Sukses


Berita Duka, Mantan Menpora Abdul Gafur Meninggal Dunia

Bola.com, Jakarta - Dr Abdul Gafur yang notabene Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta,  Jumat, (4/9/2020) pukul 6.35 WIB dalam usia 81 tahun.

Dr Abdul Gafur merupakan Menteri Muda Urusan Pemuda Kabinet Pembangunan III (1978–1983) dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (1983–1988).

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari yang akrab dipanggil RSO jadi salah satu sosok yang mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya Dr Abdul Gafur.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kita telah kehilangan tokoh olahraga yang cukup besar perannya dalam peningkatan prestasi olahraga Indonesia," kata RSO.

"Saya selaku Ketua Umum KOI dan jajarannya ikut belasungkawa yang mendalam. Semoga almarhum husnul khotimah," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Perintis Haornas

Abdul Gafur merupakan perintis Hari Olahraga Nasional  (Haornas) saat pertama diperingati pada tanggal 9 September 1981. Melalui Kepres nomor 67 tahun 1985, Haornas ditetapkan tanggal 9 September yang diperingati secara nasional.

Dalam pencanangan Haornas pertama di Solo, Jateng oleh Presiden Soeharto itu kemudian dideklarasikan semboyan "Memasyarakatkan Olahraga & Mengolahragakan Masyarakat”. 

Gerakan ini menjadi mesin penggerak di mana masyarakat bukan hanya di perkotaan juga hingga pelosok desa gemar berolahraga. Bahkan di tingkat sekolah pun diwajibkan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). 

Prinsipnya Abdul Gafur menginginkan masyarakat Indonesia sadar pentingnya olahraga untuk menjadi sehat bugar baik fisik maupun jasmani. Selamat jalan Abdul Gafur.

Video Populer

Foto Populer