Sukses


8 Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan: Sehatkan Jantung dan Cegah Anemia

Bola.com, Jakarta - Lemon menjadi satu di antara jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di balik rasanya yang masam, tersimpan manfaat yang beragam.

Jeruk lemon biasanya sering dijadikan sebagai campuran minuman atau makanan. Rasanya yang asam dapat membuat hidangan menjadi lebih lezat.

Buah berwarna kuning cerah ini kaya kandungan nutrisi dan vitamin, beberapa di antaranya antioksidan dan vitamin C, yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

Satu di antara sekian banyak manfaat dari buah lemon yang sering dicari adalah detoksifikasi atau menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh sehingga tubuh pun akan menjadi lebih bugar dan terbebas dari penyakit setelah mengonsumsi lemon.

Jeruk lemon juga baik untuk Anda yang sedang diet sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini delapan manfaat buah jeruk lemon, seperti dirangkum dari Saintif, Rabu (26/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi air lemon secara rutin dapat melancarkan sistem pencernaan. Anda dapat mengonsumsinya setelah melakukan makan siang atau pun makan malam.

Hal itu karena berbagai kandungan nutrisi dalam jeruk lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut sehingga dapat membantu buang air besar secara teratur. 

2. Merawat kesehatan mulut

Air jeruk lemon juga ampuh untuk merawat kesehatan gigi dan membuat napas menjadi segar. Perawatan gigi menggunakan lemon dapat digunakan dengan mencampurkan air lemon dan baking soda.

Untuk membuat nafas menjadi lebih segar, Anda dapat berkumur dengan air lemon yang dicampur dengan air hangat. Hal yang perlu diperhatikan, jangan terlalu sering melakukannya karena asam pada lemon dapat merusak email gigi.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Perasan jeruk lemon yang dicampurkan dengan madu dan air hangat dapat membantu meredakan masalah yang terjadi di tenggorokan, seperti radang atau pembengkakan.

Zat asam dari jeruk lemon dapat berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan yang sedang dialami.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

4. Menyehatkan jantung

Lemon menjadi satu di antara banyak buah yang memiliki manfaat untuk menurunkan risiko seseorang terkana penyakit jantung. Hal itu karena kandungan vitamin C yang tinggi sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Kekurangan kadar vitamin C dalam tubuh, khususnya darah, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang berhubungan langsung dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjauhkannya dari paparan radikal bebas.

Vitamin C dalam lemon juga membantu mencegah infeksi sehingga tubuh tidak akan rentan terhadap berbagai penyakit. 

6. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi adalah faktor utama mengapa seseorang bisa terserang anemia. Jeruk lemon yang mengandung vitamin C tinggi akan membantu tubuh memaksimalkan penyerapan zat besi lebih baik dalam pencegahan terhadap anemia.

Mengonsumsi jeruk lemon secara rutin dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

7. Mengatasi diabetes

Jeruk lemon sangat baik diminum sebagai pengganti minuman yang mengandung gula tinggi, khususnya bagi para pengidap diabetes. Jeruk lemon akan memberikan energi lebih dalam tubuh, namun tidak akan menambahkan kadar gula yang sangat berbahaya.

Hal tersebut dapat menjadi pengganti seimbang untuk minuman berenergi, yang biasanya memiliki kadar gula sangat tinggi, yang tidak baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

8. Meredakan stres

Selain dapat meredakan atau menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan fisik, lemon bermanfaat untuk meredakan penyakit mental, seperti stres.

Hal itu karena jeruk lemon mengandung minyak esensial yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stres akan berkurang dan suasana hati bisa kembali baik.

 

Sumber: Saintif

Video Populer

Foto Populer