Sukses


10 Manfaat Daun Dewa bagi Kesehatan, Bisa Digunakan untuk Obat Hipertensi

Bola.com, Jakarta - Daun dewa atau biasa dikenal dengan daun sambung nyawa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Daun yang memiliki panjang 20 cm dan lebar 10 cm ini sering kali dijadikan sebagai jamu.

Daun dewa merupakan tumbuhan yang tegak, dengan batang daun pendek lunak berbentuk segi lima dan penampang berbentuk lonjong, serta berambut pada sisi luar.

Daun dewa mangandung senyawa flavonoid, saponin dan minyak atsiri. Pengolahan daun dewa dapat dengan daun segar yang disajikan langsung.

Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu kemudian meminumnya. Mengonsumsi obat herbal yang berupa rebusan jamu relatif lebih aman.

Hal itu disebabkan zat-zat toxic yang mungkin terkandung telah mengalami perubahan struktur kimia.

Berikut bola.com merangkum manfaat daun dewa bagi kesehatan dikutip dari hellosehat dan merdeka, Minggu (30/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Dewa

Obat Hipertensi

Satu di antara manfaat daun dewa yaitu mengobati hipertensi. Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) 2013 menyebutkan etanol dalam daun dewa dipercaya dapat menurunkan tekan darah tinggi atau hipertensi.

Obat Diabetes

Jurnal Frontiers of Pharmaclogy menyebutkan manfaat daun dewa berasal dari kandungan penyembuhan yang serba ada yaitu mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antikanker, antihiperglikemik, antibakteri, antioksidan serta anti peradangan.

Daun dewa dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit seperti diabetes, demam, hipertensi maupun sembelit. Selain itu daun dewa juga dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal dan reumatik.

Obat Stroke

Manfaat daun dewa selanjutnya yaitu antihipertensi dan kardiprotektif yang dipercaya dapat sebagai pelindung jantung. Daun dewa dipercaya dapat menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung dan juga stroke. Apabila seseorang terkena stroke, maka segeralah bawa orang tersebut untuk segera mendapatkan penanganan medis.

Herbal Antikanker

Daun dewa dapat membantu pengobatan kanker, karena berkaitan erat dengan senyawa aktif seperti flavoid, sekuiter, lakton, dan monoterpene yang diketahui sangat berperan penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Jurnal PLos ONE menyebutkan protein dalam daun dewa yang disebut peroksidase dapat bekerja menghambat pertumbuhan sel kaker payudara. Oleh karena itu, peneliti mempercayai bahwa daun dewa berpotensi menjadi pilihan untuk pengobatan kanker payudara.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Dewa

Mengobati Luka Memar

Daun dewa memiliki senyawa aktif yaitu flavoid. Senyawa ini terbukti dapat mencegah penggumpalan atau pembekuan darah, sehingga apabila seseorang mengalami luka memar, senyawa flavoid dapat membantu meleburkan gumpalan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkakan.

Mengatasi Peradangan

Manfaat dari daun dewa lainnya yaitu sebagai obat peradangan. Senyawa saponin yang dimiliki oleh daun dewa dapat membantu peradangan, seperti ketika seseorang mengalami peradangan kulit, senyawa saponin dapat membantu mengobati luka dan peradangan pada kulit tersebut.

Menghentikan Pendarahan

Senyawa saponin yang terkandung dalam umbi tanaman daun dewa dapat berkhasiat untuk menghentikan pendarahan, hal ini dikarenakan saponin merupakan senyawa aktif sejenis glukosida yang dapat menetralisir racun serta membasmi virus.

Mencegah Pembekuan Darah

Daun dewa memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah serta mengencerkan darah, yang artinya daun dewa dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Pengobatan Tubercolosis

Manfaat lain dari daun dewa yaitu untuk pengobatan tuberculosis. Ada pula yang mengolah daun dewa menjadi the herbal karena memiliki manfaat sebagai antibakteri yang dapat membasmi kuman bakteri penyebab penyakit paru-paru, sehingga dianjurkan untuk penderita tuberculosis.

 

Sumber: Hellosehat, Merdeka (Reporter: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 14/9/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer