Sukses


6 Manfaat Mengagumkan Pepaya bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Pepaya merupakan satu di antara jenis buah yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Buah yang memiliki banyak biji di dalamnya ini tumbuh subur di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Pepaya juga sangat mudah dibudidayakan.

Kebanyakan orang menjadikan buah pepaya sebagai camilan sehat atau pencuci mulut setelah menyantap makan siang atau malam.

Selain itu, pepaya dapat dijadikan sebagai minuman yang banyak digemari, seperti jus pepaya, smoothies pepaya, atau sebagai bahan dasar es krim.

Tidak hanya lezat saat dikonsumsi, pepaya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat bagi kesehatan itu, antara lain menurunkan kolesterol dan berat badan.

Hal itu berkat kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam pepaya, seperti magnesium, kalsium, serat, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan vitamin E.

Kandungan tinggi serat yang ada dalam buah pepaya juga dipercaya banyak orang dapat membantu mengatasi sembelit dengan melancarkan sistem pencernaan.

Penasaran dengan manfaat lainnya dari buah pepaya bagi kesehatan? Berikut enam manfaat pepaya, seperti dirangkum dari Honestdoc, Jumat (28/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih akan memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan sehingga diperlukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Saat Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan atau diet, Anda harus memasukan buah pepaya dalam menu diet yang harus disiapkan setiap hari.

Hal itu karena dalam satu buah pepaya hanya mengandung 120 kalori dan sangat baik dikonsumsi saat diet. Selain itu serat dalam pepaya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Menurunkan kolesterol

Banyak orang menyebut pepaya adalah buah malaikat karena banyak manfaat di dalamnya, satu di antaranya dapat menurunkan kadar kolesterol.

Hal tersebut terjadi berkat kandungan antioksidan dalam pepaya yang dipercaya ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh dapat berefek buruk bagi kesehatan, satu di antaranya dapat memicu penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

3. Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat pepaya yang sering dicari-cari dan digunakan oleh orang banyak adalah untuk memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh.

Kandungan serat di dalam buah pepaya dapat meredakan sembelit atau BAB akibat permasalahan yang berkaitan dengan sistem pencernaan tubuh.

Serat yang terkandung dalam pepaya bekerja dengan memecah protein dan mempermudah sistem pencernaan dalam melakukan tugasnya.

4. Mencegah penuaan dini

Bagi kebanyakan orang khususnya para wanita, penuaan dini menjadi hal yang mencemaskah karena dapat mengganggu penampilan.

Untuk menghindari penuaan dini, Anda dapat dengan rutin mengonsumsi buah pepaya. Hal ini karena buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A, E, dan sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

5. Mencegah kanker

Kanker merupakan satu di antara penyakit yang berbahaya dan perlu dihindari oleh semua orang. Satu di antara cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi pepaya.

Kandungan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid dalam buah pepaya bekerja efektif mencegah tubuh dari paparan radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya sel kanker.

Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara rutin setiap hari dengan membuatnya sebagai jus atau mengonsumsinya secara langsung untuk mencegah kanker.

6. Mengurangi stres

Buah pepaya menjadi camilan baik yang dapat Anda bawa saat pergi bekerja atau melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini karena buah satu ini memiliki manfaat untuk mengurangi stres.

Kandungan vitamin C dalam pepaya diketahui mampu menghilangkan stres yang memenuhi pikiran seharian sehingga mengonsumsinya saat melakukan aktivitas akan mengurangi stres yang Anda rasakan.

 

Sumber: Honestdoc

 

Simak artikel bermanfaat lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer