Sukses


6 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan: Cegah Kanker dan Turunkan Kadar Gula Darah

Bola.com, Jakarta - Kayu manis seringkali menjadi bumbu penambah rasa untuk berbagai masakan dan minuman. Kayu manis merupakan rempah yang berasal dari pohon.

Jenis rempah-rempah ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai penyedap rasa masakan dan minuman saja, namun bisa dijadikan sebagai obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kayu manis telah digunakan sebagai obat kesehatan semenjak Mesir kuno dan kekaisaran China, bahkan kayu manus merupakan hadiah yang mewah bagi para raja.

Ada berbagai kandungan menyehatkan dalam kayu manis, di antaranya karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin lainnya.

Dengan berbagai kandungannya tersebut, kayu manis sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, satu di antaranya mencegah kanker.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda dapat merebus kayu manis dengan air atau mencampurkannya dengan masakan yang sedang Anda buat.

Kayu manis dijual bebas di berbagai pusat perbelanjaan atau pasar tradisional, sementara perihal harganya, tergantung kualitas dari rempah tersebut.

Berikut ini enam manfaat kayu manis, yang dapat Anda gunakan sebagai obat kesehatan, seperti dilansir dari Halodoc, Kamis (27/8/2020). 

2 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan satu di antara organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Hal itu karena jantung memiliki tugas vital untuk memopa darah ke seluruh tubuh.

Satu di antara cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi kayu manis yang telah dijadikan sebagai minuman atau dicampur ke dalam masakan.

Rempah-rempah yang satu ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sementara kadar kolesterol baik (HDL) tetap terjaga kestabilannya. 

2. Anti-inflamasi

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, yang berkhasiat untuk mencegah timbulnya peradangan. Sifat tersebut juga dapat mengurangi peradangan yang telah terjadi di dalam tubuh.

Peradangan dapat terjadi karena kerusakan yang terjadi pada sel, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kesehatan, satu di antaranya masalah pada jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

3. Baik untuk Diet

Untuk Anda yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan, sering-seringlah mengonsumsi kayu manis karena rempah yang satu ini dapat membantu usaha tersebut.

Hal itu karena kayu manis memiliki kandungan zat cinnemaldehyde yang bermanfaat untuk membantu membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Kayu manis juga dapat mengurangi nafsu makan sehingga agar berat badan cepat turun, konsumsilah kayu manis secara rutin. Anda dapat merebusnya dengan air dan meminumnya setiap pagi.

4. Kaya antioksidan

Selain mengandung sifat anti-inflamasi yang baik bagi tubuh, kayu manis mengandung antioksidan yang tak kalah bermanfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Abtioksidan dalam kayu manis dapat menangkal paparan radikal bebas yang kapan saja dapat menyerang. Sifat ini juga dapat mencegah penuan dini dan mencegah stres oksidatif.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

5. Mencegah kanker

Kayu manis yang dikonsumsi secara rutin dapat mencegah atau menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti kanker.

Hal ini berkat adanya kandungan zat antioksidan yang berkhasiat melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor. Selain itu, kandungan cinnemaldehyde pada kayu manis dapat melindungi DNA dari radikal bebas.

6. Menurunkan kadar gula darah

Kayu manis yang Anda konsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan, kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan.

Beberapa penelitian lainya juga menunjukan pada manusia, efek anti-diabetes dari kayu manis, yakni dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29 persen.

Minumlah air rebusan kayu manis atau minuman yang telah dicampur dengan bubuk kayu manis secara rutin setelah mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula.

 

Sumber: Halodoc

 

Silakan kunjungi tautan ini untuk mendapatkan artikel lain perihal manfaat bagi kesehatan Anda.

Video Populer

Foto Populer