Sukses


21 Kata-kata Carles Puyol, Sosok Pelindung Barcelona

Bola.com, Jakarta. - Carles Puyol kembali muncul di jagat sepak bola setelah mengunggah ucapan dukungan kepada mantan satu tim di Barcelona, Lionel Messi, melalui Twitter personal.

Mantan kapten Barcelona yang dikenal memiliki jiwa kepemimpinan tinggi itu menjadi orang pertama yang secara tersirat mendukung apa pun keputusan Messi, termasuk jika sang megabintang ingin hengkang dari Camp Nou.

Carles Puyol lahir pada 13 April 1978 di sebuah kawasan bernama La Pobla de Segur, Spanyol. Lahir dengan nama asli Carles Puyol Saforcada mewarisi darah Catalan murni.

Carles Puyol adalah sosok one man club yang rendah hati dan tidak banyak tingkah. Selama berseragam Barcelona, ia sukses menorehkan 593 penampilan dengan 19 gol dalam 14 tahun pengabdiannya.

Carles Puyol berhasil mencetak banyak gelar, diantaranya tiga gelar Liga Champions, enam gelar La Liga, dua Copa del Rey, delapan Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub, dan tiga Piala Super Eropa.

Selain menjadi sosok pelindung di lini belakang Los Cules, Carles Puyol juga menjadi andalan Timnas Spanyol. Ia berhasil mengantarkan La Furia Roja ke panggung juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Namun, jauh sebelum meninggalkan jejak sukses di ranah sepak bola, Carles Puyol pernah ditentang keluarganya, yang ingin melihat sang putra sukses di bidang akademik.

Carles Puyol awalnya dimainkan sebagai kiper ketika masuk ke klub junior Pobla de Segur. Di usia 17 tahun, ia gabung akademi La Masia.

Ia hampir berseragam Malaga pada1998. Carles Puyol menolak, dan pantang menyerah meraih mimpinya bemain untuk Barcelona.

Carles Puyol banyak dilirik pencinta sepak bola karena memiliki gaya main yang tak kenal kompromi. Bek satu ini juga dikenal memiliki rambut dengan gaya unik, yang makin membedakannya dengan pemain lain.

Sebagai satu di antara pemain terbaik di generasinya, kisah Carles Puyol mungkin bisa menginspirasi dan memotivasimu, untuk terus memperjuangkan apa yang menjadi impianmu. 

Berikut kata-kata Carles Puyol, sosok tangguh di lini belakang dan kapten legendaris Barcelona, dikutip dari Brainyquote dan Azquotes, Rabu (26/8/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Carlos Puyol

1. "Liga Champions adalah kompetisi yang sangat ketat."

2. "Saya tidak pernah bisa memimpikan jenis karier yang saya miliki, tetapi saya selalu senang dengan bola di tangan atau di kaki saya."

3. "Kadang-kadang saya bermain sebagai penjaga gawang dengan saudara laki-laki saya dan teman-temannya - mereka semua lebih tua, dan tidak ada yang ingin mencetak gol, jadi itu pasti saya."

4. "Bagi saya, bisa bermain sepak bola adalah hadiah."

5. "Kekuatan yang dimiliki sepak bola sangatlah besar. Sepak bola menggerakkan massa."

6. "Saya adalah satu di antara pemain yang suka berlatih dan mencoba menikmati setiap hari, setiap sesi, setiap pertandingan."

7. "Kami yang terlibat dalam sepak bola harus menyadari kekuatan yang kami miliki untuk membantu. Kami juga memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan kepada masyarakat, semua yang telah diberikan masyarakat kepada kami."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Carlos Puyol

8. "Saya tidak memiliki teknik Romario, kecepatan (Marc) Overmars, atau kekuatan (Patrick) Kluivert. Tetapi, saya bekerja lebih keras dari yang lain. Saya seperti siswa yang tidak begitu pintar, tapi memperbaiki ujiannya dan pada akhirnya baik-baik saja."

9. "Memenangkan satu gelar Liga Champions adalah mimpi yang menjadi kenyataan, jadi bayangkan memenangkan tiga gelar!"

10. "Kenangan saya sejak kecil selalu melibatkan sepak bola."

11. "Saya cukup beruntung bisa bermain di final Piala Dunia, tetapi selalu merupakan pengalaman yang luar biasa berjalan di stadion yang penuh sesak."

12. "Bagi saya, sulit untuk memisahkan menjadi penggemar dari perasaan yang Anda miliki terhadap beberapa rekan satu tim Anda."

13. "Setiap pemain bermimpi memenangkan Piala Dunia dan sangat sedikit yang cukup beruntung untuk benar-benar melakukannya."

14. "Tugas saya adalah mengirimkan - menggunakan pengalaman saya, pengetahuan saya - dengan tujuan membuat pemain lebih profesional. Saya ingin menjadi 'pelatih kehidupan' yang membantu mereka berpikir, membuat keputusan, mengelola emosi mereka dengan kecerdasan dalam situasi sulit."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Carlos Puyol

15. "Pembinaan harus dimulai dari dasar; anak-anak harus bermain, dan institusi harus maju. Perlu ada fokus pada akar rumput."

16. "Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa saya bisa menjadi pelatih, tetapi itu tidak menarik."

17. "Leo Messi adalah pemain yang spektakuler, tidak ada orang lain yang seperti dia. Saya tidak sepertinya karena saya telah sangat menderita dalam latihan. Saya pikir dia adalah penyerang terbaik saat ini dan saya pikir dia akan seperti itu selama bertahun-tahun. Dia tetap membumi."

18. "FC Barcelona adalah tim nasional Catalonia."

19. "Saya cukup beruntung bermain untuk Timnas Spanyol dan Barcelona, dua tim yang telah menunjukkan bahwa Anda bisa bermain bagus, penguasaan sepak bola yang menarik, dan memenangi gelar-gelar utama."

20. "Orang tua saya memandang buruk tentang saya menjadi pesepak bola dan mendorong saya untuk belajar."

21. "Ada bagian khusus dari otak Messi yang memungkinkannya melihat kekacauan sepak bola dalam gerakan super lambat pribadinya."

 

Sumber: Brainyquote, Azquotes

 

Yuk, baca kumpulan artikel kata-kata atlet lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer