Sukses


9 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Tanaman Liar yang Dikenal sebagai Apotek Hidup

Bola.com, Jakarta - Daun jarak (termasuk buah, biji, dan akarnya) dikenal sebagai satu di antara tanaman herbal yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.  Daun jarak adalah nama sejenis tumbuh-tumbuhan yang berasal dari wilayah Meksiko dan Amerika bagian Selatan.

Manfaat daun jarak sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal. Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Anda tak boleh menganggap sepele daun jarak. Daun jarak merupakan tanaman herbal yang dipercaya banyak manfaat bagi kesehatan.

Penggunaan tanaman sebagai obat dikenal efektif karena sifatnya yang alami, sehingga tidak membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Daun jarak dikenal sebagai obat pencahar alami karena digunakan untuk melancarkan buang air besar.

Daun jarak sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, daun jarak diyakini berguna mulai dari kompres anak saat demam hingga melawan bakteri jahat.

Daun jarak memiliki nama ilmiah Ricinus communis. Daun jarak merupakan jenis semak tahunan yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae.

Daun jarak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin. Selain itu, daun jarak memiliki kandungan lain seperti antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan sejumlah fungsi lainnya yang penting untuk merawat fungsi tubuh.

Meskipun tergolong sebagai tanaman liar, jarak memiliki banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ragam manfaat lain dari daun jarak bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari Sehatq, Minggu (30/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

1. Melawan bakteri

Manfaat pertama dari daun jarak adalah mampu melawan bakteri dalam tubuh. Daun jarak dipercaya berkhasiat dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E coli, S aureus, K pneumonia, dan bakteri jenis Strep.

Anda dapat mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton untuk memaksimalkan manfaatnya.

2. Mengatasi sakit gigi

Daun jarak memiliki getah yang dipercaya bisa mengatasi sakit gigi. Kandungan fitofarmaka bernama alkaloid pada getahnya diyakini efektif untuk meredakan sakit gigi.

Jika Anda mengalami sakit gigi, oleskan getah daun jarak ini pada bagian gigi yang sakit. Manfaat ini diklaim efektif untuk meredakan sakit gigi.

3. Menurunkan panas pada anak

Jika anak Anda mengalami panas, daun jarak bisa menjadi solusinya. Daun jarak dipercaya dapat menurunkan panas pada anak.

Untuk meredakan panas pada anak dengan menggunakan daun jarak, cukup siapkan 2 hingga 3 helai daun jarak yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan dengan minyak kayu putih.

Letakkan daun tersebut di bagian perut dan punggung bayi yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

4. Mengatasi sariawan

Daun jarak memiliki kandungan antiinflamasi. Kandungan antiinflamasi yang ada di dalam getah daun jarak berguna untuk mengatasi sariawan.

Daun jarak dapat menjadi solusi alternatif obat yang efektif mengobati sariawan tersebut. Oleskan getah daun jarak dengan kapas halus lalu letakkan pada bagian yang terkena sariawan.

Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai hasilnya terlihat.

5. Mengatasi rematik

Penyakit rematik dapat menimbulkan sensai nyeri dan sakit pada bagian persendian karena munculnya peradangan. Penyakit ini kerap kali menimpa orang dewasa yang menyerang otot maupun persendian.

Rasa sakit yang ditimbulkan dapat menyebabkan gangguan dalam pergerakan tubuh dan sangat menyakitkan serta dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Munggunakan beberapa lembar daun jarak dapat mengatasi rematik.

Haluskan daun jarak dengan menambahkan sedikit air hangat, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang sakit dan dapat diulangi beberapa kali dalam sehari sampai membaik.

6. Mengobati luka

Diketahui daun jarak memiliki senyawa yang antibakteri, sehingga berkhasiat untuk mengobati luka pada kulit, terutama luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri.

Untuk memperoleh manfaat daun jarak yang satu ini Anda hanya cukup mengoleskan getah daun jarak pada area kulit yang terluka. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai luka mengering dan membaik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

7. Mengatasi sembelit dan melapisi usus besar

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, daun jarak dapat menjadi obat pencahar alami. Daun jarak dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi konstipasi.

Meneteskan minyak jarak kerap dilakukan untuk orang yang akan menjalani operasi kolonoskopi.

8. Mengencangkan payudara

Untuk mewujudkan dambaan setiap wanita memiliki payudara yang kecang, memanfaatkan khasiat daun jarak bisa menjadi solusi. Haluskan 3-5 lembar daun jarak, kemudian oleskan pada payudara secara merata.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

9. Menstabilkan kadar gula darah

Untuk dapat menstabilkan kadar gula darah, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun jarak. Daun jarak memiliki khasiat baik bagi para diabetes.

Rutin mengonsumsi air rebusan air jarak apat mencegah kadar gula darah naik.

 

Sumber: Sehatq

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer