Sukses


6 Manfaat Tak Terduga Cokelat bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Cokelat menjadi satu di antara makanan yang digemari banyak orang. Ada beragam jenis makanan dan minuman yang menggunakan bahan dasar cokelat.

Tidak hanya dijadikan makanan atau minuman favorit banyak kalangan, cokelat juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Pada awalnya, cokelat bukanlah sebuah makanan, melainkan minuman yang sering dikonsumsi orang Amerika Selatan, dan dibudidayakan kali pertama di wilayah tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, cokelat juga menjadi bahan dasar makanan dan dibudidayakan di berbagai wilayah di dunia.

Kebanyakan orang modern mengonsumsi cokelat dalam bentuk batangan, mencampurkannya sebagai bahan adonan kue, atau membuatnya menjadi minuman hangat.

Kandungan utama dalam cokelat adalah kokoa, yang di dalamnya mengandung zat flanoval yang memiliki efek antioksidan dan ampuh untuk mencegah paparan radikal bebas.

Tidak hanya dapat menangkal paparan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, cokelat juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Berikut ini enam manfaat cokelat bagi kesehatan, seperti dirangkum dari Seruni dan DokterSehat, Selasa (1/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

1. Mencegah diabetes

Diabetes dapat terjadi kepada semua orang. penyebab utama diabetes adalah kadar gula yang terlalu tinggi di dalam sel darah karena kerja insulin yang terganggu atau tidak maksimal.

Insulin bekerja menyeimbangkan gula dalam aliran darah manusia sehingga perlu dijaga kesetabilannya agar tidak terkena diabetes.

Satu di antara caranya dengan mengonsumsi cokelat. Makanan yang mengandung cokelat, khususnya cokelat hitam, dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat kadar gula dalam darah menjadi seimbang.

2. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda memiliki penyakit darah tinggi yang dapat memunculkan sakit kepala secara tiba-tiba, Anda dapat mengonsumsi cokelat untuk menguranginya.

Hal itu karena cokelat mengandung senyawa yang dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Antioksidan dalam cokelat juga dapat merangsang terbentuknya nitrat oksida dalam tubuh, yang berperan duntuk mencegah penyumbatan pembulu darah dan membuat tekanan darah menjadi lebih normal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari mengonsumsi cokelat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, dengan catatan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Hal itu karena cokelat dapat mencegah pembekuan darah di dalam aliran sel dan hal tersebut merupakan satu di antara penyebab munculnya penyakit jantung.

Cokelat juga dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) dan menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL), yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mungkin banyak orang yang mengira cokelat adalah satu di antara penyebab munculnya obesitas atau kelebihan berat badan, namun tidak semua jenis cokelat dapat menyebabkan obesitas.

Terdapat beberapa jenis cokelat, satu di antaranya cokelat hitam yang dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya bagi mereka yang sedang diet.

Cokelat dapat diserap oleh tubuh secara sempurna dan bertahan lama sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi konsumsi makanan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

5. Mengurangi stres

Anda sedang merasa stres karena berbagai masalah yang sedang dihadapi atau tugas kantor dan kuliah yang menumpuk? Jika iya, cobalah menguranginya dengan mengonsumsi cokelat.

Kandungan dalam cokelat, seperti molekul psikoaktif, dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang sehingga rasa tegang karena stres akan hilang.

Kandungan cafein pada cokelat juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati yang sedang tidak baik karena berbagai masalah yang sedang dihadapi.

6. Membantu memulihkan otot

Manfaat cokelat yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan adalah dapat membantu dalam memulihkan otot yang tegang setelah melakukan latihan fisik.

Setelah melakukan aktivitas melatih fisik, biasanya kita membutuhkan waktu agar otot menjadi lemas kembali. Mengonsumsi cokelat dapat membantu melemaskan otot-otot Anda.

Minumlah seduhan cokelat hangat setelah berolahraga, hal tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan tenang.

 

Sumber: Seruni, Dokter Sehat

Video Populer

Foto Populer