kandang untuk memastikan persiapan yang tepat tanpa gangguan dari istri dan keluarga. Itu sistem yang tidak diragukan lagi cocok untuk beberapa pemain, tetapi bukan saya."

20. "Sebagai seorang manajer, Anda harus memiliki visi Anda sendiri dan apa yang ingin Anda lakukan dengan tim."

21. "Saya pikir salah satu hal terpenting yang harus dimiliki seorang pemain adalah memiliki tujuan untuk diri sendiri, yang ingin Anda buat langkah-langkahnya, Anda ingin meningkatkan diri sendiri, bahwa Anda ingin mencapai level tertinggi."

22. "Semua klub besar di Eropa menempatkan Liga Champions sebagai prioritas utama mereka akhir-akhir ini, tetapi hanya satu dari mereka yang dapat mengangkat trofi. Gelar liga domestik tentu saja masih krusial, tetapi saya pikir sebagian besar pemain akan memberi tahu Anda bahwa Liga Champions adalah salah satu yang paling ingin mereka menangkan."

 

Sumber: Brainyquote

 

Yuk, baca kata-kata menarik lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer