Sukses


10 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan, Obat Berbagai Penyakit Tanpa Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Tanaman sukun mungkin sudah sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Daun sukun dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain buahnya yang kerap diolah menjadi keripik atau gorengan, daun sukun juga bisa diolah dan digunakan sebagai obat herbal.

Daun sukun bermanfaat sebagai obat herbal karena memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, falvonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol, dan asetilkolin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, daun sukun memiliki senyawa ortoindonesionin dan querticetin yang merupakan turunan senyawa flavonoid.

Sukun merupakan tumbuhan berbunga dalam keluarga mulberry dan nangka. Sukun banyak ditemui di daerah Asia Tenggara, India Selatan, dan sebagian besar pulau di Samudra Pasifik.

Sukun dapat tumbuh dengan subur di lingkungan tropis Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sukun, Anda bisa mengeringkan terlebih dahulu dan diolah menjadi teh.

Beraneka ragam manfaat daun sukun untuk kesehatan, terutama dijadikan obat berbagai macam penyakit. Daun sukun diklaim bisa mengobati masalah penyakit ginjal, diabetes serta jantung, dan menjadi alternatif penyembuhan berbagai gangguan kesehatan tanpa biaya mahal.

Berikut manfaat daun sukun bagi kesehatan yang belum diketahui banyak orang, dirangkum dari SehatQ dan Alodokter, Selasa (1/9/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

1. Menyembuhkan luka

Manfaat daun sukun yang pertama, yaitu dapat menyembuhkan luka. Daun sukun dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka karena sifat antioksidan yang di dalamnya.

Daun sukun kaya senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid. Kandungan ini membantu proses penyembuhan luka menjadi makin cepat.

Selain sifat antioksidan, daun sukun juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang berguna mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Bantu mengatasi gagal ginjal

Mengonsumsi teh daun sukun dipercaya apat membantu mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah.

Penderita gagal ginjal harus melakukan hemodialisis secara teratur. Hemodialisis memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis.

Penyakit gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal untuk menyaring limbah dari darah mengalami kerusakan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Selain itu, pola metabolisme tubuh yang buruk juga dapat membentuk plak di pembuluh darah sehingga menyebabkan aterosklerosis, yaitu kondisi pengerasan pada pembuluh darah dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Daun sukun membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang buruk. Jika Anda memiliki metabolisme yang buruk, dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri dan mengerasnya pembuluh darah (aterosklerosis) di tubuh. Mengonsumsi teh dari daun sukun dapat mencegah penyakit jantung.

Kandungan yang ada dalam daun sukun dapat membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat menjaga jantung dikarenakan adanya kandungan senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol sehingga membantu meminimalisasi kerusakan sistem kardiovaskular.

4. Mengatasi asam urat

Daun sukun bisa menjadi solusi mengatasi asam urat dan menurunkan gejala asam urat. Daun sukun memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada sendi Anda.

Asam urat mudah menyerang Anda yang berusia lanjut. Asam urat adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembengkakan, serta rasa panas pada persendian.

Untuk memaksimalkan pencegahan asam urat kambuh, Anda bisa menghindari makanan yang memiliki kandungan purin tinggi.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

5. Mengatur kadar kolesterol

Manfaat selanjutnya dari daun sukun, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan yang ada di daun sukun berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, membuat Anda terhindar dari gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab kerusakan kardiovaskular.

6. Mengatasi alergi

Mengonsumsi daun sukun yang diolah menjadi teh bisa menyembuhkan alergi. Cukup minum 1 gelas teh daun sukun setiap hari dapat mengurangi timbulnya dan reaksi alergi.

Alergi terjadi karena tubuh tidak dapat membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem antialergen dalam tubuh. Alergi merupakan respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh.

Hal ini membuat tubuh mengalami kegagalan sistem dalam mengenali beberapa zat, kemudian membuat beberapa reaksi ketika berhadapan dengan alergen.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

7. Pengobatan pembesaran limpa

Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh kerusakan sistem limpa. Faktor risikonya beragam, tetapi yang paling umum adalah karena tubuh mengandung terlalu banyak racun.

Banyak makanan buruk membuat limpa tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menciptakan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan sehingga limpa akan rusak. Mengonsumsi daun sukun yang dijadikan teh memiliki aktivitas antitoksin, berkat antioksidannya yang tinggi.

Hal ini dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh sehingga meringankan limpa. Beberapa kandungan yang ada dalam daun sukun juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan hati atau pembesaran hati.

8. Pengobatan kandidiasis vagina

Daun sukun dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Kandidiasis vagina adalah suatu kondisi infeksi vagina oleh ragi Candidia sp.

Kondisi ini sering terjadi pada wanita dengan obesitas, diabetes, dan wanita dengan kekebalan rendah, seperti kanker, TBC dan pasien HIV. Rutin mengonsumsi 1 gelas teh daun sukun dapat digunakan sebagai pengobatan kandidiasis vagina.

Selain itu juga dapat mempercepat penyembuhan, infeksi kulit, atau ruam kulit lainnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan

9. Mengatasi sakit gigi

Daun sukun memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Manfaat ini berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai sebab, satu di antaranya akibat adanya infeksi di mulut yang disebabkan bakteri.

10. Mengatasi penyakit maag

Daun sukun dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Hal tersebut karena daun sukun memiliki kandungan kalium di dalamnya.

Kandungan kalium diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ini. Efek antiinflamasinya juga dipercaya dapat mengatasi peradangan lambung tersebut.

 

Sumber: SehatQ, Alodokter

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer