Sukses


30 Kata-kata Mutiara Islam dari Hadis Nabi, Inspiratif dan Menyejukkan Hati

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara Islam dari hadis nabi dapat kamu jadikan sebagai penuntun dan anutan dalam menjalani hidup yang terkadang diwarnai tantangan.

Hadis adalah satu di antara pedoman hidup bagi umat Islam selain Al-Qur'an, di dalamnya merupakan perwujudan dari perkataan dan perbuatan yang dilakukan Rasulullah SAW.

Kata-kata mutiara Islam dari hadis nabi ini tentunya berisi tentang pesan-pesan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan yang telah Allah SWT tentukan.

Al-Qur'an dan hadis adalah dua pedoman hidup yang ditinggalkan oleh Rasulullah bagi umat muslim agar lebih mudah dalam menjalani hidup di dunia.

Rasulullah SAW juga telah menjamin bagi umat Islam yang menjalani hidup dengan berpegang kepada Al-Qur'an dan hadis, maka surga akan menjadi balasannya.

Memang tak selamanya kamu akan menjalani hidup dengan mulus, ada kalanya terjatuh karena kerikil kecil kehidupan yang menyandung langkahmu.

Namun, kamu harus segera bangkit dan tidak menyerah. Tetap berada di jalan Allah SWT juga merupakan pilihan terbaik dalam menjalaninya.

Untuk memberikan inspirasi dan dorongan agar kamu tetap menjadi muslim yang beriman, berikut 30 kata-kata mutiara Islam dari hadis nabi, seperti dirangkum dari Mutiara Islam, Selasa (1/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Hadis

1. "Dunia dan segala isinya adalah terkutuk kecuali zikir dan taat kepada Allah SWT serta orang berilmu dan orang yang belajar." (HR Tirmidzi)

2. "Tidaklah termasuk golongan kami, orang yang memukul-mukul pipinya dan mencabik-cabik bajunya ketika (tertimpa musibah), serta berseru dengan seruan jahiliyah." (HR Bukhari dan Muslim)

3. "Barangsiapa datang kepada tukang ramal kemudian menanyakan sesuatu dan dia memercayainya, maka tidak diterima salatnya selama empat puluh hari." (HR Muslim)

4. "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?" (HR Abu Daud)

5. "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu." (HR Muslim)

6. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." (HR Bukhari dan Muslim)

7. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." (HR Tirmidzi)

9. "Pupuslah keputusasaan karena apa yang ada pada diri orang lain." (HR Ibnu Majah)

8. "Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki." (HR. Muslim)

10. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat berkah dan keberuntungan." (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Hadis

11. "Usaplah kepala anak yatim dan beri makan orang miskin." (HR Ahmad dan Baihaqi)

12. "Celaka bagi orang yang membaca (ayat-ayat Allah), tetapi tidak memikirkannya." (HR Bukhari)

13. "Ya Allah, mudahkanlah bagiku sakaratul maut. Tiada Tuhan selain Allah. Sesungguhnya keadaan sekarat pasti menyertai maut." (HR Bukhari)

14. "Tidaklah seorang muslim menanam tanaman kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia, atau hewan, kecuali baginya dengan tanaman itu adalah sedekah." (HR Bukhari dan Muslim)

15. "Jauhilah tiga macam perbuatan yang dilaknat; buang air besar di sumber air, di tengah jalan, dan di bawah pohon yang teduh." (HR Abu Daud)

16. "Tiap-tiap manfaat yang diberikan kepada hewan hidup, Tuhan memberikan pahala." (HR Bukhari dan Muslim)

17. "Barang siapa menanam pepohonan dan menjaganya dengan sabar serta merawatnya hingga berbuah, maka segala sesuatu yang menimpa buahnya menjadi sedekah di sisi Allah." (HR Ahmad)

18. "Allah melaknat siapa saja yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran." (HR Abu Daud)

19. "Barang siapa yang mempunyai kebun bersama tetangga atau bermitra, maka tidak boleh menjualnya hingga bermusyawarah dengannya." (HR Muttafaq Alaih)

20. "Apabila seseorang di antara kamu marah, maka hendaklah dia berwudu dengan air karena marah adalah bara api." (HR. Abu Daud)

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Islam dari Hadis

21. "Wahai para pemuda, barangsiapa yang telah memiliki kemampuan hendaknya segera menikah, hal itu akan lebih menjaga pandanganmu dan kemaluanmu. Barangsiapa yang belum mampu, hendaknya dia melakukan puasa, sesungguhnya puasa adalah benteng diri." (Al-Hadis)

22. "Aku menjamin dengan sebuah istana di bagian tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat, meskipun dia berada di pihak yang benar. Sebuah istana di bagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta, meski dia sedang bercanda. Dan istana di bagian atas bagi seseorang yang memperbaiki akhlaknya." (HR. Abu Daud)

23. "Janganlah marah, maka bagimu surga." (HR. At-Thabrani)

24. "Barang siapa menahan amarah, padahal dia mampu melakukannya, pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia sukai." (HR. Ahmad)

25. "Barang siapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) apa yang ada di antara dua janggutnya (mulut) dan dua kakinya (kemaluan), maka kuberikan baginya jaminan masuk surga." (HR. Bukhari)

26. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." (HR. Muslim)

27. "Aku berlindung dengan rida-Mu dari murka-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari jauh dengan-Mu." (HR. Muslim)

28. "Demi Allah, apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang karena ajaranmu, maka itu bagimu lebih baik daripada kekayaan ternak yang merah-merah." (HR. Bukhari dan Muslim)

29. "Sesungguhnya syafa'atku diperuntukkan bagi umat-Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah." (HR. Ahmad)

30. "Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur." (HR. Tirmidzi)

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Yuk, baca kata-kata mutiara menarik lainnya dari beragam tema dengan mengunjungi tautan ini.

Video Populer

Foto Populer